25 May 2018

Cukup Tidur Tanpa Terganggu Zona Waktu

Cukup Tidur Tanpa Terganggu Zona Waktu

Halodoc, Jakarta — Perjalanan ke daerah atau negara dengan perbedaan waktu yang cukup besar akan memengaruhi tidur. Katakanlah saat kamu harus berpindah ke benua Eropa karena alasan pekerjaan. Tubuh harus menyesuaikan diri lagi dengan perubahan pola tidur yang baru dan ini biasanya cukup sulit dilakukan, sebab tubuh sudah memiliki jam internalnya sendiri. Selama pergeseran waktu tersebut, kamu dapat mengambil langkah-langkah yang membantu menghindari gangguan tidur dan mendapatkan waktu tidur yang sehat.

- Sesuaikan jam internal tubuh kamu secara bertahap. Saat akan melakukan perjalanan, sesuaikan waktu tidur dan bangun sedikit demi sedikit, sehingga tubuh dapat bertransisi secara bertahap. Pergeseran waktu tidur dan bangun bisa kamu lakukan dalam waktu 15 sampai 30 menit.

- Saat akan bepergian ke zona waktu yang berbeda, tibalah di tujuan lebih awal agar dapat menyesuaikan diri dan bersiap untuk tidur malam yang nyenyak.

- Berjemur atau berjalan di bawah sinar matahari. Sinar matahari memengaruhi irama tubuh dan memengaruhi kualitas tidur. Cobalah untuk menyesuaikan dengan arah kamu berpergian. Cahaya pagi biasanya dapat membantu kamu menyesuaikan diri dengan zona waktu yang lebih cepat dan cahaya sore membantu kamu beradaptasi dengan zona waktu yang lebih lambat.

- Gunakan essential oil. Penggunaan essential oil membantu mengurangi perasaan cemas dan menghasilkan rasa tenang. Aroma terapi seperti lavender, melati, chamomile, bergamot, mawar, cendana, kenanga, dan vanila dapat membuat kamu lebih rileks. Tuangkan beberapa tetes ke atas tisu atau kapas, lalu masukkan ke dalam sarung bantal. Ini akan membantu kamu untuk relaksasi dan berisitirahat.

Jika kamu ingin mengetahui lebih banyak tentang cara mengatasi gangguan tidur dan waktu tidur yang sehat, kamu bisa bertanya kepada dokter di aplikasi Halodoc melalui layanan video/voice call atau chat. Selain berdiskusi dengan dokter, di aplikasi Halodoc, kamu bisa membeli vitamin dan suplemen serta cek lab tanpa harus keluar rumah. Yuk, download aplikasi Halodoc di App Store dan Google Play sekarang.