Dukung Asian Games, Ini Manfaat Bulu Tangkis untuk Kesehatan

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
 asian games, bulu tangkis, asian games 2018, badminton

Halodoc, Jakarta - Selain sepak bola, bulu tangkis menjadi cabang olahraga permainan lain yang paling dinanti oleh masyarakat Indonesia pada ajang Asian Games 2018 ini. Olahraga permainan ini memang sangat digemari. Selain karena atribut permainannya yang terbilang murah, bulu tangkis bisa dimainkan di mana saja, tidak harus di lapangan, asalkan tempatnya cukup luas, tanpa penghalang pohon, dan tidak mengganggu kenyamanan masyarakat lainnya.

Meski tak banyak bergerak laiknya sepak bola, ternyata olahraga bulu tangkis juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh kamu. Berikut beberapa di antaranya:

1. Menguatkan Sendi dan Otot Tubuh

Kamu mungkin mengira bahwa olahraga satu ini tidak akan mengeluarkan banyak keringat karena gerakannya yang terbatas. Padahal, ketika bermain bulu tangkis, kamu menggerakkan hampir seluruh anggota tubuh kamu, baik ketika berlari mengejar bola maupun melompat untuk melakukan pukulan cepat atau smash.

Ketika berlari dan melompat, otot dan sendi anggota gerak bawah tubuh, seperti kaki, betis, pantat, paha, dan pinggul akan bekerja dan mendapatkan beban yang lebih banyak. Sementara itu, ketika memukul, kamu memberikan beban pada punggung dan otot lengan bagian atas. Kekuatan dan fleksibilitas otot ini akan membantu menghindarkan tubuh dari risiko cedera.

2. Efektif untuk Menurunkan Berat Badan

Bulu tangkis menjadi salah satu olahraga permainan yang baik untuk kesehatan jantung sekaligus menurunkan berat badan. Jantung yang sehat akan mampu bekerja optimal untuk memompa sekaligus mengalirkan darah yang kaya oksigen lebih banyak. Pada akhirnya, tubuh pun akan senantiasa sehat dan bugar.

Baca juga: Dipertandingkan di Asian Games, Golf Ternyata Bisa Hilangkan Stres

Tidak hanya itu, semua gerakan yang kamu lakukan ketika bermain bulu tangkis bisa membantu kamu mendapatkan berat badan ideal. Bahkan kalori yang terbakar akan jauh lebih banyak dibandingkan dengan ketika kamu berlari atau menyelam, kira-kira sebesar 450 kalori setiap jamnya. Tidak hanya anak-anak, para lansia pun bisa merasakan manfaat olahraga satu ini.

3. Efektif untuk Menghilangkan Stres

Tidak hanya sehat secara fisik, olahraga bulu tangkis yang juga ada di ajang Asian Games ini baik untuk kesehatan mental kamu. Saat berolahraga, otak akan melepaskan sejumlah hormon yang membuat kamu menjadi lebih bahagia, seperti dopamin, triptofan, serotonin, dan endorfin yang akan meleburkan hormon pemicu stres, yaitu epineprin dan kortisol. Jadi, rutinlah bermain bulu tangkis supaya kamu tidak mudah stres atau depresi.

4. Meningkatkan Imunitas Tubuh

Siapa sangka, ternyata bulu tangkis juga membantu meningkatkan imunitas tubuh, sehingga kamu pun tidak mudah terserang penyakit yang termasuk berbahaya, seperti diabetes, obesitas, dan tekanan darah tinggi. Tidak hanya itu, olahraga satu ini juga mencegah kamu terserang penyakit jantung koroner dengan meningkatkan kadar kolesterol baik, dan menurunkan kadar trigliserida.

5. Meningkatkan Kinerja Otak

Selama kamu bergerak, jantung akan banyak memompa darah dan mengalirkannya menuju otak. Hal ini dapat membantu peningkatan massa otak sekaligus kinerja sistem saraf. Studi menunjukkan bahwa kemampuan nalar seseorang akan mengalami peningkatan bagi mereka yang melakukan olahraga kardio setiap hari selama 30 menit, seperti misalnya bermain bulu tangkis. Selain itu, berlatih kardio juga membantu menurunkan risiko penyakit demensia pada lansia.

Baca juga: Uji Adrenalin Sambil Olahraga, Jet Ski Bisa Jadi Pilihan

Itu tadi beberapa manfaat bulu tangkis untuk kesehatan yang perlu kamu ketahui. Kamu tidak perlu menunggu momen Asian Games untuk mulai main bulu tangkis. Kapan saja tubuh kamu sehat, segeralah mulai berlatih. Jangan lupa konsumsi vitamin, ya. Supaya tidak harus pergi keluar rumah, pakai saja layanan Apotek Antar dari Halodoc. Yuk, download aplikasi Halodoc di ponsel kamu!