25 May 2018

Gastroskisis dan Omphalocele, Apa Bedanya?

Gastroskisis dan Omphalocele, Apa Bedanya?

Halodoc, Jakarta – Mungkin kamu sudah pernah mendengar tentang gastroschisis dan omphalocele. Gastroschisis dan omphalocele adalah dua cacat lahir langka,  yang menyebabkan bayi dilahirkan dengan beberapa organ dalam tubuh keluar melalui lubang di perut. Meskipun kelihatan mirip, kedua kondisi ini berbeda dalam beberapa hal penting. Seperti apa perbedaan dan pengertian gastroschisis dengan omphalocele?

Gastroschisis dan omphalocele sudah terlihat saat seorang bayi lahir dan keduanya bisa memengaruhi bagaimana bayi mencerna makanan. Dalam kedua kasus tersebut, dokter akan melakukan operasi untuk memasukkan usus dan organ lain yang terkena ke lokasi yang tepat.

Baik omphalocele maupun gastroschisis memiliki satu karakteristik utama yakni usus bayi keluar dari lubang di perut. Dalam beberapa kasus, organ lain seperti hati atau perut juga terdorong keluar melalui lubang tersebut.

Ada beberapa perbedaan utama antara dua kondisi serius ini. Pada bayi dengan omphalocele, lubang terbentuk di pusar si bayi. Kantong membran yang transparan menutupi usus dan organ yang terpapar lainnya. Kantung ini membantu melindungi organ dari cairan amnion yang mengelilingi bayi di dalam rahim.

Pada tahap awal kehamilan, biasanya usus dan organ dalam lainnya memanjang dari perut ke tali pusar. Kemudian, pada minggu ke-11 kehamilan, organ-organ ini biasanya masuk kembali ke dalam perut. Omphalocele terjadi ketika organ tubuh gagal bergerak kembali ke perut.

Sedangkan pada gastroschisis, cacat ini terjadi bila terdapat masalah dengan dinding perut. Lubang terbentuk di samping pusar, sehingga usus bisa masuk. Lubang ini bisa kecil atau besar dan biasanya berada di sisi kanan pusar.

Perbedaan penting lainnya adalah bahwa pada gastroschisis, tidak ada kantung pelindung yang mengelilingi organ yang terpapar. Ini berarti cairan amnion bisa mengiritasi usus menyebabkan usus menjadi bengkak atau bengkok.

Nah, itu tadi perbedaan antara gastroschisis dengan omphalocele. Meskipun tampaknya sama, tapi ternyata keduanya memiliki perbedaan. Jika kamu ingin tahu lebih banyak tentang pengertian gastroschisis dan omphalocele, kamu bisa bertanya kepada dokter ahli di aplikasi Halodoc. Kedua kelainan pada bayi ini bisa dicegah dengan perawatan pada ibu hamil. Kamu bisa menghubungi para dokter di aplikasi Halodoc melalui layanan video/voice call atau chat.

Di aplikasi Halodoc, kamu juga bisa melakukan cek lab dan membeli obat atau vitamin tanpa harus keluar rumah. Layanan Apotek Antar akan membantu memudahkan kamu. Yuk, download aplikasi Halodoc di App Store dan Google Play sekarang.