13 March 2018

Coba Eat Clean, Ini 5 Makanan yang Perlu Dicoba

Coba Eat Clean, Ini 5 Makanan yang Perlu Dicoba

Halodoc, Jakarta – Eat clean bukan hanya soal diet tetapi bagaimana memilih jenis makanan yang sehat untuk kamu makan setiap harinya. Sayur-sayuran, buah, biji-bijian dan lemak sehat adalah jenis makanan yang dipilih dan menghindari konsumi makanan olahan. Tujuan dari eat clean tidak hanya mendapatkan tubuh sehat tetapi jiwa yang sehat.

Para penganut eat clean mempercayai konsep you are what you eat. Makanan yang sehat tidak hanya memberi manfaat pada tubuh yang sehat saja tetapi juga kualitas hidup yang lebih baik. Buat kamu yang ingin mencoba eat clean, berikut tips clean eating yang gampang untuk kamu tiru!

  1. Makan 5-6 Kali Sehari

Terdengar menyenangkan? Konsep makan 5-6 kali ini maksudnya tiga kali makan besar sedangkan sisanya camilan kecil. Protein tanpa lemak, buah, sayuran dan sedikit karbohidrat supaya tubuh tetap berenergi dan membakar kalori secara efisien.

  1. Memilih Bahan Makanan Organik

Bahan makanan organik mengandung sedikit bahan kimia sehingga dengan mengonsumsi makanan organik bisa meminimalisir paparan bahan kimia ke dalam tubuh. Segar, tahan lama dan tidak memberikan dampak buruk kepada lingkungan sekitar.

  1. Minum Dua Liter Air Perhari

Minum air putih termasuk tips clean eating yang perlu dilakukan. Hindari minum bersoda, kurangi kopi, teh serta minuman berperasa.

  1. Mengonsumsi Makanan Segar

Biasakan mengonsumsi makanan segar, apakah itu sayur ataupun ikan. Dalam kondisi segar kamu akan mendapatkan manfaat nutrisi dan vitamin yang lebih ekstra.

  1. Nutrisi Bukan Kalori

Stop memikirkan pentingnya kalori yang masuk ke tubuh tetapi penekanan diganti dengan kandungan nutrisi pada setiap makanan.

  1. Porsi Makan

Jangan makan terlalu banyak, jangan makan terlalu sedikit juga. Perhatikan porsi makan untuk mendapatkan kebutuhan nutrisi yang tepat untuk tubuh.

Punya pertanyaan mengenai porsi makanan ideal setiap hari dan nutrisi? Bisa didiskusikan langsung dengan dokter-dokter yang ada di Halodoc. Cukup download aplikasi Halodoc lewat Google Play atau App Store. Melalui fitur Contact Doctor kamu bisa memilih mengobrol lewat Video/Voice Call atau Chat.

Supaya kamu tidak bingung, berikut adalah 5 makanan yang perlu dicoba untuk kamu yang menjalani clean eating, yaitu:

  1. Nasi Merah

Selain memberikan energi, beras merah kaya nutrisi sehingga disarankan buat kamu yang sedang clean eating ataupun diet. Beberapa manfaatnya adalah mengandung minyak alami, serat, Vitamin B1, B6 dan Vitamin A. Protein yang terkandung dalam beras merah juga lebih tinggi ketimbang pada beras putih.

  1. Jus

Mengawali hari dengan jus adalah tips clean eating yang tidak boleh kamu terapkan. Selain sehat dan kaya serat, minum jus buah murni setiap pagi adalah awalan yang baik untuk pencernaan, imun tubuh dan penyerapan nutrisi lebih maksimal sebelum mengonsumsi makanan lainnya. (Baca juga Waspadai Buah Juga Bisa Bikin Gemuk)

  1. Roti Gandum

Roti gandum adalah jenis roti yang disarankan untuk kamu yang menerapkan clean eating. Lebih sehat, rendah kalori dan kaya serat. Rasanya juga lebih berserat ketimbang roti tepung biasa.

  1. Tahu Panggang

Salah satu tips clean eating lainnya adalah meminimalisir penggunaan minyak dan makanan yang diproses lama. Salah satu jenis makanan lain yang bisa masuk ke dalam daftar makanan yang memenuhi kriteria clean eating adalah tahu. Kamu bisa memanggangnya atau mengoseng-osengnya dengan sedikit minyak wijen. Jangan lupa tambahkan geprukan bawang putih untuk rasa yang lebih gurih.

  1. Edamame

Kacang edamame mengandung asam amino, serat, karbohidrat, Vitamin K, Vitamin E, Vitamin B, Vitamin C dan dapat melindungi jantung serta baik untuk meningkatkan daya ingat. Kacang edamame bisa kamu jadikan camilan sore ataupun pengganti sarapan pagi.