18 September 2018

Cegah Uban di Usia Muda? Bisa!

mencegah uban, uban, tumbuh uban di usia muda, masalah rambut

Halodoc, Jakarta – Rambut adalah mahkota bagi semua orang. Terkadang rambut juga menjadi faktor penampilan yang cukup utama bagi beberapa orang. Apalagi jika usia kamu masih terbilang muda. Merawat kesehatan rambut juga merupakan hal yang cukup penting untuk menjaga rambut tetap sehat dan menghindari kamu dari masalah rambut. Misalnya, uban.

Meskipun biasanya uban tumbuh pada orang yang sudah lanjut usia, tapi jangan salah, orang dewasa bahkan remaja terkadang sudah memiliki uban. Uban sendiri adalah rambut baru yang muncul dengan warna abu-abu atau putih karena berkurangnya kadar melanin pada rambut. Namun, jangan khawatir jika kamu memiliki uban di usia dewasa atau remaja. Faktor genetik bisa menjadi salah satu faktor yang membuat uban tumbuh di usia yang masih terbilang muda.

Kamu bisa lakukan beberapa cara berikut untuk mencegah tumbuh uban di usia muda:

1. Menjaga Asupan Cairan Tubuh

Menjaga tubuh memenuhi kebutuhan asupan cairan nyatanya sangat penting. Karena asupan tembaga mineral pada manusia bisa didapatkan dari pemenuhan asupan cairan pada tubuh. Minumlah air putih yang cukup untuk memenuhi kebutuhan tubuh. Dengan begitu, kebutuhan asupan tembaga dan mineral juga akan terpenuhi sehingga kamu bisa terhindar dari tumbuhnya uban di usia muda. Setidaknya dalam satu hari, kamu perlu mengonsumsi air putih sebanyak 2 liter untuk menjaga kesehatan metabolisme tubuh kamu. Hindari terlalu banyak mengonsumsi minuman yang mengandung alkohol atau kafein karena itu bisa menjadi salah satu penyebab tumbuhnya uban di usia muda.

2. Menjaga Kebersihan Kulit Kepala

Tidak hanya mencukupi kebutuhan cairan saja, kamu juga perlu menjaga kebersihan kulit kepala agar rambut kamu selalu sehat dan terhindar dari masalah rambut. Riset yang dilakukan oleh beberapa dermatologis dunia, mengatakan bahwa ketombe juga bisa menjadi penyebab tumbuhnya uban di usia kamu yang masih terbilang muda.

3.Mengonsumsi Makanan Sehat

Salah satu cara yang bisa kamu gunakan untuk mencegah tumbuhnya rambut di usia yang masih terbilang muda dengan mengonsumsi makanan yang sehat. Kamu perlu mengonsumsi makanan yang memenuhi asupan nutrisi untuk kesehatan rambut kamu. Kekurangan zat besi nyatanya dapat menjadi penyebab timbulnya uban. Maka tidak ada salahnya jika kamu mengonsumsi makanan yang memiliki kandungan zat besi di dalamnya. Zat besi dapat membantu tubuh untuk memproduksi melanin yang mampu memberi zat warna rambut. Kamu bisa mengonsumsi makanan laut, seperti kepiting atau sayur bayam. Kedua makanan tersebut mengandung zat besi yang tinggi. Tidak hanya zat besi, vitamin B12, vitamin B6 dan vitamin D nyatanya juga bermanfaat untuk mencegah timbulnya uban di rambut kamu. Kamu juga bisa mengonsumsi makanan yang mengandung protein tinggi seperti telur dan ikan untuk mencegah tumbuhnya uban.

4. Jauhi Stres

Tingkat stres yang sangat tinggi nyatanya bisa membuat rambut kamu ditumbuhi uban sejak usia muda. Sebaiknya kurangi tingkat stres dengan meluangkan waktu yang disukai atau liburan. Tidak hanya kesehatan fisik yang perlu dijaga, nyatanya kesehatan psikis kamu juga bisa mempengaruhi penampilan.

Jangan lupa untuk rajin melakukan pengecekan terhadap kesehatan kamu. Jika kamu memiliki keluhan terhadap kesehatan, kamu bisa bertanya pada dokter melalui aplikasi Halodoc. Yuk download aplikasi Halodoc sekarang juga melalui App Store atau Google Play!

Baca juga: