16 July 2018

Enggak Cuma Wanita, Ini 4 Cara Meningkatkan Kesuburan Pria

cara meningkatkan kesuburan pria

Halodoc, Jakarta – Merencanakan kehamilan bagi pasangan suami istri yang baru menikah sebetulnya tidak hanya dipengaruhi oleh kondisi kesuburan dan kesehatan organ reproduksi wanita saja. Kondisi kesehatan dan kesuburan pria juga merupakan hal yang penting. Sebab, seperti yang telah kita ketahui bersama bahwa kehamilan hanya akan terjadi saat sel sperma bertemu dengan sel telur wanita.

Agar kehamilan dapat terjadi, sebetulnya hanya dibutuhkan satu sel sperma dan satu sel telur saja yang dibutuhkan. Oleh sebab itu, jumlah dan kualitas sperma menjadi hal yang cukup penting. Sperma yang banyak dalam semen atau air mani akan memperbesar kemungkinan sepasang suami istri untuk cepat mendapatkan keturunan.

Di dalam air mani yang sehat, terdapat sekitar 40 juta hingga 300 juta sel sperma per mililiter. Menurut penelitian, dua puluh juta sel sperma per milimeter pun sudah cukup untuk kehamilan. Namun, sperma juga harus dalam kondisi sehat, sehingga salah satu selnya mampu menembus dinding sel telur.

Nah, berikut ini cara meningkatkan kesuburan pria yang dapat kamu lakukan agar peluang memperoleh keturunan semakin besar:

  1. Olahraga Rutin

Sperma yang sehat akan tercipta apabila kamu rajin melakukan olahraga. Salah satu penelitian juga mengungkapkan bahwa olahraga yang cukup ampuh di antara jenis olahraga lain dalam meningkatkan kualitas sperma adalah olahraga angkat besi. Kamu dapat mempertimbangkan olahraga ini agar masuk ke dalam olahraga yang harus kamu lakukan, atau kamu dapat bergabung menjadi anggota di pusat kebugaran untuk dapat melakukan olahraga angkat beban ini secara rutin.

Baca juga: Wah, Makanan Ini Bisa Meningkatkan Kualitas Sperma Pria

  1. Menurunkan dan Menjaga Berat Badan

Apabila kamu adalah orang yang memiliki berat badan berlebih, sebaiknya kamu mulai melakukan diet dan olahraga rutin untuk mendapatkan berat badan ideal. Penelitian mengatakan bahwa penurunan berat badan yang signifikan akan mampu meningkatkan volume, konsentrasi dan mobilitas, serta kesehatan sel sperma. Kamu dapat meminta saran ahli gizi dan instruktur olahraga mengenai kiat yang tepat untuk menurunkan berat badan.

  1.  Jauhi Rokok dan Alkohol dan Obat-Obatan

Gaya hidup tidak sehat yang tidak segera kamu tinggalkan akan membuat kesehatan reproduksi pria menurun, salah satu contohnya adalah merokok. Merokok baik itu secara aktif maupun pasif akan memengaruhi jumlah dan kesehatan sperma seorang pria. Terlebih bagi pria yang merupakan perokok aktif menggunakan tembakau jenis apapun.

Selain itu, konsumsi minuman beralkohol berlebihan secara signifikan juga akan membuat sperma menjadi sedikit, bahkan menyebabkan disfungsi ereksi. Gaya hidup lain yang dapat mengganggu kesuburan pria adalah konsumsi obat-obat terlarang. Kokain ialah penyebab utama mengapa jumlah sperma menjadi menurun bahkan membuat testis mengecil dan mengurangi produksi sperma. Oleh sebab itu, hindarilah gaya hidup semacam ini, tidak hanya untuk meningkatkan kesuburan, tetapi juga untuk kesehatanmu di masa depan.

  1. Hindari Penggunaan Celana yang Ketat

Pakaian dalam atau celana ketat yang terbuat dari spandeks akan memotong sirkulasi darah ke area pangkal paha menjadi terganggu dan mengakibatkan menurunnya kesuburan pria. Oleh karenanya, coba kurangi memakai celana yang terlalu ketat dan mulai gunakan celana yang agak longgar.

Baca juga: Lakukan Ini untuk Tingkatkan Stamina Seksual Pria

Nah, tadi adalah cara meningkatkan kesuburan pria yang bisa kamu ikuti. Selain itu, kini kamu dan pasangan bisa menanyakan beragam masalah kesehatan reproduksi melalui aplikasi Halodoc. Kamu dapat berbicara langsung melalui Video/Voice Call dan Chat dengan dokter-dokter tepercaya dan selalu stand by 24 jam. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang di App Store dan Google Play!