14 February 2018

Cara Redakan Sakit Tenggorokan yang Sering Kambuh

Cara Redakan Sakit Tenggorokan yang Sering Kambuh

Halodoc, Jakarta – Sakit tenggorokan selalu menimbulkan rasa tidak nyaman yang membuat kamu sulit bicara dan menelan. Ada banyak hal penyebabnya, mulai dari radang tenggorokan, terlalu banyak berteriak, alergi, makanan pedas, gejala sakit, dan lain sebagainya. Selain itu, radang tenggorokan pun bisa juga disebabkan oleh bakteri dan virus yang menyerang saluran tenggorokan. Akibatnya, kamu juga bisa terkena batuk  kering yang bisa membuat tenggorokan sangat sakit.

Umumnya, anak-anak lebih sering terkena masalah sakit tenggorokan. Alasannya, karena daya tahan tubuh anak masih rendah sehingga rentan terhadap infeksi kuman dan bakteri serta tertular dari sebayanya. Namun, bukan berarti orang dewasa tidak rentan terhadap sakit tenggorokan. Sakit tenggorokan karena infeksi bakteri bisa menular, jadi penting untuk mengetahui setiap gejalanya agar bisa tepat ditangani.

Gejala Sakit Tenggorokan

Seperti apa sih gejala sakit tenggorokan itu? Biasanya, sakit tenggorokan muncul saat kamu merasa tenggorokan gata dan juga muncul rasa sakit ketika menelan makanan. Kalau kamu enggak langsung memberikan penanganan atas gejala awal ini, maka nantinya bisa menyebabkan dampak yang lebih negatif bagi kesehatan. Sakit tenggorokan yang semakin parah biasanya disebabkan oleh kuman yang berkembang biak dan diikuti gejala sakit lainnya seperti flu, pilek, demam, dan batuk. Berikut adalah beberapa gejala tenggorokan lain yang perlu kamu ketahui, yaitu:

  • Kelenjar getah bening membengkak
  • Tubuh terasa lemah dan lesu, kadang muncul demam dan sakit kepala
  • Ada bintik merah kecil di area langit-langit mulut.

Mengatasi Sakit Tenggorokan

Sakit tenggorokan bisa jadi merupakan sakit yang sering “kambuh” karena pada dasarnya disebabkan oleh bakteri dan kuman. Penanganan sederhana yang sudah dikenal di masyarakat adalah menanganinya dengan berkumur air garam. Sedangkan cara yang lebih praktis, mengonsumsi permen pelega tenggorokan dianggap sudah cukup. Namun, meski cara-cara ini sudah lebih “populer” nyatanya belum ada penelitian mengenai metode ini, lho.

Lalu bagaimana mengatasi sakit tenggorokan yang tepat? Kamu bisa menggunakan berkumur dengan Betadine Obat Kumur yang mengandung bahan aktif Povidone Iodine 1 persen yang bisa menjadi zat antiseptik sehingga ampuh usir kuman dan bakteri penyebab sakit tenggorokan. Hal ini pun sudah terbukti secara ilmiah, lho. Jadi, bisa dipastikan masalah sakit tenggorokan kamu akan cepat teratasi.

Mengatasi sakit tenggorokan dengan Betadine Obat Kumur kamu hanya cukup gargle selama 30 detik. Lakukan kegiatan ini setidaknya 3-5 kali sehari untuk mengatasi sakit tenggorokan yang sering kambuh. Kamu bisa membeli Betadine Obat Kumur di Halodoc. Ada diskon khusus dengan berbelanja di Official Store Halodoc Hemat. Tanpa keluar rumah, pesanan Betadine Obat Kumur kamu pun akan diantar ke tempat tujuan dalam satu jam.

Mencegah Sakit Tenggorokan

Agar sakit tenggorokan yang kamu rasakan tidak melulu kambuh, sebaiknya lakukan langkah pencegahan. Hindari makan makanan yang berpotensi membuat tenggorokan sakit seperti goreng-gorengan, makanan pedas, dan makanan yang enggak terjamin kebersihannya. Kuman dan bakteri itu ada dimana-mana. Jadi, kalau kamu enggak bisa menjaga asupan makanan kamu tentu akan bisa berakibat negatif pada kesehatan.

Sedia selalu aplikasi Halodoc dimana pun kamu berada, saat masalah sakit tenggorokan mengganggu kamu jadi bisa segera menghubungi dokter. Dengan Halodoc, kamu bisa bicara dengan dokter melalui Video/Voice Call dan Chat. Kamu juga bisa melakukan lab test dan melakukan pemeriksaan laboratorium jika diperlukan sesuai dengan rekomendasi dari dokter. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang di App Store dan Google Play.