25 May 2018

Dampak Psikologis dari Kecanduan Olahraga

Dampak Psikologis dari Kecanduan Olahraga

Halodoc, Jakarta — Tahu enggak sih, salah satu akibat olahraga berlebihan adalah kecanduan olahraga, lho! Sama seperti kecanduan lainnya, kecanduan olahraga ini juga diindikasikan dengan perbuatan atau kebiasaan yang diulang terus menerus sampai ke tahap yang dianggap sebagai perbuatan atau kebiasaan yang bisa menyakiti diri sendiri. Dalam hal olahraga, para pecandu menyakiti diri mereka sendiri secara fisik dan juga psikologis. Seperti apa sih dampak psikologis dari kecanduan olahraga ini? Yuk, baca terus!

Para pecandu olahraga biasanya sulit menahan diri untuk berhenti olahraga, meski dalam situasi yang tidak mendukung sekalipun. Seorang profesor dari Universitas Hawaii yang juga seorang psikiatris, Alayna Yates, M.D., mengatakan, “Saya tahu beberapa orang yang tetap berlari di tengah badai. Bahkan, ada satu pasienku yang tetap berolahraga saat istrinya melahirkan.”

Dokter Yates juga mengungkapkan bahwa dia telah melihat sekitar 100 orang yang menurutnya kecanduan olahraga lari. Mereka biasanya selalu memberikan performa yang luar biasa. Mereka mendorong diri mereka sampai bisa memberikan yang terbaik dalam hal olahraga. Makanan yang mereka konsumsi juga biasanya terbatas; hanya satu menu yang sama untuk dimakan di setiap jam makan, hanya jenis makanan tertentu yang tidak melebihi jumlah batasan kalori. Fokus yang mereka berikan terhadap olahraga ini terlalu serius dan akhirnya mengganggu kehidupan mereka.

Karena hampir seluruh waktu mereka dihabiskan untuk olahraga, waktu untuk bersosialisasi jadi berkurang. Dokter Yates bahkan juga menambahkan bahwa perceraian sering terjadi karena kecanduan olahraga ini. Enggak mau kan sampai olahraga mengganggu hari-hari normalmu? Pastikan kamu berolahraga secukupnya dan berikan waktu untuk tubuhmu beristirahat. Di waktu istirahat ini, kamu bisa hangout dengan sahabat atau keluarga.

Jika kamu mau tahu apa rutinitas olahragamu masih termasuk normal atau sudah mendekati batas kecanduan, kamu bisa diskusikan dengan dokter. Kalau ternyata kamu sudah terlalu banyak olahraga, tanyakan pada dokter cara mengatasinya, supaya kamu tidak perlu mengalami akibat olahraga berlebihan yang negatif. Download aplikasi Halodoc untuk sesi tanya jawab dengan dokter di mana pun kamu berada. Melalui aplikasi Halodoc, kamu juga bisa beli obat atau vitamin online dan cek lab, lho! Yuk, segera mampir ke App Store atau Google Play untuk download aplikasi Halodoc!