02 June 2017

Cermat Ketahui 11 Gejala Demam Berdarah

Cermat Ketahui 11 Gejala Demam Berdarah

Halodoc, JakartaDemam berdarah merupakan penyakit infeksi virus dengue yang disebabkan karena gigitan nyamuk Aedes Aegypti. Perlu diketahui jika Demam Berdarah Dengue (DBD) biasanya terjadi di negara-negara subtropis dan tropis. Demam berdarah menjadi salah satu penyakit yang menyebabkan hilangnya nyawa anak di beberapa negara Asia, salah satunya adalah Indonesia. Maka dari itu, jangan anggap remeh demam pada anak, karena DBD bisa merenggut nyawa seseorang dalam hitungan hari.

Gejala Demam Berdarah Pada Anak
Biasanya anak yang mengalami kasus ringan demam berdarah tidak merasakan gejala apapun. Tapi pada kasus yang lebih berat, anak bisa mengalami gejala demam berdarah. 11 Gejalanya tersebut biasanya berupa:

  1. Demam tinggi 3 hari yang kemudian turun seperti normal pada hari ke 4 - 6
  2. Nyeri pada tulang, otot, dan sendi
  3. Nyeri perut
  4. Nyeri di bagian belakang mata
  5. Mual dan muntah, disertai nyeri ulu hati, dan berkurangnya nafsu makan
  6. Terdapat ruam
  7. Lemas
  8. Sakit kepala
  9. Pembesaran hati dan limpa
  10. Bisa ditemukan juga nyeri tenggorok dan diare
  11. Munculnya bintik-bintik merah di kulit (bintik merah yang tidak hilang dengan penekanan)


Cara Pengobatan Demam Berdarah
Seseorang dinyatakan positif terkena demam berdarah dilihat dari adanya gejala di atas yang disertai pemeriksaan penunjang seperti trombosit yang kurang dari 100.000 atau pemeriksaan IgG dan IgM anti demam berdarah yang positif. Pada demam berdarah penurunan trombosit mulai terjadi pada hari ke 3 sampai hari ke 7 demam.

Biasanya gejala demam berdarah di atas akan sembuh dalam waktu kurang lebih sepekan. Bila demam sudah berlangsung lebih dari 3 hari, diskusikan dengan dokter untuk sebaiknya diperiksa lebih lanjut agar bisa mendapat penanganan yang cepat dan tepat. Penanganan terhadap penyakit demam berdarah tentu harus disesuaikan dengan penyebabnya. Kamu bisa melakukan langkah kecil untuk membantu mengatasi demam berdarah pada anak dengan banyak mengonsumsi minum air putih, kompres hangat secara berkala, istirahat dan beri asupan makanan bergizi serta gunakan parasetamol per 6-8 jam untuk menurunkan demam anak.  Bila langkah pengobatan ini dilakukan, maka gejala demam berdarah akan menunjukkan tanda-tanda membaik dalam durasi waktu 2-5 hari.

Tidak ada yang tahu kapan datangnya penyakit. Bila anak kamu mengalami gejala demam berdarah seperti yang disebutkan di atas. Bicarakan gejalanya dengan dokter anak yang ada di Halodoc melalui menu Contact Doctor atau Hubungi Dokter dan kamu bisa memilih beberapa cara yakni Chat, Video Call, atau Voice Call di aplikasi dokter Halodoc.

Halodoc pun juga menyediakan layanan Pharmacy Delivery atau Apotik Antar yaitu layanan untuk membeli obat dan vitamin yang memungkinkan kamu memesan kebutuhan obat-obatan lewat smartphone dan bisa langsung diantarkan dalam waktu kurang dari satu jam. Pembayarannya pun boleh cash on delivery (COD). Di aplikasinya Halodoc pun juga memberikan tips kesehatan yang menarik dan pastinya sangat bermanfaat. Aplikasi Halodoc bisa diunduh di di App Store dan Google Play.