02 January 2018

Cuma Butuh 20 Menit untuk Sehat Saat Liburan

Cuma Butuh 20 Menit untuk Sehat Saat Liburan

Halodoc, Jakarta – Waktu liburan sangat dinantikan untuk melepas lelah dan penat setelah lama bekerja. Tidak jarang waktu liburan dimanfaatkan untuk mengunjungi destinasi-destinasi yang belum pernah didatangi. Jadi, sangat penting untuk merencanakan liburan secara “matang” agar tak salah tempat dan membawa barang bawaan.

Lalu kegiatan berlibur apa sih yang biasa dilakukan? Masing-masing orang tentu punya cara sendiri menikmati liburan sesuai dengan destinasi wisata yang dituju. Jika berkunjung ke tempat tropis dan lembab, tentu bisa jadi aktivitas di luar ruangan dan air yang menjadi pilihan. Namun jika berkunjung ke destinasi wisata yang dingin tentu waktu liburan akan dihabiskan untuk menikmati keindahan kota saat tertutup salju.

Satu yang pasti dilakukan saat berlibur terlepas dimana pun tempat tujuannya, wisata kuliner pasti tidak akan terlupakan. Bisa jadi kamu jadi “liar” melahap segala jenis makanan saat berkunjung ke tempat tertentu. Liburan tanpa kuliner itu bisa dibilang “rugi” lantaran, keindahan destinasi wisata pastilah takkan lengkap tanpa mencicipi citarasa makanan di tempat asalnya.

Nah sayangnya, saat liburan orang tanpa sadar mengabaikan kesehatannya sendiri. Karena asyik wisata kuliner, kamu jadi lupa diri enggak memerhatikan kondisi tubuh. Misalnya, berat badan jadi tiba-tiba naik, kadar gula dan kolesterol dalam darah naik, dehidrasi karena kurang cairan dan lain sebagainya.

Agar kesehatan tetap terjaga selama liburan, maka sebaiknya kamu menjaga kondisi badan dengan tetap berolahraga secara rutin. Luangkan waktu untuk berolahraga meski jadwal jalan-jalan padat. Kamu bisa memanfaatkan fasilitas olahraga di hotel atau memperbanyak jalan kaki setiap pagi di sekitar penginapan.

Kamu hanya butuh 20 menit saja untuk tetap sehat saat liburan, dilansir dari Telepgraph berikut ini adalah cara agar kamu tetap sehat:

1. Olahraga di Pagi Hari

Kamu pasti sudah punya jadwal liburan sendiri saat liburan, nah dari segudang jadwal liburan ini jangan lupa untuk menyisipkan waktu berolahraga. Agar enggak mengganggu waktu liburan kamu, sebaiknya pilih waktu berolahraga pada pagi sebelum atau malam sesudah beraktivitas. Kalau tidak memungkinkan keluar hotel, kamu bisa melakukan gerakan pemanasan ringan di kamar, kok.

2. Gunakan Alat

Kamu cukup bangun 20 menit lebih awal agar bisa berolahraga agar tubuh tetap bugar. Kamu  bisa membawa skipping yang praktis agar bisa membantu kamu melakukan lompat tali. Karena ukurannya kecil, otomatis ringan dan lebih mudah digunakan, kan? Lakukan skipping di pagi hari atau sebelum tidur sebanyak minimal 100 lompatan.

3. Jogging Ringan

Meski kamar hotel kamu tidak terlalu besar, kamu bisa melakukan jogging berkeliling ruangan selama beberapa menit sebelum mandi dan memulai aktivitas. Ini akan membantu tubuh jadi lebih fit dan kamu juga jadi enggak kehilangan waktu berharga untuk berolahraga.

4. Banyak Jalan Kaki

Misalnya dalam satu hari kamu akan disibukkan berkeliling saat liburan, sebaiknya luangkan waktu untuk lebih banyak jalan kaki. Jangan melulu naik kendaraan tapi coba nikmati waktu mengagumi keindahan tempat wisata yang kamu datangi. Abadikan momen dengan kamera sambil berjalan kaki menikmati keindahan kota atau tempat sekitar. Jadi meski nanti kamu akan “banyak” makan, kondisi kesehatan kamu enggak akan terganggu.

 

Selama liburan, sedia selalu aplikasi Halodoc di smartphone kamu. Dengan Halodoc kamu jadi bisa bicara langsung dengan dokter melalui Video/Voice Call dan Chat. Jadi kalau kondisi kesehatan kamu terganggu, kamu tetap bisa menghubungi dokter kapan saja, dimana saja saat liburan. Selain itu, kamu juga bisa membeli vitamin dan suplemen yang dibutuhkan dan pesanan akan diantar dalam satu jam, lho. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang di App Store dan Google Play.