16 November 2017

Faktor Ini Memengaruhi Kesuburan Wanita

Halodoc, Jakarta – Selain usia, gaya hidup ternyata juga dapat memengaruhi tingkat kesuburan seorang wanita lho.  Sayangnya, masih banyak wanita yang belum tahu hal-hal apa saja yang harus dihindari untuk menjaga dirinya tetap subur. Jika ingin hamil, wanita perlu tahu faktor-faktor berikut yang dapat memengaruhi kesuburannya.

1. Usia

Usia yang bertambah, otomatis akan membuat tingkat kesuburan wanita menurun. Ketika menginjak usia 50-an, maka wanita akan mengalami menopause, sehingga membuatnya tidak bisa lagi memproduksi sel telur untuk hamil. Tetapi beberapa tahun sebelum menopause, wanita dapat mengalami gangguan kesuburan  karena jumlah sel telurnya berkurang. Walaupun belum ditentukan angka yang pasti kapan kesuburan wanita berkurang, tapi sebagian besar dokter berpendapat bahwa menginjak usia 35 tahun ke atas, peluang wanita untuk hamil semakin menurun.

2. Berat Badan

Faktor lainnya yang turut memengaruhi kesuburan wanita adalah berat badan. Wanita yang mengalami obesitas dan memiliki banyak lemak dalam tubuhnya, akan memengaruhi produksi hormonnya, sehingga menyebabkan ia menjadi sulit hamil. Wanita yang terlalu kurus juga dapat berpengaruh kepada hormonnya, sehingga menyebabkan masa mentruasinya tidak teratur yang berakibat menjadi sulit hamil.

3. Merokok

Kebiasaan ini dapat memberi pengaruh buruk terhadap kesuburan wanita, yaitu menyebabkan gangguan pada serviks dan tabung saluran indung telur, serta meningkatkan risiko keguguran. Rokok dapat membuat peluang wanita untuk hamil menurun, karena kandungan zat kimia pada rokok membuat indung telur mengalami penuaan lebih awal dan menghabiskan sel telur sebelum waktunya.

4. Alkohol

Wanita yang banyak mengonsumsi alkohol berisiko mengalami gangguan ovulasi atau endometriosis.

5. Zat Kimia

Hati-hati memilih produk kecantikan. Karena zat kimia yang sering ditemukan di kosmetik, yaitu phthalates dapat memengaruhi hormon dalam tubuh yang menyebabkan wanita sulit hamil.

6. Faktor Genetik

Pada faktor ini, peran ibu lah yang paling berpengaruh terhadap kesuburan wanita. Jika ibu mengalami menopause dalam usia yang masih muda, bisa jadi anak perempuannya memiliki jumlah sel telur yang sedikit.

7. Olahraga Berat

Berolahraga secara rutin sangat baik untuk kesehatan wanita, bahkan dapat membantu melancarkan proses mentruasi. Namun, jika wanita melakukan olahraga terlalu berat, maka dapat membuat siklus menstruasinya menjadi terganggu, sehingga berdampak buruk pada proses ovulasi.

8. Kafein

Terlalu banyak mengonsumsi kafein juga berdampak kurang baik untuk wanita. Kandungan tersebut dapat mengganggu kontraksi otot yang membuat sel telur berpindah dari ovarium ke rahim, melalui tuba falopi.

Faktor Dalam Tubuh

Selain faktor-faktor dari luar, kondisi dalam tubuh wanita juga berpengaruh terhadap tingkat kesuburannya. Berikut gangguan kesehatan yang dapat menyebabkan infertilitas atau sulit hamil:

  • Gangguan Ovulasi

Penyebab infertilitas pada wanita yang paling umum adalah adanya gangguan pada pelepasan sel telur secara berkala atau gangguan ovulasi. Gangguan ini menyebabkan wanita tidak lagi melepaskan sel telur, atau sel telur dilepaskan dalam jarak waktu yang lebih lama dari yang seharusnya.

Kondisi yang dapat menyebabkan gangguan ini adalah

  • Sindrom PCOS atau sindrom ovary polisistik,
  • Gangguan tiroid yaitu gangguan pada kelenjar yang terletak di bawah jakun,
  • Kondisi dimana indung telur seorang wanita berhenti berproduksi sebelum usia 40 tahun, yang dinamakan kegagalan ovarium premature.
  • Gangguan Lendir Serviks

Pada saat proses ovulasi, lendir serviks seorang wanita secara otomatis menipis untuk memudahkan sperma bergerak dan menghampiri sel telur. Namun, jika lendir serviks yang diproduksi tidak normal atau terdapat gangguan, maka proses ovulasi menjadi sulit dan menghambat terjadinya kehamilan.

  • Rusaknya Tabung Saluran Indung Telur

Wanita yang tabung saluran indung telurnya tersumbat atau rusak, akan menyebabkan sperma sulit membuahi sel telur atau menghambat gerak sel telur yang sudah dibuahi ke dalam rahim. Kerusakan ini disebabkan karena:

  • Penyakit radang panggul
  • Pernah menjalani operasi pada panggul atau rongga panggul
  • Tuberkulosis pada panggung

Hentikan gaya hidup yang dapat memberi pengaruh buruk untuk kesuburanmu. Jika kamu mengalami gangguan pada siklus menstruasi, kamu bisa membicarakannya kepada dokter melalui aplikasi Halodoc. Hubungi dokter untuk meminta saran kesehatan melalui Video/Voice Call dan Chat. Kamu juga bisa membeli produk kesehatan dan vitamin yang dibutuhkan di Halodoc. Tidak perlu repot-repot keluar rumah, kamu bisa langsung order lewat aplikasi dan pesananmu akan diantar dalam satu jam. Ayo, download Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.