• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Garam Bisa Hilangkan Bekas Jerawat, Ini Caranya

Garam Bisa Hilangkan Bekas Jerawat, Ini Caranya

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim

Halodoc, Jakarta – Pernah mendengar tentang garam Epsom? Kamu mungkin sudah tidak asing dengan garam biasa yang sering digunakan untuk memasak. Nah, garam Epsom ini berbeda dengan garam yang sering kamu lihat dan gunakan. Garam Epsom atau magnesium sulfat sering digunakan secara topikal untuk menenangkan otot yang sakit, meredakan ketegangan, dan bahkan mengobati kondisi kulit seperti jerawat. 

Magnesium sulfat adalah senyawa kimia yang terdiri dari magnesium, oksigen, dan belerang. Magnesium adalah nutrisi yang dibutuhkan tubuh untuk berbagai fungsi. Ini termasuk mengatur gula darah, menstabilkan tekanan darah, mengendalikan otot, dan melakukan fungsi saraf. Melansir dari Healthline, magnesium yang ditemukan dalam garam Epsom juga dapat diserap melalui kulit, sehingga membantu masalah kulit tertentu, seperti jerawat maupun bekas jerawat. 

Baca juga: Rangkaian Perawatan Wajah untuk Hilangkan Bekas Jerawat

Cara Memakai Garam Epsom untuk Menghilangkan Bekas Jerawat

Jerawat adalah kondisi kulit yang ditandai dengan munculnya benjolan berwarna kemerahan. Munculnya jerawat biasanya dipicu oleh minyak, kotoran, dan sel kulit mati yang menyumbat folikel rambut. Beberapa orang menggunakan garam Epsom untuk mengurangi pembengkakan dan peradangan jerawat sampai menghilangkan bekas jerawatnya. Berikut ini metode penggunaan garam Epsom di rumah untuk mengatasi jerawat, yaitu:

  1. Kompres Wajah

Cara untuk mengompres wajah menggunakan garam Epsom, kamu perlu melarutkan 2-3 sendok teh garam Epsom dalam 2 gelas air hangat. Setelah itu, rendam waslap yang bersih ke dalam larutan tersebut. Kemudian, tepuk-tepuk waslap ke wajah dengan lembut sampai waslap dingin. Hindari bagian mata untuk mencegah rasa menyengat di bagian kelopak mata. Setelah semua wajah terkompres, bilas wajah dengan air hangat.

  1. Usap dengan Kapas

Larutkan 2- 3 sendok teh garam Epsom dalam 2 gelas air hangat. Basahi bola kapas atau kain bersih ke dalam larutan dan oleskan ke area yang bermasalah. Pastikan untuk membilas wajah dengan air hangat.

Baca juga: Diet Ternyata Bantu Atasi Jerawat, Ini Buktinya

  1. Masker Eksfoliator

Tekstur garam Epsom yang kasar membantu eksfoliasi atau pengelupasan kulit dengan menghilangkan sel-sel kulit mati. Untuk membuat eksfoliator, campur garam Epsom dengan minyak, seperti minyak zaitun atau minyak almond. Campur garam sampai membentuk pasta.

Oleskan campuran tersebut dengan lembut sebagai masker muka atau gunakan hanya pada area yang terdapat jerawat atau bekas jerawat. Tempelkan pasta ke kulit dsn putar atau pijat wajah secara lembut selama beberapa menit. Bilas dengan air hangat.

  1. Masker untuk Melembapkan

Cara untuk membuat masker pelembap, kamu perlu mencampurkan garam Epsom dengan alpukat. Alpukat penuh dengan air sehingga membuat dasar pelembap yang bagus untuk masker wajah. Kocok atau tumbuk alpukat yang sudah matang hingga halus. Lalu, aduk garam Epsom hingga terbentuk konsistensi yang kental. Sebarkan tipis-tipis ke wajah dan biarkan mengering, sekitar 20 hingga 30 menit. Bilas dengan air hangat.

Itulah metode yang bisa kamu coba untuk menghilangkan bekas jerawat menggunakan garam Epsom. Untuk menghindari iritasi, kamu mungkin perlu mengetesnya terlebih dahulu dengan mengoleskannya ke bagian leher di belakang telinga atau pergelangan tangan.

Baca juga: Salah Perawatan Kulit Bisa Memicu Iritasi dan Alergi

Kalau kamu mengalami gatal atau panas di bagian tersebut artinya kamu tidak cocok untuk melakukan perawatan ini. Tapi, kalau kulit kamu baik-baik saja, artinya kamu aman. Jika kamu punya permasalahan kulit lain yang sulit ditangani, bicarakan saja dengan dokter kulit Halodoc. Lewat aplikasi, kamu bisa menghubungi dokter kapan saja dan di mana saja.

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2020. Epsom Salt and Acne: Magnesium Myths and Skin Care Realities.
Anti Acne Organization. Diakses pada 2020. Epsom Salt & Acne.