• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Efek setelah Vaksinasi COVID-19 pada Pengidap Diabetes

Efek setelah Vaksinasi COVID-19 pada Pengidap Diabetes

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
Efek setelah Vaksinasi COVID-19 pada Pengidap Diabetes

“Diabetes adalah salah satu dari banyak penyakit, yang menempatkan seseorang pada risiko gejala berat atau komplikasi serius bila terinfeksi COVID-19. Salah satu perlindungan yang dapat dilakukan adalah menjalani vaksinasi COVID-19. Meski banyak pengidap diabetes yang ragu, vaksin COVID-19 telah terbukti aman.”

Halodoc, Jakarta – Pengidap penyakit kronis seperti diabetes mungkin ragu menjalani vaksinasi COVID-19. Apakah vaksin tersebut aman, apakah akan ada efek samping berat setelahnya, akankah menyebabkan lonjakan kadar gula darah, merupakan beberapa pertanyaan yang sering muncul dalam benak. 

Namun, penting untuk diingat bahwa pengidap penyakit kronis seperti diabetes, dapat berisiko mengalami gejala berat dan komplikasi serius bila terinfeksi COVID-19. Menimbang manfaatnya, tentu lebih baik bila pengidap diabetes menjalani vaksinasi sesegera mungkin. 

Baca juga: Perbedaan Gejala COVID-19 Sesudah dan Sebelum di Vaksin

Pentingnya Vaksinasi COVID-19 bagi Pengidap Diabetes

Penting bagi orang dengan diabetes tipe 1 atau tipe 2 untuk menerima  vaksinasi COVID-19. Hal ini karena mereka berisiko lebih tinggi terkena penyakit parah dan kematian akibat virus corona baru, seperti yang dicatat oleh Centers for Disease Control and Prevention (CDC). 

Robert Gabbay, MD., Ph.D., kepala ilmu pengetahuan dan petugas medis untuk American Diabetes Association (ADA) di Arlington, Virginia, mengungkapkan bahwa yang paling penting adalah orang dengan diabetes mendapatkan vaksinasi segera setelah tersedia untuk mereka. 

Hal ini menimbang adanya risiko gejala berat dan komplikasi serius ketika pengidap diabetes terinfeksi COVID-19. Di awal pandemi, sebuah studi dari CDC, yang diterbitkan di Morbidity and Mortality Weekly Report, menemukan bahwa sekitar setengah dari orang yang meninggal karena COVID-19 di bawah usia 65 tahun mengidap diabetes. 

Efek perlindungan dari vaksinasi COVID-19 penting bagi pengidap diabetes yang berisiko tinggi terkena infeksi parah dan mematikan dari COVID-19, kata Gregory Justin Gregory, MD., asisten profesor pediatri di Rumah Sakit Anak Vanderbilt di Nashville, Tennessee. 

Studi yang diterbitkan pada Desember 2020 di jurnal Diabetes Care  menunjukkan bahwa orang dengan diabetes tipe 1 atau tipe 2, memiliki risiko 3 kali lebih mungkin dirawat di rumah sakit atau mengalami penyakit COVID-19 yang parah dibandingkan dengan orang tanpa diabetes. 

Baca juga: Ketentuan Vaksin Dosis Kedua Setelah Positif COVID-19

Jarang Ada Efek Samping Serius setelah Divaksin

Vaksinasi COVID-19 adalah salah satu cara terbaik untuk melindungi pengidap diabetes dari infeksi virus corona. CDC menyatakan bahwa vaksin COVID-19 direkomendasikan dan aman bagi kebanyakan pengidap diabetes, atau yang memiliki penyakit kronis lainnya.

Berbagai jenis vaksin yang kini digunakan pun semuanya aman, karena telah melalui uji klinis dan penelitian untuk memastikan keamanannya. Dibanding risiko gejala berat dan komplikasi bila terinfeksi COVID-19, efek samping ringan yang muncul setelah vaksinasi tentu bukan hal besar. 

Efek samping paling umum yang sering dialami pengidap diabetes setelah vaksinasi COVID-19 tak jauh berbeda dengan kebanyakan orang, seperti:

  • Nyeri, bengkak, dan kemerahan di area kulit yang disuntik.
  • Kelelahan.
  • Sakit kepala.
  • Kedinginan/meriang.

Sebagian besar efek samping tersebut ringan, tetapi beberapa orang bisa saja mengalami reaksi yang lebih parah yang mengganggu aktivitas sehari-hari. Kamu bisa bicarakan keluhan setelah vaksinasi COVID-19 dengan dokter di aplikasi Halodoc, kapan dan di mana saja.

Itulah sedikit pembahasan mengenai vaksinasi COVID-19 pada pengidap diabetes. Jangan takut akan risiko efek samping vaksin, terlebih bila memiliki penyakit kronis seperti diabetes. Bila kamu atau orang terdekat mengidap penyakit ini, diskusikan dengan dokter tentang waktu yang tepat untuk menjalani vaksinasi.

Referensi:
WHO. Diakses pada 2021. Diabetes & COVID-19.
CDC. Diakses pada 2021. Possible Side Effects After Getting a COVID-19 Vaccine.
CDC – Morbidity and Mortality Weekly Report. Diakses pada 2021. Characteristics of Persons Who Died with COVID-19 — United States, February 12–May 18, 2020.
Diabetes Care. Diakses pada 2021. COVID-19 Severity Is Tripled in the Diabetes Community: A Prospective Analysis of the Pandemic’s Impact in Type 1 and Type 2 Diabetes.
Everyday Health. Diakses pada 2021. 8 Things People With Diabetes Must Know About the COVID-19 Vaccines.