30 May 2018

Enggak Hanya Taoge, Ini 5 Makanan Penyubur Sperma

Enggak Hanya Taoge, Ini 5 Makanan Penyubur Sperma

Halodoc, Jakarta – Kebanyakan dari kamu mungkin sudah tahu jika sperma berguna untuk membuahi sel telur wanita. Tapi, tahukah kamu jika jumlah sperma yang sedikit dan tidak berkualitas bisa mengganggu pembuahan sel telur?

Ada banyak faktor yang menyebabkan produksi sperma menurun dan tidak berkualitas. Diantaranya adalah kebiasaan merokok, menggunakan narkoba, mengonsumsi alkohol, obesitas, memakai celana terlalu ketat, stres, bersepeda terlalu lama, pola makan yang salah, hingga sering mengonsumsi makanan yang mengandung bahan kimia seperti pestisida.

Makanan Penyubur Sperma

Agar menghasilkan sperma yang berkualitas dan proses pembuahan bisa berjalan optimal, kamu disarankan untuk mengonsumsi makanan penyubur sperma. Lantas, apa saja jenis makanan penyubur sperma yang bisa membantu para pria menghasilkan sperma yang berkualitas?

  1. Makanan yang Mengandung Antioksidan Tinggi

Zat antioksidan dipercaya bisa meningkatkan pergerakan sperma dan mencegahnya dari kerusakan. Makanan yang mengandung antioksidan tinggi dan disarankan untuk dikonsumsi antara lain sayuran hijau (bayam, selada, dan brokoli), wortel, kacang-kacangan, ubi manis, teh, dan makanan yang terbuat dari biji-bijian utuh seperti anggur dan buah beri (stroberi dan rasberi).

  1. Makanan yang Mengandung Selenium

Mengonsumsi makanan yang mengandung selenium bisa merangsang tubuh untuk memproduksi sperma yang sehat. Selenium terbaik bisa ditemukan pada kacang brazil, ikan tuna, sarden, udang, daging sapi, hati sapi, daging ayam, nasi merah, telur, bayam, dan oatmeal.

  1. Makanan yang Mengandung Asam Folat

Asam folat dikenal juga sebagai vitamin B9. Jika kamu kekurangan vitamin ini, maka, kamu cenderung sulit untuk menghasilkan sperma yang berkualitas. Nutrisi ini bisa didapatkan dari buah-buahan sitrus (lemon, jeruk mandarin, dan jeruk nipis), kacang-kacangan, sayuran hijau, dan sereal.

  1. Makanan yang Mengandung Zinc

Mencukupi kebutuhan zinc bisa mencegah infertilitas (ketidaksuburan) akibat sperma yang menggumpal. Makanan yang mengandung zinc antara lain daging ayam, daging sapi, tiram, terong, kepiting, dan lobster.

  1. Makanan yang Mengandung Asam Lemak Omega-3

Asam lemak omega-3 bisa meningkatkan jumlah sperma dan aliran darah ke alat kelamin. Pria yang banyak mengonsumsi makanan ini cenderung memiliki kualitas sperma yang lebih baik jika dibandingkan dengan pria yang kurang mengonsumsinya. Makanan yang mengandung asam lemak omega-3 antara lain kacang walnut, kepiting, ikan salmon, ayam, dan lemak ikan.

Selain mengonsumsi lima makanan di atas, kamu juga bisa meningkatkan produksi dan kualitas sperma dengan berolahraga secara teratur, istirahat yang cukup, dan menghindari stres. Jika kamu memiliki keluhan terkait kualitas sperma, kamu disarankan untuk bicara pada dokter spesialis Andrologi di aplikasi Halodoc. Kamu bisa bertanya pada dokter Halodoc kapan saja dan dimana saja melalui Chat, dan Voice/Video Call melalui layanan Contact Doctor. Yuk, download aplikasi Halodoc di App Store dan Google Play.

Baca juga: Benarkah Kehamilan Ditentukan dari Banyaknya Sperma?