• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Cara Mengatasi Wasir yang Terjadi pada Ibu Hamil

Cara Mengatasi Wasir yang Terjadi pada Ibu Hamil

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
undefined

Halodoc, Jakarta - Saat hamil, setiap wanita yang mengalaminya akan mengalami beberapa perubahan pada tubuh. Hal tersebut dapat menyebabkan banyak gangguan pada tubuh untuk terjadi. Salah satu penyakit yang dapat terjadi karena hal tersebut adalah wasir. Memang, wasir terbilang sering terjadi pada ibu hamil.

Saat gangguan ini terjadi, perasaan tidak nyaman dapat dirasakan pada bagian dubur sehingga mengganggu aktivitas sehari-hari. Ibu mungkin merasakan gatal, nyeri yang hebat, hingga keluar darah dari anus. Maka dari itu, setiap wanita yang hamil harus tahu cara mengatasinya agar aktivitas kembali normal. Berikut cara yang dapat dilakukan!

Baca juga: Alami Ambeien Saat Hamil, Begini Cara Mengatasinya

Cara Efektif untuk Mengatasi Wasir yang Terjadi pada Ibu Hamil

Wasir adalah gangguan yang disebabkan oleh pembengkakan pada pembuluh darah di sekitar anus. Saat terjadi, seseorang yang mengidapnya dapat merasakan sakit dan perdarahan dari bagian tersebut. Semua orang mempunyai risiko untuk mengalami wasir, tetapi wanita yang sedang hamil memiliki risiko lebih tinggi. Disebutkan jika 50 persen wanita yang sedang hamil dapat mengalami wasir dan umumnya terjadi selama trimester ketiga.

Gangguan wasir yang dapat terjadi terbagi menjadi dua jenis, yaitu wasir internal dan eksternal. Pada wasir internal, seseorang yang mengalaminya mungkin membutuhkan perawatan, termasuk juga pengobatan atau metode non-operasi, seperti ligasi gelang karet. Lalu, untuk wasir eksternal tidak membutuhkan pengobatan kecuali jika masalah ini sudah menyebabkan rasa tidak nyaman.

Lalu, bagaimana cara aman untuk mengatasi wasir pada ibu hamil? Berikut ini beberapa cara mudah untuk mengobati gangguan pada dubur tersebut:

1. Kurangi Tekanan pada Bokong

Salah satu cara mengatasi wasir pada ibu hamil adalah dengan mengurangi tekanan yang dapat terjadi pada bagian dubur. Pastikan untuk tidak berdiri atau duduk dalam waktu yang lama karena mampu memberikan tekanan pada pembuluh darah di bagian bawah tubuh. Saat duduk, cobalah untuk menggunakan bantal di bawah pantat atau duduk di kursi dengan bantalan yang tebal agar tetap nyaman.

2. Tetap Aktif Bergerak

Ibu hamil juga dapat mengobati gangguan wasir yang terjadi dengan tetap aktif untuk bergerak. Cobalah untuk berolahraga selama 30 menit per harinya, tentu dengan persetujuan dari dokter terkait aktivitas fisik yang diperbolehkan. Olahraga yang paling aman untuk dilakukan adalah berjalan di sekitar rumah asalkan tubuh tetap bergerak. Jika ibu harus duduk dalam waktu yang lama, cobalah untuk berjalan lebih lama dari waktu yang disarankan.

Baca juga: 4 Kebiasaan Pemicu Hernia pada Ibu Hamil

Jika masih memiliki pertanyaan terkait cara mengatasi gangguan wasir yang efektif pada ibu hamil, dokter dari Halodoc siap memberikan saran yang jitu. Caranya mudah sekali, cukup dengan download aplikasi Halodoc di smartphone yang digunakan dan nikmati kemudahan terkait akses kesehatan tanpa batas!

3. Mengonsumsi Banyak Serat

Perbanyak konsumsi makanan yang kaya akan serat juga bisa mencegah sembelit yang dapat meningkatkan risiko terjadinya wasir. Maka dari itu, setiap ibu hamil harus benar-benar memperhatikan konsumsi makanannya dan lebih banyak makan buah, sayur, serta kacang-kacangan. Selain itu, memperbanyak konsumsi air putih juga dapat membuat saluran cerna menjadi lebih baik.

4. Lakukan Senam Kegel

Cara lainnya yang dapat dilakukan untuk mengatasi wasir pada ibu hamil adalah dengan melakukan senam kegel. Latihan-latihan ini dapat memperkuat otot dasar panggul dan mampu meredakan gangguan wasir. Aktivitas tersebut dapat membuat bagian tubuh lebih baik dengan cara membuat otot-otot pada area vagina dan dubur menjadi lebih rileks. Dengan begitu, risiko dari gangguan wasir dapat diminimalisir.

Baca juga: Wanita dengan Wasir Bisa Melahirkan Normal?

Itulah beberapa cara yang bisa dilakukan sebagai cara mengatasi wasir pada ibu hamil. Gangguan wasir yang terjadi tentu dapat memengaruhi aktivitas harian. Maka dari itu, tindakan yang cepat perlu dilakukan agar aktivitas harian dapat kembali normal. Hal tersebut karena kesehatan dari sang ibu dan janin yang berada di kandungan adalah yang paling utama.

Referensi:

Medical News Today. Diakses pada 2020. What to know about hemorrhoids during pregnancy.
Web MD. Diakses pada 2020. Hemorrhoids During Pregnancy.