05 January 2018

Cara Mengatasi Sakit Punggung Saat Hamil

Cara Mengatasi Sakit Punggung Saat Hamil

Halodoc, Jakarta – Kehamilan merupakan momen yang sangat membahagiakan bagi wanita, tapi juga butuh banyak pengorbanan untuk menjalaninya. Pasalnya, kehamilan menyebabkan tubuh dan hormon wanita berubah sehingga dapat menimbulkan berbagai ketidaknyamanan, salah satunya adalah sakit punggung. 

Ibu hamil biasanya akan mulai merasa sakit punggung di trimester kedua, ketika perut sudah mulai membesar. Kondisi ini normal terjadi dan merupakan pertanda bagus, karena itu berarti janin dalam kandungan ibu berkembang semakin besar. Walaupun perut yang membesar juga akan membuat ibu kesulitan melakukan beberapa hal, seperti berjalan terlalu lama, bangun dari tempat tidur, memakai dan membuka baju, berdiri dari posisi duduk, dan lain-lain.

Ada beberapa hal yang bisa menyebabkan ibu mengalami sakit punggung, yaitu karena terjadinya perubahan hormon selama kehamilan, bertambahnya berat badan, janin yang berkembang semakin besar, postur tubuh ibu, stres, dan terpisahnya otot dari tulang rusuk ke tulang kemaluan akibat pembesaran rahim. Namun jangan khawatir, rasa sakit punggung yang ibu alami bisa dikurangi dengan cara-cara berikut:

  • Kompres Punggung

Kompres bagian punggung yang terasa nyeri dengan menggunakan es batu yang dilapisi oleh handuk, selama 20 menit selama beberapa kali dalam sehari. Setelah tiga hari mengompres punggung dengan handuk dingin, lanjutkan mengompres punggung, tapi kali ini dengan menggunakan botol berisi air hangat. Dengan cara ini,  rasa nyeri punggung yang ibu alami dapat berkurang.

  • Pijat Punggung

Memijat lembut punggung bawah merupakan cara yang akan membuat ibu merasa nyaman kembali. Mintalah sang suami untuk memijat punggung ibu ketika mulai terasa sakit. Ibu juga bisa membuat janji untuk sesi maternity massage selama masa kehamilan.

  • Membiasakan Sikap Tubuh yang Baik

Karena perkembangan janin yang membesar membuat tubuh ibu condong ke depan, maka ibu perlu menyeimbangkannya dengan mengubah sikap tubuh. Jika selama ini ibu sering duduk dengan posisi yang bungkuk, cobalah membiasakan diri untuk duduk tegap. Waktu berdiri dan berjalan pun, ibu disarankan untuk mempertahankan posisi tegap. Jangan membungkuk saat duduk karena akan menekan perut, dan jangan memutar badan saat mengangkat barang.

  • Olahraga

Jangan malas berolahraga selama hamil, karena olahraga bermanfaat meningkatkan stamina ibu dan membuat tubuh menjadi lebih lentur atau fleksibel, sehingga bisa mengurangi tekanan pada tulang belakang. Pilihan olahraga yang sesuai untuk ibu hamil adalah berenang dan berjalan kaki. Ibu hamil disarankan berolahraga secara rutin untuk dapat merasakan manfaatnya.

  • Kenakan Pakaian yang Nyaman

Selama masa kehamilan, pakailah baju hamil yang longgar dengan ikat pinggang yang rendah dan dapat menopang. Beberapa ibu hamil yang merasa terbantu dan merasa lebih nyaman ketika mengenakan maternitiy belt atau ikat pinggang khusus ibu hamil. Kenakan juga sepatu berhak rendah agar ibu nyaman selama berjalan kaki.

  • Berhati-hati saat Mengangkat Barang

Saat ingin mengambil benda kecil yang tergeletak di atas lantai, jangan menekuk pinggang. Ibu sebaiknya berjongkok untuk mengambilnya. Jika tidak bisa mengambilnya, jangan dipaksakan. Mintalah bantuan orang lain untuk mengambilkannya.

  • Tidur Menyamping

Jika perut ibu sudah semakin besar, mulailah tidur dengan posisi menyamping. Tekuklah salah satu atau kedua lutut. Ibu juga bisa menggunakan bantal untuk ditaruh di antara lutut atau bagian tubuh lain di bawah perut yang dapat membuat ibu merasa nyaman saat tidur.

Semoga rasa nyeri di punggung ibu dapat berkurang dengan cara-cara di atas. Kini ibu juga dapat meminta saran kesehatan untuk kondisi kehamilan ibu dengan menghubungi dokter melalui aplikasi Halodoc. Ibu dapat membicarakan masalah kesehatan yang dialami kepada dokter lewat Video/Voice Call dan Chat. Ibu juga bisa melakukan tes kesehatan menggunakan fitur Lab Home Service yang terdapat pada aplikasi Halodoc. Belanja produk kesehatan dan vitamin pun jadi lebih mudah dengan adanya aplikasi Halodoc. Caranya, tinggal order dan pesanan akan diantarkan dalam satu jam. Yuk, download Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.