• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 5 Cara Mengatasi Nafsu Makan Berlebih Saat WFH

5 Cara Mengatasi Nafsu Makan Berlebih Saat WFH

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim

Halodoc, Jakarta – Work from home selama karantina memang terkesan lebih santai daripada bekerja di kantor seperti biasa. Selama WFH, kamu bisa sambil membersihkan rumah, menonton televisi, memasak dan melakukan aktivitas lainnya. Bagi sebagian orang, WFH mungkin terasa kurang pas kalau tidak ditemani dengan camilan. Kebiasaan ngemil ini yang bisa membuat kamu kaget saat melihat timbangan. 

Karantina juga membuat sebagian besar orang cenderung menimbun banyak makanan. Ditambah, kurangnya aktivitas di luar rumah membuat banyak orang malah untuk tetap aktif apalagi berolahraga. Secara tidak sadar, kebiasaan-kebiasaan ini memicu naiknya nafsu makan hingga dapat membuat kamu jadi makan berlebih.

Baca juga: 6 Cara Hindari Malas saat Work From Home

Cara Mengontrol Nafsu Makan Berlebih

Jika kamu sulit mengontrol nafsu makan yang tiba-tiba melonjak saat WFH, mungkin kamu bisa coba tips berikut ini, yaitu:

  1. Minum Air Sebelum Makan

Minum air sebelum makan bisa membuat kamu merasa cepat kenyang, sehingga kamu tidak makan berlebihan. Melansir dari Healthlibe, minum 1,5 liter air sehari selama 8 minggu dapat menurunkan nafsu makan dan berat badan. Alasannya, ketika kamu sering minum air, maka dapat membuat lebih kenyang dan menurunkan keinginan untuk lebih banyak makan. 

  1. Makan dengan Piring Kecil

Sadar atau tidak, kamu lebih banyak mengambil makanan ketika menggunakan piring yang berukuran besar. Oleh sebab itu, gunakan piring yang lebih kecil untuk mengurangi porsinya. Tips ini juga membantu kamu agar mengonsumsi lebih sedikit makanan tanpa merasa kekurangan. 

Baca juga: Ini 4 Akibat Malas Mandi saat WFH

  1. Cukup Tidur

Tidur yang cukup dan berkualitas juga dapat membantu mengurangi rasa lapar dan mencegah kamu dari kenaikan berat badan. Dikutip dari Medical News Today, waktu tidur yang terlalu sedikit dapat meningkatkan rasa lapar dan nafsu makan sampai 24 persen. Pastikan kamu mendapatkan waktu tidur setidaknya 7-8 jam sehari. Pastikan kamu tidak begadang selama karantina agar kualitas tidur tercukupi. 

  1. Jangan Terlalu Stres

Pandemi COVID-19 seperti sekarang memang rentan membuat banyak orang stres. Kalau kamu sedang mengalami stres, pastikan untuk mengelolanya dengan baik. Pasalnya, stres yang berlebihan bisa  meningkatkan kadar hormon kortisol. Nah, tingginya hormon kortisol ini bisa meningkatkan keinginan makan dan dorongan untuk terus makan.

Bukan cuma itu saja, stres juga dapat menurunkan kadar peptida atau hormon yang membuat kamu merasa kenyang. Ketika jumlah hormon ini sedikit, kamu akan sulit merasa kenyang, sehingga membuat kamu ingin makan terus-menerus. 

  1. Olahraga

Olahraga mengurangi aktivasi daerah otak yang berkaitan dengan nafsu makan. Olahraga juga mampu mengurangi kadar hormon yang memicu rasa lapar sembari meningkatkan perasaan kenyang. Dilansir dari Medical News Today, olahraga aerobik dan resistensi efektif untuk memengaruhi kadar hormon dan ukuran makanan yang dimakan setelah berolahraga. Olahraga juga membuat makanan yang dikonsumsi dapat dibakar dengan berolahraga.

Baca juga: Ketahui Pemicu Stres saat Bekerja dari Rumah

Nah, sejumlah tips yang bisa kamu coba untuk mengurangi makan berlebih selama karantina. Kalau kamu punya masalah kesehatan lainnya, kamu bisa bertanya langsung ke dokter Halodoc. Lewat aplikasi, kamu bisa menghubungi dokter kapan saja dan di mana saja via Chat, dan Voice/Video Call.

Referensi :

Healthline. Diakses pada 2020. 18 Science-Based Ways to Reduce Hunger and Appetite.
Medical News Today. Diakses pada 2020. Ten natural ways to suppress appetite.