25 May 2018

Cegah Kutu Air di Musim Hujan

Cegah Kutu Air di Musim Hujan

Halodoc, Jakarta — Kutu air rentan datang di musim penghujan karena sepatu dan kaus kakimu lebih mungkin basah terendam genangan air dibandingkan saat musim panas. Apalagi kalau kamu tinggal atau bekerja di daerah yang rawan banjir. Nah, simak terus artikel ini yuk untuk tips cegah kutu air di musim hujan!

Kutu air berkembang di tempat-tempat yang lembap. Untuk mencegah penyebaran infeksi ini, jagalah kebersihan kamar mandi kamu. Kalau jalan dari rumahmu menuju ke kantor sering banjir, atau banyak lubang (di musim hujan biasanya menjadi genangan air), sebaiknya gunakan sandal jepit saat berangkat dan pulang kantor supaya kakimu tidak tertutup dalam keadaan basah dan lembap. Sebelum memakai kaus kaki dan sepatu di kantor, jangan lupa untuk cuci dan keringkan kakimu dulu, ya.

Bagi kamu yang berolahraga di tempat umum dan menggunakan ruang mandi bersama, biasakan juga memakai sandal jepit untuk menghindari bakteri yang mungkin menempel di lantai.

Jagalah kebersihan kakimu dengan mencucinya menggunakan sabun paling tidak sehari sekali dan pastikan kakimu tetap kering sepanjang hari. Ganti kaus kakimu setiap harinya. Kalau perlu, ganti kaus kakimu setiap kali sudah basah. Kaus kaki dan sepatu adalah tempat yang ideal untuk jamur berkembang karena kelembapan dan kehangatannya.

Kamu juga bisa menggunakan bedak khusus untuk kaki. Kandungan anti jamur di dalamnya dapat memberikan perlindungan lebih untuk kakimu. Selain itu, bedak khusus untuk kaki ini juga bisa mengurangi gesekan antara jari kaki. Sedikitnya jumlah gesekan ini akan menjaga kakimu tetap kering. Jangan lupa untuk mengangin-anginkan sepatumu di tempat terbuka paling tidak 24 jam sebelum kamu menggunakannya lagi. Bahkan bila perlu, kamu juga bisa scrub kakimu dengan scrub khusus untuk kaki beberapa kali dalam seminggu.
Kalau kamu masih mau tahu lebih banyak soal cara cegah kutu air di musim hujan, yuk langsung hubungi dokter di Halodoc! Tanya jawab dengan dokter bisa dilakukan melalui voice/video call atau chat. Melalui aplikasi ini, kamu juga bisa langsung beli obat dan vitamin, lho! Pesananmu akan diantarkan ke tempatmu, jadi kamu tidak perlu ke mana-mana. Begitu pun dengan fitur cek lab di aplikasi Halodoc, Kamu hanya perlu buat janji temu di aplikasi dan petugas lab akan datang ke tempat yang kamu tuliskan sesuai dengan jadwal yang kamu tentukan. Kemudahan ini bisa kamu dapatkan kalau kamu sudah download aplikasinya di Google Play atau App Store.