Begini Cara Menghilangkan Bekas Jerawat di Punggung

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
begini-cara-menghilangkan-bekas-jerawat-di-punggung-halodoc

Halodoc, Jakarta – Tidak hanya jerawat di wajah saja yang bisa meninggalkan bekas, jerawat di punggung juga bisa. Namun, bekas jerawat di punggung seringkali disepelekan banyak orang dengan alasan tidak terlihat ataupun sulit dirawat. Padahal, jerawat di punggung juga bisa mengganggu penampilan, terutama bagi wanita saat ingin mengenakan baju pesta. Karena itu, simak cara menghilangkan jerawat di punggung di bawah ini. 

Baca juga: Letak Jerawat di Wajah Menunjukkan Kondisi Kesehatan?

Jerawat adalah masalah kulit yang terjadi karena pori-pori dan folikel rambut pada kulit tersumbat oleh keringat, minyak, dan rambut. Masalah kulit yang satu ini paling sering dialami oleh anak-anak remaja dan orang dewasa. Namun, beberapa orang juga bisa mengalami jerawat di punggung mereka. Menggaruk dan memencet jerawat bisa memperparah jerawat, bahkan menyebabkannya meninggalkan bekas. Namun, enggak perlu khawatir, berikut beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk menghilangkan jerawat:

1. Balurkan Jus Lemon

Karena kulit punggung tidak sesensitif kulit wajah, jus lemon mungkin bisa digunakan untuk menghilangkan bekas jerawat di punggung. Caranya, pertama-tama cuci dulu punggung dengan air hangat, kemudian gunakan kapas untuk membalurkan jus lemon pada bekas jerawat di punggung kamu. Biarkan jus lemon di kulit punggung selama 10 menit, lalu bilas.

2. Manfaatkan Lidah Buaya

Aloe vera atau lidah buaya memang merupakan tanaman yang sangat bermanfaat, tidak hanya untuk kesehatan, tetapi juga kecantikan. Selain dapat melebatkan rambut, lidah buaya juga ampuh untuk menghilangkan bekas jerawat di punggung, lho. Hal ini berkat kandungan antioksidan polyphenol yang terdapat di dalam lidah buaya bersifat antibakteri, sehingga dapat menghilangkan noda hitam bekas jerawat punggung.

3. Gosok Punggung dengan Tomat

Bahan alami lainnya yang bisa kamu manfaatkan untuk menghilangkan bekas jerawat di punggung adalah tomat. Caranya mudah, cukup belah tomat menjadi dua dan gosokkan potongan tomat pada kulit punggung yang memiliki bekas jerawat. Biarkan selama 15 menit, lalu bilas.

Baca juga: Hilangkan Flek Hitam dengan Air Bekas Cucian Beras

Selain bahan-bahan alami di atas, bekas jerawat di punggung juga bisa dihilangkan dengan menggunakan beberapa kandungan kimia berikut:

4. Asam Alfa Hidroksi (AHA)

AHA sering ditemukan dalam produk obat jerawat. Kandungan ini mengatasi jerawat dengan cara membantu pengelupasan kulit mati dan mencegah pori-pori tersumbat. AHA juga dapat membuat bekas jerawat memudar dengan mengelupas lapisan kulit bagian atas untuk meminimalisir perubahan warna kulit dan penampilan kulit yang tampak kasar.

5. Asam Laktat

Satu penelitian kecil menemukan bahwa asam laktat dapat membantu merawat tekstur kulit, penampilan dan pigmentasi kulit. Kandungan ini juga dapat menghilangkan bekas jerawat yang muncul di punggung. Kamu bisa mendapatkan asam laktat yang sudah dijual bebas di banyak toko kosmetik atau kecantikan.

6. Asam Salisilat

Asam salisilat juga merupakan bahan umum yang sering digunakan dalam produk obat jerawat. Kandungan ini bekerja dengan cara membuka pori-pori, mengurangi pembengkakan, dan pengelupasan kulit. Namun, karena asam salisilat dapat mengeringkan dan mengiritasi kulit beberapa orang, cobalah untuk menggunakannya di beberapa titik saja. Kamu juga bisa membeli asam salisilat dalam produk obat yang biasanya dijual di toko obat atau melalui resep dokter kulit.

Baca juga: Jangan Asal, Ini Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Merah

Kamu juga bisa beli obat untuk menghilangkan bekas jerawat pada punggung kamu dengan menggunakan aplikasi Halodoc. Caranya sangat mudah, tinggal order saja lewat fitur Buy medicine dan pesananmu akan tiba dalam waktu satu jam. Ayo, download Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2019. How to Treat Back Acne Scars.