05 October 2017

Dampak Merokok Buat Tak Panjang Umur? Ini Buktinya!

Dampak Merokok Buat Tak Panjang Umur, Ini Buktinya!

Halodoc, Jakarta – Dampak merokok bagi kesehatan sering kali disepelekan. Ada yang menganggap “Aku merokok tapi sehat-sehat saja, jadi tidak masalah.”, padahal efek sampingnya justru bersifat jangka panjang. Pada kenyataannya, dampak merokok memang berpotensi memunculkan penyakit berbahaya seperti berbagai jenis kanker, serangan jantung, hingga impotensi. Bahkan sempat ada survey yang membuktikan bahwa sekitar 20% lebih hilangnya nyawa akibat jantung terkait langsung dengan kebiasaan merokok. Lalu apa yang sebenarnya membuat rokok sangat berbahaya?

Lebih dari 4000 bahan kimia terdapat di dalam satu batang rokok. Ratusan di antaranya zat beracun, dan sekitar 70 bahan dapat mengakibatkan kanker. Bahan-bahan berbahaya yang terdapat dalam sebatang rokok antara lain:

  • Karbon Monoksida

Zat yang biasa ditemukan pada asap knalpot mobil ini bisa mengikat hemoglobin dalam darah secara permanen, sehingga menghalangi penyediaan oksigen ke tubuh. Kondisi semacam ini akan membuat kamu cepat lelah.

  • Tar

Ketika menghisap rokok, seseorang berarti telah mengendapkan senyawa tar dalam paru-parunya. Bayangkan jika paru-paru-parumu penuh dengan kandungan berbahaya tersebut? Kinerja paru-paru otomatis akan terganggu.

  • Nikotin

Nikotin, adalah zat adiktif yang memengaruhi saraf serta peredaran darah. Zat ini bersifat karsinogen, dan mampu memicu kanker paru-paru. Karena sifatnya yang adiktif, maka tak heran banyak orang yang akhirnya kecanduan hingga sulit berhenti merokok.

  • Gas Oksidan

Keberadaan gas oksidan dalam tubuh karena merokok juga mempercepat datangnya risiko stroke dan serangan jantung akibat penggumpalan darah .

  • Benzene

Zat yang sering ditambahkan pada bahan bakar minyak ini sangat berpotensi memberikan dampak negatif pada sel di tingkat genetik. Zat benzene sering dikaitkan dengan penyebab kanker seperti kanker ginjal dan bahkan leukemia.

Tidak untuk menakut-nakuti, namun dampak merokok  sangat merugikan bagi kesehatan perokok sendiri.  Berbagai macam penyakit berbahaya bisa membahayakan nyawa kamu. Berikut 4 dampak merokok tersebut yang meliputi :

1.  Serangan Jantung
Beberapa penelitian di Amerika menemukan bahwa resiko penyakit jantung pada seorang perokok meningkat hingga empat kali lebih tinggi dibandingkan jika kamu tidak merokok. Sekalipun sudah mengonsumsi makanan sehat pun, tidak akan memberi pengaruh baik terhadap jantung jika seseorang tetap merokok.

2.  Kerusakan Paru-Paru
Dampak merokok bagi kesehatan yang lain juga sangat mempengaruhi paru-paru. Seperti yang kita ketahui, paru-paru adalah organ yang berkaitan dengan aktivitas merokok seseorang. Masuknya zat-zat berbahaya di dalam rokok akan memilki dampak yang sangat berbahaya pula pada paru-paru. Akibatnya, rusaklah sistem aliran udara di dalam paru-paru dan dalam beberapa kasus, kantung-kantung udara bisa terbentuk di dalam paru-paru seorang perokok.

3.  Impotensi
Merokok dapat memicu terjadinya penyempitan pembuluh darah pada sistem vaskular yang mengarah kepenyumbatan arteri, sehingga alat vital pria pun tidak mendapat darah yang cukup karena tersumbat dan akibatnya adalah penis tidak bisa ereksi.

4.  Kanker Serviks
Para wanita harus waspada, sebab dampak merokok bagi kesehatan juga memiliki keterkaitan erat dengan munculnya penyakit kanker serviks. Rokok memiliki kandungan seperti nikotin, tar, arsenik, dan lain sebagainya, yang mana jika dihisap, maka gas setiap udara yang terhirup dapat merusak sel sehat di dalam tubuh. Saat sel-sel pada leher rahim mulai mengalami pengikisan, di situlah gejala kanker serviks mulai timbul.


Jadi, slogan yang dibuat pemerintah di setiap iklan dan bungkus belakang rokok berbunyi “Merokok dapat menyebabkan serangan jantung, impotensi, dan gangguan kehamilan dan janin” sesungguhnya bukan tanpa alasan. Mau tahu tips termudah untuk ‘putus hubungan’ dengan rokok? Lakukan tanya-jawab langsung dengan dokter lewat aplikasi Halodoc! Apapun pertanyaanmu yang berkaitan dengan kesehatan, pasti terjawab selama 24/7. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang melalui Google Play dan App Store di smartphone kamu!

BACA JUGA: Kenali 7 Bahaya Merokok yang Merusak Tubuh