• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Catat, Ini Persiapan sebelum Melakukan Rhinoplasty
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Catat, Ini Persiapan sebelum Melakukan Rhinoplasty

Catat, Ini Persiapan sebelum Melakukan Rhinoplasty

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 19 Oktober 2022

“Persiapan sebelum melakukan rhinoplasty berkaitan dengan seberapa cepat dan efektivitas proses pemulihan. Kamu perlu mempersiapkan diri dengan cukup tidur, banyak minum air putih, menghindari rokok, konsumsi alkohol, dan paparan matahari.”

Catat, Ini Persiapan sebelum Melakukan RhinoplastyCatat, Ini Persiapan sebelum Melakukan Rhinoplasty

Halodoc, Jakarta – Rhinoplasty atau operasi hidung merupakan prosedur pembedahan untuk menghilangkan cacat fungsional dan estetika hidung. Biasanya orang melakukan rhinoplasty jika memiliki ujung hidung yang bulat, terdapat punuk hidung, polip, atau perforasi septum. 

Perlu diketahui, metode operasi (terbuka atau tertutup), pengalaman dokter bedah, dan bagaimana persiapan rhinoplasty sangat mempengaruhi hasil operasi. Jika kamu sedang berencana operasi hidung, sebaiknya ketahui persiapannya, sehingga kamu berada dalam kondisi terbaik sebelum, selama, dan setelah menjalani prosedur rhinoplasty.

Lantas, apa saja persiapan sebelum melakukan rhinoplasty?

Persiapan yang Harus Dilakukan Sebelum Rhinoplasty

Berikut ini persiapan yang harus dilakukan sebelum rhinoplasty:

  1. Persiapkan riwayat kesehatan

Seminggu sebelum prosedur rhinoplasty, kamu harus menyiapkan riwayat kesehatan secara rinci dan lengkap untuk diserahkan ke dokter. Dengan begitu, dokter dapat memilih metode bedah dan obat-obatan terbaik untukmu. Jika kamu memiliki alergi makanan atau obat, penyakit mengancam jiwa, atau pernah menjalani operasi hidung sebelumnya, sertakan informasi tersebut dalam berkasmu.

  1. Siapkan tempat istirahat

Anestesi yang digunakan selama operasi hidung akan membuat kamu lelah dan mual setelah operasi. Jadi penting untuk mempersiapkan tempat yang nyaman dengan segala kebutuhanmu sebelumnya. Selain itu, jika kamu memiliki anak, siapkan ruang bermain terpisah dan mintalah seseorang untuk mengasuh anak selama seminggu. 

  1. Pastikan untuk cukup tidur

Tubuh membutuhkan lebih banyak energi untuk sembuh dan pulih setelah operasi. Maka itu, sangat penting untuk memiliki banyak istirahat seminggu sebelum operasi. Pastikan untuk mengambil cuti bekerja untuk mempersiapkan operasi.

  1. Jaga kulit tetap bersih dan lembap

Untuk mempersiapkan kulit saat operasi, kamu harus mencuci muka dengan produk yang tepat dua kali sehari dan menggunakan pelembap setelahnya. Ingatlah bahwa kamu tidak dapat mencuci muka dan menggunakan produk perawatan wajah selama beberapa hari setelah operasi hidung. Jadi, lebih baik merawat kulit wajah sebelum operasi.

  1. Minum banyak air

Memiliki kulit yang elastis dan terhidrasi dapat meminimalkan jaringan parut setelah rhinoplasty. Direkomendasikan agar seminggu sebelum operasi selalu minum air putih dan jus segar, dua kali lebih banyak dari biasanya. 

  1. Hindari rokok dan minum alkohol

Nikotin dan alkohol dapat menyebabkan tekanan darah tinggi dan memperlambat proses penyembuhan. Jadi sebaiknya jangan merokok dan minum alkohol setidaknya dua minggu sebelum operasi.

  1. Hindari paparan sinar matahari

Seperti yang diketahui, sinar ultraviolet (UV) dapat merusak kulit dan menyebabkan kulit terbakar, kanker kulit, penuaan dini, dan bintik-bintik hitam. Namun, yang paling penting, terpapar sinar UV untuk waktu lama dapat menekan sistem kekebalan tubuh, dan mendorong pertumbuhan bakteri berbahaya atau mikroba pada kulit. Maka itu, kamu harus menghindari paparan sinar matahari setidaknya seminggu sebelum operasi hidung.

  1. Siapkan perlengkapan medis

Termasuk semua obat resep dan non-resep, salep, kapas, dan tisu. Sebaiknya persiapkan perlengkapan medis untuk perawatan luka pasca operasi sebanyak mungkin. Dengan begitu kamu tidak perlu pergi ke apotek dalam perjalanan pulang dari rumah sakit.

Persiapan rhinoplasty lebih dari sekadar mempersiapkan diri pada waktu sebelum dan hari operasi. Kamu juga perlu mempersiapkan pemulihan operasi hidung dengan baik. Setelah operasi, kamu mungkin tidak ingin melakukan banyak kegiatan untuk beberapa waktu. Setidaknya dua minggu atau beberapa hari pertama.

Karena itu, seberapa cepat dan efektifnya proses pemulihan setelah operasi akan berkaitan dengan persiapan yang kamu lakukan sebelum operasi. Jika kamu memiliki pertanyaan lain soal rhinoplasty, jangan ragu untuk tanya dokter di aplikasi Halodoc. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga!

Referensi:
Lina Cosmetic Surgery. Diakses pada 2022. How to Prepare For Rhinoplasty For a Fast Recovery – Tips, Things to Avoid and Diet Guidelines
Dr. Shahidi. Diakses pada 2022. 8 Do’s And Don’ts To Prepare For Rhinoplasty Surgery
Readina Health. Diakses pada 2022. Preparing for Rhinoplasty: Do’s and Don’ts before a Nose Job