• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Cara Menghadapi Orang dengan Gangguan Jiwa di Tempat Umum
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Cara Menghadapi Orang dengan Gangguan Jiwa di Tempat Umum

Cara Menghadapi Orang dengan Gangguan Jiwa di Tempat Umum

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 04 Agustus 2022

“Jika kamu mengenal seseorang yang berjuang dengan kesehatan mentalnya, ada banyak hal yang dapat kamu lakukan. Salah satunya dengan menawarkan untuk menjadi pendengar yang baik.”

Cara Menghadapi Orang dengan Gangguan Jiwa di Tempat Umum

Halodoc, Jakarta – National Health Service menuliskan, sekitar 1 dari 4 orang mengalami masalah kesehatan mental setiap tahun. Ini artinya, sebagian besar kamu akan mengetahui seseorang yang sudah berjuang dengan kesehatan mentalnya. 

Setiap orang semua bisa merasa cemas, stres, atau rendah diri. Hal ini mungkin wajar terjadi, tetapi tetap bisa menjadi masalah jika perasaan ini semakin memburuk, berlangsung lama, berpengaruh terhadap kehidupan sehari-hari, dan tidak mendapatkan penanganan yang tepat. 

Cara Menghadapi Orang dengan Gangguan Jiwa di Tempat Umum

Perlu waktu bagi orang dengan gangguan jiwa atau ODGJ sembuh dari kondisi yang dialaminya. Bahkan, beberapa dari mereka mungkin memerlukan bantuan profesional. Akan tetapi, selalu ada cara untuk membantu dan mendukung seseorang untuk kembali ke kesehatan mental yang positif.

  1. Tunjukkan Empati dan Katakan Kamu Bisa Membantu

Memberi tahu pengidap bahwa kamu merasa khawatir adalah cara yang baik untuk membuka percakapan. Ini akan menunjukkan bahwa kamu peduli dengan orang tersebut, memiliki waktu untuk mereka, dan bahwa mereka tidak harus menutupi masalah tersebut kepadamu.

  1. Berikan Keyakinan

Pertama kali ODGJ menceritakan kekhawatiran mereka adalah langkah besar. Ada baiknya untuk mengenali hal ini dan meyakinkan mereka. Biarkan mereka tahu bahwa kamu selalu ada di sana untuk mendengarkan, ketika mereka perlu bercerita untuk sedikit meringankan beban yang dirasakan.

  1. Tidak Memaksa

Hindari memaksa pengidap gangguan mental untuk berbicara dengan kamu atau mendapatkan bantuan. Di samping itu, hindari pula untuk bercerita atau berkonsultasi dengan dokter menggunakan nama dan masalah kejiwaan yang mereka hadapi. Hal ini dapat menyebabkan mereka merasa tidak nyaman dan semakin kehilangan kepercayaan diri.

  1. Bersikap seperti Biasa

Lakukan apa yang biasanya kamu lakukan pada ODGJ. Sebab, menunjukkan perilaku yang berbeda justru dapat membuat mereka merasa lebih terisolasi. Jangan takut untuk menawarkan kebaikan dan ruang untuk berbicara, baik melalui telepon, pesan atau secara langsung.

  1. Tawarkan Waktu untuk Mendengarkan

Mendengarkan adalah suatu keterampilan penting yang sayangnya tidak dimiliki oleh semua orang. Kamu bisa mengajukan pertanyaan terbuka yang dimulai dengan “bagaimana”, “apa”, “di mana” atau “kapan”. Ini dapat membantu orang dengan gangguan jiwa membuka diri dan bercerita kepadamu.

  1. Tawarkan Bantuan

Bantuan kecil, seperti menawarkan untuk berbelanja atau menemani mereka bertemu dengan psikolog, menjadi bentuk tindakan yang sangat berarti untuk pengidap masalah kesehatan mental. Namun, tidak semua bisa menerima bantuan, jadi sebaiknya kamu mencari tindakan bantuan apa yang tepat.

  1. Sabar

Kamu tidak akan selalu tahu bagaimana cerita lengkapnya. Mungkin ada alasan mengapa ODGJ merasa kesulitan untuk meminta bantuan. Jadi, sebaiknya kamu tidak terburu-buru dan bersabar hingga mereka akhirnya berani untuk bercerita.

  1. Perhatikan Diri Sendiri

Mendengar seseorang yang kamu sayangi menghadapi masalah atau kesusahan pastinya bisa membuat kamu sedih. Oleh karena itu, berbaik hatilah pada diri sendiri dan luangkan waktu untuk bersantai, atau melakukan sesuatu yang kamu sukai.

Pentingnya Dukungan Orang Terdekat

Kamu bisa merasa cemas karena tidak tahu bagaimana cara terbaik untuk membantu. Atau, ada perasaan takut akan mengatakan sesuatu yang salah dan membuat keadaan menjadi lebih buruk. Namun, ketahuilah bahwa hal-hal kecil yang positif yang kamu katakan atau lakukan, dapat membuat perbedaan besar bagi seseorang.

Memberi tahu ODGJ bahwa kamu melihat betapa keras perjuangan mereka dapat menjadi bantuan yang penting. Tak hanya itu, hal kecil ini justru bisa sangat melegakan bagi mereka yang sedang berjuang menghadapi masalah kejiwaan.

Memulai percakapan bisa jadi cukup sulit dilakukan, dan wajar jika merasa kesal saat seseorang yang kamu sayangi sedang berjuang. Namun, kamu sebaiknya tetap tenang dan meyakinkan mereka, bahwa mereka tidak harus menghadapi banyak hal sendirian. 

Selain itu, kamu juga bisa menemani mereka dengan cara lain, seperti memasak, berjalan-jalan, atau menonton film bersama. Obrolan mungkin bisa terbentuk lebih natural jika kamu melakukan sesuatu bersama terlebih dahulu.

Jangan takut untuk menawarkan bantuan dan dukungan, termasuk membantu ODGJ mendapatkan penanganan yang tepat dari ahlinya. Kamu bisa menyarankan mereka untuk menggunakan Layanan Janji Medis di aplikasi Halodoc. Pastikan mereka sudah download aplikasi Halodoc terlebih dahulu, ya!

Referensi:
NHS UK. Diakses pada 2022. Helping others with mental health problems.
Mental Health Foundation. Diakses pada 2022. How to support someone with a mental health problem.
MentalHealth.gov. Diakses pada 2022. For Friends and Family Members.