18 June 2018

Cek Gula vs Kolesterol, Mana yang Penting Sebelum Mudik?

mengecek gula dan kolesterol, cek kesehatan sebelum mudik, mudik sehat

Halodoc, Jakarta – Hari Raya Idul Fitri biasanya dijadikan kesempatan untuk kembali ke kampung halaman bagi para perantau. Namun, ada baiknya saat akan melakukan perjalanan mudik yang cukup panjang, kamu memeriksakan kesehatan kamu terlebih dahulu agar kesehatan kamu tetap terjaga saat di kampung halaman. Jadikan momen di kampung halaman menjadi salah satu momen terbaik untuk berkumpul dengan keluarga, bukan malah menghabiskan waktu berbaring di tempat tidur karena sakit.

(Baca juga: 4 Tips Mempertahankan Pola Makan Sehat saat Lebaran)

Tidak ada salahnya cek kesehatan di rumah sakit terdekat atau pos-pos kesehatan sebelum keberangkatan mudik. Mengetahui kondisi kesehatan yang sebenarnya lebih baik daripada kamu harus mengobati penyakit selama berada di kampung halaman. Ada beberapa tes yang sebaiknya kamu jalani, cek gula dan kolesterol beberapa diantaranya. Lalu, mana yang penting untuk diketahui sebelum pergi mudik?

Cek Gula atau Kolesterol Sama Pentingnya

Tidak hanya untuk perjalanan mudik saja, mengetahui kadar gula dan kolesterol dalam tubuh merupakan hal yang penting untuk diketahui sejak dini. Hal ini agar kita bisa melakukan pengobatan-pengobatan lebih cepat jika diketahui kamu memiliki kandungan kadar gula atau kolesterol yang cukup tinggi.

Apalagi jika kamu akan melakukan perjalanan mudik, sebaiknya periksakan kandungan gula atau kolesterol pada tubuh kamu beberapa hari sebelum melakukan perjalanan mudik. Biasanya jika akan melakukan cek kadar gula atau kolesterol, kamu diharuskan melakukan puasa terlebih dahulu agar hasil tes tidak dipengaruhi oleh kandungan dari makanan terakhir, sehingga dapat diinterpretasikan dengan benar oleh dokter.

Dampak Gula Darah dan Kolesterol yang Tinggi untuk Kesehatan

Biasanya saat pulang kampung dan berkumpul dengan keluarga di momen Idul Fitri, banyak sekali makanan yang disajikan oleh keluarga. Makanan yang manis, bersantan, dan berlemak tentu akan menghiasi meja makan selama musim lebaran. Ada baiknya kamu mengetahui kondisi gula darah atau kolesterol sebelum kamu menikmati makanan yang disajikan oleh keluarga.

Jika kamu telah mengetahui kondisi kesehatan kamu, sebaiknya kamu nikmati makanan dengan menyesuaikan kondisi kesehatan kamu. Banyak dampak buruk jika kamu memiliki kadar gula darah atau kolesterol yang berlebih pada tubuh kamu.

  1. Kadar kolesterol yang cukup tinggi nyatanya dapat membuat kamu memiliki penyakit jantung. Selain itu, nyeri pada bagian dada juga akan dirasakan jika kamu memiliki kelebihan kadar kolesterol. Penderita kolesterol yang cukup tinggi juga berpotensi untuk memiliki penyakit hipertensi atau darah tinggi.
  2. Kadar gula darah yang terlalu tinggi bisa memberikan dampak buruk, baik secara jangka pendek maupun jangka panjang. Pada saat berkumpul bersama keluarga di momen lebaran, sebaiknya kamu harus menjaga kadar gula agar tetap normal. Jika kamu kelebihan kadar gula pada tubuh kamu, banyak dampak yang akan kamu rasakan. Beberapa di antaranya adalah cepat merasa lelah, perasaan mudah gelisah, sering buang air kecil, dan juga sakit kepala.

(Baca juga: Masak Masakan Sehat saat Lebaran, Bisa!)

Ya, merencanakan hari kemenangan dengan berkumpul bersama keluarga boleh saja. Asal tetap jaga kesehatan dan jangan lupa untuk tetap cek kesehatan kamu untuk mengetahui kondisi kesehatan kamu sejak dini. Kamu juga bisa tanya pada dokter melalui aplikasi Halodoc jika kamu memiliki keluhan mengenai kesehatan kamu saat kamu sedang perjalanan mudik. Yuk, download aplikasi Halodoc melalui App Store atau Google Play sekarang juga!