23 April 2018

Cara Nyemil Sehat, Perlu Tahu Sehat dengan Keju

Cara Nyemil Sehat, Perlu Tahu Sehat dengan Keju

Halodoc, Jakarta – Keju adalah salah satu makanan yang disarankan untuk dihindari saat kamu menjalani program diet. Namun, banyak juga yang menyarankan untuk mengonsumsi keju karena kandungan gizi dan nutrisinya yang cukup banyak. Kelly Prichett, seorang pakar diet yang berasal dari Academy of Nutrition and Dietetics, menyebutkan bahwa keju termasuk makanan sehat yang mengandung kalsium, protein, dan seng dalam jumlah yang sangat tinggi.

Selain itu, di dalam keju juga terkandung senyawa bernama spermidine yang bisa membuat jantung kamu lebih sehat dan tekanan darah kamu menjadi normal.

Tidak Ada yang Salah dengan Menjadikan Keju sebagai Camilan

Tidak ada yang salahnya jika kamu suka menjadikan keju sebagai salah satu camilan kamu. Terutama jika kamu mengonsumsi keju Swiss atau keju yang memiliki banyak lubang. Sebuah studi di Korea meneliti bahwa keju Swiss memiliki banyak kandungan probiotik, sehingga mampu mengurangi peradangan dalam tubuh dan memperkuat daya tahan tubuh. Bahkan, keju Swiss juga bisa menekan nafsu makan kamu, lho.

Manfaat Keju bagi Kesehatan

Bagi ibu hamil, keju mengandung nutrisi seperti kalsium, protein, magnesium, fosfor, dan B12 yang dibutuhkan ibu dan bayi. Jadi, sangat diperbolehkan bagi ibu hamil untuk mengonsumsi keju, agar bayi mendapatkan asupan nutrisi yang cukup. Selain itu, agar tidak bosan, konsumsi keju bisa dikombinasikan dengan makanan lain, misalnya dengan brokoli yang sudah direbus, buah, sup, bahkan roti. Selain itu, jangan lupa memilih keju yang menggunakan susu yang sudah disteril ya.

Keju juga memiliki manfaat yang besar bagi kesehatan gigi. Kandungan kalsium, fosfor, dan protein akan membantu kamu menjaga kesehatan gigi. Tidak hanya itu, kandungan kalsium pada keju juga bisa membuat kita memiliki densitas tulang yang lebih padat dibandingkan dengan mereka yang tidak mengonsumsi keju.

Ternyata, keju juga bisa menjadi camilan yang dapat mengurangi risiko kanker, karena keju memiliki kandungan konjugasi asam sphingolipids dan linoleic yang dapat mengurangi risiko kanker. Kandungan vitamin B yang tinggi pada keju juga membuat keju dapat mencegah penyakit beri-beri. Selain itu, vitamin B juga penting untuk membantu menjaga kesehatan saraf dan otak.

(Baca juga: 5 Camilan Ini Bantu Tidur Lebih Nyenyak)

Pilih Keju Favoritmu

Langkah terakhir untuk menikmati sehatnya keju adalah pilih keju favoritmu. Ada banyak jenis keju yang tentu juga memiliki kandungan yang berbeda tiap jenisnya. Salah satunya adalah keju cottage yang merupakan keju segar dan memiliki banyak protein yang dibutuhkan jaringan otot. Selain itu, keju jenis cottage ternyata memiliki kandungan kalori yang rendah. Memilih keju dan mengetahui kandungan nutrisi pada keju yang akan kamu konsumsi, perlu dilakukan agar tubuh kamu mendapatkan nutrisi yang seimbang. Keju cottage sendiri bisa dikonsumsi dengan tambahan makanan lain seperti buah, roti, dan juga sayuran. Bahkan, keju cottage bisa dijadikan sebagai makanan pendamping, bahkan dressing untuk salad.

Jika kamu adalah penggemar keju dan mau tahu lebih banyak mengenai manfaat keju untuk kesehatan, kamu bisa menghubungi dokter melalui aplikasi Halodoc. Kamu bisa kapan saja Voice Call maupun Video Call dengan dokter melalui fitur Contact Doctor. Yuk, langsung download aplikasi Halodoc di smartphone kamu melalui Google Play atau App Store.