• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Cara Tepat Merawat Hamster Berdasarkan Jenisnya

Cara Tepat Merawat Hamster Berdasarkan Jenisnya

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
undefined

Halodoc, Jakarta - Tak diragukan lagi bahwa hamster adalah hewan peliharaan yang sangat menggemaskan. Namun, merawat hamster tidak semudah kelihatannya saat kamu masih anak-anak. Kamu tidak perlu khawatir. Begitu kamu sudah terbiasa, kamu mungkin merasa tidak terlalu sulit juga. 

Sayangnya, hamster bukan hewan peliharaan kecil yang sempurna untuk anak kecil. Pasalnya, hamster membutuhkan banyak perawatan. Hewan ini bisa jadi sangat lincah, sehingga Si Kecil mungkin akan selalu butuh bantuan untuk merawatnya. Namun, jika anak sudah cukup besar, ia mungkin bisa membantu merawat hamster dengan hati-hati dan membantu membersihkan kandangnya. Hamster bisa menjadi hewan peliharaan yang baik, menyenangkan, dan mendidik untuk keluarga. 

Baca juga: Inilah Cara Tepat Memelihara Hamster di Rumah 

Cara Merawat Hamster Berdasarkan Jenisnya

Ada sejumlah faktor penting yang harus dipertimbangkan saat memutuskan apakah hamster adalah hewan peliharaan yang tepat untuk keluarga. Ada beberapa jenis hamster, sehingga sifat dan penampilan mereka juga pastinya berbeda-beda. Meskipun semua hamster memiliki umur yang hampir sama dan membutuhkan perawatan yang sangat mirip, pastikan untuk memilih hamster yang paling cocok.

Ada tiga jenis hamster paling umum yang biasanya diadopsi. Spesies hamster yang berbeda juga tidak boleh dipelihara bersama. Hamster peliharaan umumnya dikurung sendiri-sendiri, karena hamster betina dan jantan dewasa cenderung agresif terhadap satu sama lain. Jika kamu memilih untuk memiliki banyak hamster dalam satu kandang, pastikan untuk menentukan jenis kelamin hamster dan pilih hanya satu jenis kelamin saja dalam satu kandang. Jika kamu memiliki jenis kelamin campuran dalam satu kandang, kemungkinan besar kamu akan segera memiliki bayi hamster.

Berikut ini adalah jenis hamster yang paling umum dijadikan hewan peliharaan:

  • Hamster Syria. Ini adalah jenis yang paling umum dipelihara sebagai hewan peliharaan. Jenis hamster ini harus ditempatkan pada kandang terpisah. Mereka bisa sangat jinak dan mudah ditangani. Mereka bisa hidup selama 2 hingga 3 tahun dengan ukuran 15 hingga 20 cm. 
  • Hamster Kerdil. Hamster jenis ini misalnya adalah Dwarf Campbell's Russian Hamster, Dwarf Winter White Russian Hamster, dan Roborovski Hamster. Ketiga jenis hamster ini lebih mudah bersosialisasi dan mungkin lebih baik dipelihara dengan spesies yang sama sejak usianya masih sangat muda. Pasalnya mereka cenderung cepat dan gesit, sehingga mereka sedikit lebih sulit ditangani. Dwarf Campbells Russian Hamster dan Dwarf Winter White Russian Hamster bisa hidup selama 1,5 hingga 2 tahun. Sementara jenis Roborovski Hamster bisa hidup 3 hingga 3,5 tahun. Dwarf Campbells Russian Hamster bisa tumbuh hingga 10 cm, sementara Dwarf Winter White Russian Hamster bisa tumbuh 8,8 hingga 10 cm. Untuk Roborovski Hamster, mereka cenderung mungil karena umumnya hanya tumbuh hingga sekitar 5 cm saja.
  • Hamster Cina. Jenis hamster ini memiliki ukuran yang mirip dengan hamster kerdil tetapi bukan hamster kerdil. Kadang-kadang mereka cocok dengan hamster Cina lainnya, tetapi sering kali tidak. Tipe ini cenderung ramah tetapi juga sangat cepat dan gesit. Mereka bisa hidup selama 2,5 hingga 3 tahun. Hamster jenis ini bisa tumbuh hingga sekitar 10 cm. Tidak seperti hamster lain, mereka juga memiliki ekor yang mencolok.

Kamu perlu memilih kandang yang cukup besar, aman, dan mudah dibersihkan. Sayangnya, kandang standar yang dapat kamu temukan di pet shop bukanlah ukuran yang tepat untuk semua jenis hamster seperti hamster Syria membutuhkan jenis kandang yang berbeda dengan hamster China.

Baca juga: 4 Tips Memilih Hewan Peliharaan untuk Anak

Perawatan Dasar untuk Hamster

Berikut adalah perawatan dasar yang kamu wajib ketahui jika hendak memelihara hamster:

  • Kandang. Beli kandang yang panjangnya setidaknya 38 cm dengan tinggi 30 cm, tetapi pilihlah yang lebih besar jika bisa agar hamster memiliki lebih banyak ruang untuk berolahraga dan menjelajah. Pastikan kandang juga aman sehingga hamster tidak mudah kabur.
  • Alas Tidur. Sebagai aturan umum, jenis tempat tidur biasanya menggunakan serutan kayu. Selain itu, kamu juga bisa mencari alas kandang yang terbuat dari selulosa atau serat kertas nabati dan hindari kotoran kucing, tongkol jagung, koran, dan alas tidur beraroma apa pun. Pasalnya, alas tidur yang mengandung bahan kimia yang dapat menyebabkan gangguan pernapasan pada hamster.
  • Mainan. Roda latihan adalah suatu keharusan untuk mencegah kejenuhan, dan kamu juga dapat membeli bola untuk hamster berlari di sekitar ruangan yang bisa kamu awasi. 
  • Makanan. Kamu dapat membeli sekantung campuran makanan khusus hamster, yang biasanya berisi campuran buah-buahan, sayuran, dan biji-bijian. Namun, sebaiknya kamu juga memberi hamster potongan kecil sayuran dan buah segar. Pastikan juga hamster memiliki akses ke air bersih setiap saat. Tidak semua sayuran baik untuk hamster, begitu juga dengan buah dan sayuran. Pilihlah brokoli, peterseli, apel, pir, wortel, dan lobak sambil menghindari bawang bombay, bawang putih, daun bawang, daun bawang, selada, kentang mentah, dan jeruk. Karena hamster rentan terhadap diabetes, sebaiknya beri mereka buah yang mengandung gula alami secukupnya saja. 

Baca juga:  Begini Cara Ajak Anak Menyukai Hewan Sejak Kecil

Jika masih ada yang perlu kamu tanyakan mengenai cara merawat hamster, jangan ragu untuk mendiskusikannya dengan dokter hewan di Halodoc ya. Dokter hewan di Halodoc akan selalu siaga menjawab setiap pertanyaanmu dan mereka juga akan memberikan saran yang tepat agar hamster peliharaanmu tetap sehat.

 

Referensi:
Kaytee. Diakses pada 2021. 9 Pet Hamster Care Tips for Beginners.
Pet MD. Diakses pada 2021. Hamster Care 101: How to Care For Your Hamster.
The Spruce Pets. Diakses pada 2021. Determine Whether or Not a Hamster Is the Right Pet For You.
The Spruce Pets. Diakses pada 2021. How to Care for Your Pet Hamster.