• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Cara Mengatasi Kulit yang Gatal pada Pengidap Diabetes

Cara Mengatasi Kulit yang Gatal pada Pengidap Diabetes

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
Cara Mengatasi Kulit yang Gatal pada Pengidap Diabetes

“Diabetes termasuk penyakit yang perlu mendapatkan perawatan secara rutin. Pasalnya, jika tidak dirawat dengan baik dapat menimbulkan banyak masalah, salah satunya adalah kulit gatal. Maka dari itu, penting untuk mengetahui beberapa cara untuk atasi kulit gatal akibat diabetes.”

Halodoc, Jakarta – Seseorang yang mengidap diabetes benar-benar harus menjaga kesehatannya. Pasalnya, ada banyak masalah yang mungkin timbul jika pengidapnya tidak menerapkan pola hidup sehat. Salah satu masalah yang dapat terjadi akibat diabetes adalah kulit gatal. Jika dibiarkan, rasa sakit dan bahkan infeksi dapat terjadi.

Maka dari itu, penting untuk mengetahui beberapa yang dapat dilakukan untuk mengatasi kulit gatal akibat diabetes dengan cepat sebelum masalahnya bertambah parah. Namun, apa saja cara yang tepat untuk dilakukan? Untuk mengetahui jawabannya, kamu dapat membaca selengkapnya ulasan berikut ini!

Baca juga: Ketahui Perbedaan Gatal Biasa dengan Gatal Diabetes

Cara Atasi Kulit Gatal Akibat Diabetes

Seseorang dengan diabetes cenderung lebih berisiko mengalami kulit gatal dibandingkan yang tidak memiliki kondisi ini. Rasa gatal yang terus-menerus timbul tentu menimbulkan perasaan tidak nyaman dan garukan yang berlebihan dapat menyebabkan gangguan akibat infeksi, perasaan tidak nyaman, hingga timbulnya rasa sakit.

Perlu diketahui, gatal seringnya merupakan gejala dari polineuropati diabetik, kondisi yang terjadi saat diabetes menyebabkan kerusakan saraf. Selain itu, kondisi kulit tertentu juga dapat berkembang sebagai akibat dari diabetes juga bisa menimbulkan perasan gatal pada kulit. Penting untuk mendapatkan penanganan jika mengalami kulit gatal akibat diabetes.

Namun, bagaimana sih cara paling tepat untuk mengatasi masalah kulit yang gatal karena diabetes? Berikut caranya:

1. Gunakan Krim Pelembap

Salah satu cara untuk mengatasi kulit gatal akibat diabetes adalah menggunakan krim pelembap. Kamu bisa mengaplikasikannya pada area kulit yang gatal agar perasaan tidak nyaman tersebut dapat diredam. Selain itu, pastikan juga untuk mengoleskannya pada area kulit yang kering karena lebih rentan untuk menimbulkan perasaan gatal.

Kamu dapat mengoleskan losion kulit tersebut pada kulit saat masih lembap seperti setelah mandi. Namun, seseorang dengan gangguan diabetes tidak boleh mengoleskan losion di antara jari-jari kaki. Hal ini karena dapat menimbulkan kelembapan yang mampu menarik pertumbuhan jamur berbahaya.

Baca juga: 3 Cara Mengatasi Gatal Kulit pada Pengidap Diabetes

2. Kontrol Kadar Gula Darah

Kulit yang gatal mungkin saja menjadi pertanda jika kadar gula darah sedang naik. Maka dari itu, sangat penting untuk mengontrol kadar gula darah dengan mengonsumsi obat atau cara lainnya yang sesuai dengan rekomendasi dokter. Selain itu, kadar gula darah yang tinggi juga rentan menimbulkan kulit kering dan lebih sulit untuk mengatasi bakteri yang menempel di tubuh.

Jika seseorang yang mengidap diabetes menemukan adanya luka kecil akibat garuk karena kulit gatal, ada baiknya segera dapatkan perawatan. Cara pertama yang dapat dilakukan, yaitu mencuci bagian luka dengan sabun dan air yang mengalir. Penggunaan krim atau salep antibiotik mungkin juga diperlukan, tetapi harus sesuai dengan resep dokter.

Baca juga: Penyebab Pengidap Diabetes Rentan Alami Kurap

Jika perasaan gatal ataupun luka yang terbentuk tidak kunjung sembuh, ada baiknya untuk segera memeriksakan diri ke dokter. Kamu bisa melakukan pemesanan untuk pemeriksaan diabetes pada beberapa rumah sakit yang bekerja sama dengan Halodoc. Download aplikasi Halodoc sekarang juga untuk mendapatkan semua kemudahan dalam akses kesehatan!

Pastikan juga untuk melakukan pemeriksaan rutin agar diabetes tidak menimbulkan masalah lainnya yang lebih besar. Terapkan pola hidup sehat setiap hari dan juga rutin berolahraga agar tubuh tetap bugar dan gejala akibat diabetes dapat diredam. Hal ini karena diabetes termasuk penyakit seumur hidup yang perlu terus dirawat.

Referensi:
Medical News Today. Diakses pada 2021. Does diabetes cause itching?
Healthline. Diakses pada 2021. Can Diabetes Cause Itchy Feet?