23 May 2018

Cegah Gastroschisis dengan Cara Ini

Cegah Gastroschisis dengan Cara Ini

Halodoc, Jakarta – Kehamilan di usia muda di bawah 20 tahun memiliki risiko lebih tinggi terjadinya gastroschisis pada bayi. Apa itu gastroschisis? Pengertian gastrochisis adalah kelainan atau cacat pada bayi saat lahir, yang terjadi saat di dalam kandungan. Cacat ini ditandai bagian perut anak yang berada di luar tubuh akibat pembentukan dinding perut yang tidak sempurna.

Bagi ibu dengan kehamilan di usia muda, untuk menghindari kemungkinan terburuk, tips berikut ini bisa membantu ibu menjaga kehamilan agar terhindar dari bahaya keguguran dan kemungkinan gastroschisis.

1. Hindari Aktivitas Terlalu Berat

Di awal kehamilan, biasanya calon ibu mudah merasa lelah dan terkadang pingsan akibat darah rendah. Jangan memaksakan diri terlalu keras untuk melakukan tugas berat, serta hindari juga duduk atau berdiri terlalu lama. Pastikan juga istirahat kamu cukup ya.

2. Kendalikan Emosi

Usia muda memang rentan dengan emosi yang meluap-luap dan tidak stabil. Tetap ingat kondisi itu kurang baik bagi janin. Hindari hal-hal yang membuat kamu cemas dan lakukan hal-hal yang membangkitkan semangat dan aura positifmu.

3. Menjaga Aspuan Nutrisi

Gangguan berupa mual dan hilangnya selera makan biasa terjadi saat hamil muda. Walau begitu, tetap pastikan kecukupan asupan nutrisi yang kamu dan bayi butuhkan. Pertumbuhan dan perkembangan janin membutuhkan asupan nutrisi yang cukup.

4. Hindari Kebiasaan Buruk

Mengonsumsi obat-obatan terlarang, merokok, mengonsumsi kafein, dan minum minuman beralkohol adalah beberapa kebiasaan yang harus diubah seorang ibu hamil. Kebiasaan ini bisa membahayakan kehamilan dan menghambat pertumbuhan bayi serta berisiko menyebabkan kecacatan pada bayi.

5. Rutin Memeriksakan Kesehatan dan Kehamilan kepada Bidan dan Dokter

Rutinlah bertemu dokter kandungan atau bidan untuk memeriksa kesehatan kamu dan bayimu. Kedua tenaga medis ini akan membantu dan membimbing kamu menjalani kehamilan yang sehat dan terhindar dari risiko kehamilan yang berbahaya bagi bayi. Seperti gastroschisis dan cacat lainnya.

Bagi para ibu muda, terus belajar dan utamakan kesehatan diri dan bayi selama masa kehamilan, ya. Para dokter di aplikasi Halodoc juga bisa menjadi teman diskusi kamu, lho. Kamu bisa bertanya tentang perawatan kehamilan di usia muda, pengertian gastroschisis, dan cacat pada bayi melalui layanan video/voice call atau chat di aplikasi Halodoc. Di aplikasi Halodoc, kamu juga bisa membeli obat dan vitamin, serta cek lab tanpa harus ke luar rumah. Mudah dan praktis, kan? Yuk, download aplikasinya di App Store dan Google Play.