03 October 2018

Cari Tahu Pentingnya Fungsi Ginjal bagi Tubuh

Cari Tahu Pentingnya Fungsi Ginjal bagi Tubuh

Halodoc, Jakarta – Ginjal adalah salah satu organ bagian dalam manusia yang memiliki banyak peran dalam kelangsungan hidup. Meski berukuran kecil, hanya sekitar 10–12 cm, organ yang satu ini mengandung sekitar satu juta nefron, yaitu saringan darah yang sangat kecil. Di dalam tubuh, terdapat sepasang ginjal yaitu ginjal kanan dan ginjal kiri.

Merawat dan menjaga kesehatan ginjal adalah hal yang harus selalu dilakukan. Pasalnya, ginjal memiliki peran yang sangat penting dalam tubuh. Apa saja sih fungsi ginjal bagi tubuh?

Menyaring Darah

Pernahkah kamu bertanya-tanya kenapa manusia bisa buang air kecil hingga beberapa kali dalam satu hari? Ternyata ada peran organ ginjal dalam proses ini. Pada dasarnya, ginjal berfungsi untuk menyaring darah yang melewati organ tersebut.

Kemudian setelah ginjal menyaring darah, urine akan terbentuk dari zat sisa tersebut. Juga terbentuk dari kelebihan cairan di dalam tubuh. Setelahnya, urine tersebut akan dialirkan melalui ureter, dan dibawa ke kandung kemih untuk kemudian dibuang sebagai air seni alias air kencing.

Membuang Limbah dari Tubuh

Organ ginjal juga berfungsi untuk menyaring dan membuang “limbah” yang masuk ke dalam tubuh. Kebiasaan makan sehari-hari memang bisa memicu menumpuknya limbah, seperti racun, garam berlebih, dan lainnya. Nah, ginjal berfungsi untuk mencegah zat-zat ini merusak tubuh.

Zat-zat tersebut akan diangkut melalui darah ke ginjal, untuk kemudian dibuang atau dikeluarkan. Ginjal yang memiliki masalah dan gangguan bisa menjadi pemicu terhambatnya proses tersebut, alhasil limbah dan racun akan menumpuk di tubuh dan bisa membawa dampak yang negatif.

Menjaga Keseimbangan Air dalam Tubuh

Organ ginjal juga berfungsi untuk memastikan bahwa jaringan tubuh menerima cukup air, sehingga bisa bekerja dengan baik. Dengan kata lain, organ ini berperan dalam memantau dan mengendalikan keseimbangan air di dalam tubuh.

Ginjal akan bereaksi terhadap perubahan kadar air dalam tubuh. Misalnya, saat tubuh kekurangan asupan air dan mengalami dehidrasi, ginjal akan menahan air untuk cadangan. Karena itu, fungsi tubuh tidak akan terlalu terganggu. Hanya saja, ada baiknya untuk selalu memastikan asupan air yang dibutuhkan tubuh terpenuhi, sehingga tidak memaksa ginjal bekerja terlalu keras dan berisiko mengalami kerusakan.

Merangsang Produksi Sel Darah Merah

Ginjal juga berfungsi dalam mengatur kecukupan sel darah merah di dalam tubuh. Caranya adalah dengan merangsang pengeluaran hormon eritropoietin yang berfungsi untuk meningkatkan produksi sel darah yang berperan sebagai pembawa oksigen. Saat kadar oksigen dan sel darah merah sudah kembali normal, maka hormon ini akan berhenti diproduksi.

Tekanan Darah dan Tingkat Garam di Tubuh

Mengatur tekanan dan tingkat garam dalam darah juga menjadi salah satu fungsi dari organ ginjal. Pasalnya, ginjal membutuhkan tekanan serta aliran darah yang stabil untuk dapat menyaring darah dengan baik. Maka dari itu, ginjal juga berperan dalam menjaga hal tersebut dengan memproduksi enzim renin.

Berperan dalam Kesehatan Tulang

Ginjal dapat menghasilkan bentuk aktif dari vitamin D. Zat ini dibutuhkan untuk menjaga kesehatan tulang serta berfungsi untuk mengatur keseimbangan zat kimia dalam tubuh.

Terbukti kan bahwa ginjal memiliki peran yang sangat penting bagi tubuh. Untuk itu, menjaga kesehatan adalah hal yang tidak kalah penting. Jika memiliki keluhan pada organ tersebut, atau masalah kesehatan lain, hubungi dokter di aplikasi Halodoc saja. Sampaikan keluhan kesehatan melalui Video/Voice Call dan Chat. Dapatkan tips sehat dari dokter terpercaya. Yuk download sekarang di App Store dan Google Play!

Baca juga: