16 May 2018

Cara Mengatasi Anak Mimisan

Cara Mengatasi Anak Mimisan

Halodoc, Jakarta — Anak ibu mimisan? Ibu tidak perlu khawatir, mimisan adalah hal yang wajar terjadi pada anak berumur 2 sampai 10 tahun, kok! Mimisan pada anak-anak biasanya tidak berbahaya. Penyebab anak mimisan paling sering diakibatkan oleh udara yang terlalu kering atau karena mereka mengupil. Kebanyakan mimisan ini akan berhenti dengan sendirinya dan perawatannya juga mudah dilakukan di rumah, lho!

Hal pertama yang perlu ibu ingat saat melihat anak mimisan adalah tetap tenang. Si Kecil sendiri mungkin ketakutan ketika melihat darah keluar dari hidungnya. Makanya, ibu sebaiknya tidak panik supaya bisa menenangkan Si Kecil.

Dudukkan Si Kecil dengan tegap di atas kursi atau di pangkuan ibu. Setelah itu, angkat kepalanya sedikit ke arah atas supaya darah tidak terus mengucur keluar. Namun, ibu perlu memperhatikan kepala Si Kecil supaya tidak terlalu mendongak. Hal ini bisa menyebabkan darah mengalir turun ke tenggorokan. Kalau darah sampai mengalir ke tenggorokan, Si Kecil akan merasakannya dan karena rasanya yang tidak enak, ada kemungkinan Si Kecil akan batuk-batuk, tersedak atau bahkan muntah.

Di posisi ini, tekan bagian hidung Si Kecil yang lunak. Letaknya persis di bawah tulang hidung. Tekan menggunakan tisu atau kain kering yang bersih, ya! Jangan lepaskan tekanan ibu sampai kurang lebih 10 menit karena kalau ibu melepaskannya terlalu cepat, darah akan keluar lagi.

Saat mimisan sudah berhenti, biarkan Si Kecil istirahat dulu sebentar sebelum kembali melanjutkan aktivitasnya. Ingatkan agar Si Kecil tidak mengupil, membuang ingus, atau menggosok hidungnya terlalu keras. Perhatikan juga supaya Si Kecil tidak main terlalu kasar.

Apa ibu masih ingin tahu tentang penyebab anak mimisan? Jangan ragu untuk langsung tanyakan ke dokter yang ada di aplikasi Halodoc, ya. Ibu bisa bicara dengan dokter melalui fitur voice/video call atau chat. Tidak hanya itu, lho! Ibu juga bisa membeli vitamin, obat-obatan, dan produk kesehatan lainnya untuk Si Kecil melalui aplikasi ini. Tidak perlu khawatir harus keluar rumah, karena Halodoc akan mengantarkan pesanan ibu langsung ke tempat tujuan dalam waktu satu jam. Selain itu, ibu bisa cek lab juga di sini. Yuk, segera download aplikasinya di App Store atau Google Play!