15 January 2018

Cara Mengatasi Gatal Pada Miss V Saat Hamil

Cara Mengatasi Gatal Pada Miss V Saat Hamil

Halodoc, Jakarta – Sebagian wanita hamil pernah mengalami kondisi yang tidak nyaman karena timbul rasa gatal di daerah intimnya. Karena tidak boleh menggunakan obat-obatan atau bahan kimia selama masa kehamilan, maka tidak sedikit ibu yang bingung bagaimana cara mengatasi rasa gatal pada Miss V. Jangan diobati dengan cara sembarangan, berikut ini adalah cara-cara yang tepat mengatasi rasa gatal yang mengganggu tersebut.

Penyebab Miss V Gatal saat Hamil

Kondisi Miss V yang gatal dapat disebabkan karena terjadinya perubahan kadar pH pada Miss V saat ibu sedang hamil. Selain itu, adanya ketidakcocokan antara organ intim dengan sabun pembersih yang ibu gunakan juga dapat menyebabkan rasa gatal itu muncul. Oleh karena itu, ibu hamil disarankan untuk membersihkan daerah intim hanya dengan membilasnya dengan air bersih saja atau gunakan sabun pembersih kewanitaan yang dianjurkan oleh dokter kandungan.

Wanita yang sedang hamil juga akan sering mengalami keputihan. Hal itu normal karena pada saat hamil, terjadi peningkatan kadar hormon estrogen dan meningkatnya aliran darah ke Miss V membuat keputihan sering muncul dan dalam jumlah yang cukup banyak. Keputihan yang normal tidak akan menimbulkan rasa gatal pada Miss V. Tapi jika ibu hamil mengalami keputihan yang membuat daerah Miss V jadi terasa gatal, maka mungkin penyebabnya adalah salah satu dari infeksi berikut ini:

  • Infeksi Jamur

Penyebab infeksi jamur adalah meningkatnya pertumbuhan jamur Candida, yaitu jamur alami yang hidup di dalam Miss V. Sebenarnya infeksi jamur bisa dialami oleh wanita pada umumnya, namun ibu hamil lebih berisiko mengalami kondisi ini karena peningkatan kadar estrogen dan progesterone saat hamil membuat lingkungan menjadi kondusif bagi jamur untuk dapat berkembang pesat. Gejala dari infeksi jamur adalah gatal-gatal pada Miss V, tekstur keputihan berair dan menggumpal, berbau asam, serta ada rasa nyeri. 

  • Vaginosis Bakterial

Wanita hamil rentan terserang bakteri vaginosis ini karena perubahan hormon akibat kehamilan membuat bakteri anaerobik dapat tumbuh secara pesat dan dalam jumlah yang banyak, sehingga menyebabkan terjadinya infeksi Miss V ini. Vaginosis bacterial dapat dilihat dari gejala-gejalanya, yaitu Miss V terasa gatal, keputihan berwarna keabuan dan berbau amis, serta terasa nyeri saat buang air kecil. Jika tidak segera diobati, maka bisa menyebabkan bayi lahir prematur.

  • Bakteri Grup B Strep

Ibu hamil yang terkena bakteri grup b strep ini dapat menularkan bakteri tersebut ke bayi yang dikandungnya dan menyebabkan bayi lahir prematur. Infeksi bakteri ini dapat dideteksi melalui pemeriksaan pada Miss V atau dubur selama kehamilan atau melalui tes urin. Bakteri grup b strep ini sulit dihilangkan, tapi bagi ibu hamil yang berisiko tinggi terinfeksi, bisa diberikan antibiotik yang dapat mencegah penularan kepada bayi.

  • Trikomoniasis

Miss V yang gatal juga dapat menjadi pertanda adanya infeksi trikomoniasis, salah satu penyakit seksual yang paling umum ditemukan tapi juga mudah disembuhkan.

Cara Mengatasi Miss V Gatal saat Hamil

Ibu dapat memastikan penyebab rasa gatal pada Miss V dengan membicarakan kondisi ibu dengan dokter kandungan yang menangani kehamilan ibu. Jika ibu mengalami keputihan dengan gejala-gejala yang tidak normal, maka dapat dilakukan beberapa tes, seperti tes cairan Miss V dan tes darah. Namun, beberapa cara berikut juga dapat membantu ibu menghilangkan rasa gatal pada Miss V:

  • Kompres Miss V dengan air dingin secara rutin.
  • Jaga kebersihan daerah Miss V dengan menggunakan sabun berbahan ringan dan tidak mengandung pewangi.
  • Ganti celana dalam beberapa kali dalam sehari untuk menjaga daerah intim tetap bersih dan kering dari keringat atau cairan keputihan yang keluar.
  • Basuh daerah intim dengan air bersih dari arah depan ke belakang setelah buang air kecil dan buang air besar.
  • Hindari menggunakan pantyliner saat keputihan.
  • Kenakan pakaian dalam berbahan katun yang tidak ketat.
  • Berhubungan intim juga dapat menghilangkan rasa gatal pada Miss V, karena sperma pria bisa menetralkan kembali kadar pH pada Miss V.

Jika ibu mengalami gejala-gejala tertentu selama kehamilan, ibu bisa membicarakannya dengan dokter melalui aplikasi Halodoc. Melalui Video/ Voice Call dan Chat, ibu bisa berdiskusi dengan dokter kapan saja dan di mana saja. Kini juga sudah ada fitur Lab Service yang akan memudahkan ibu melakukan beberapa macam tes kesehatan. Ibu juga bisa membeli produk kesehatan dan vitamin yang dibutuhkan di Halodoc. Tinggal order dan pesananmu akan diantar dalam satu jam. Yuk, download Halodoc sekarang di App Store dan Google Play.