04 January 2018

Gerakan Latih Otot Lengan dengan Sempurna

Gerakan Latih Otot Lengan dengan Sempurna

Halodoc, Jakarta – Untuk membentuk lengan yang kuat tidaklah mudah. Kamu harus melakukan cukup latihan untuk membentuk otot agar lengan kuat. Ada beberapa latihan yang perlu dilakukan untuk melatih otot lengan dengan sempurna. Melatih otot lengan sebenarnya tidak sulit, namun perlu dilakukan secara rutin.

Kamu perlu memiliki jadwal latihan yang tepat setiap harinya. Dan tentu saja dengan intensitas latihan yang tepat, kamu bisa melatih otot lengan dengan sempurna. Agar tak salah melakukan latihan otot lengan, yuk tiru beberapa latihan berikut ini yang dilansir dari Prevention:

Ulangi latihan ini sebanyak 12 kali.  Masing-masing gerakan dilakukan selama satu menit. Setelah enam kali melakukannya, kamu bisa beristirahat lalu mulai melakukan latihan lanjutannya agar latihan ini lengkap.

1. Pec Flys (Dada)

Untuk melakukan gerakan ini kamu membutuhkan kursi panjang dan juga dua dumbbells seberat satu kilogram. Mulai dengan berbaring di atas kursi panjang, lalu tekuk sedikit kaki. Kemudian angkat tangan ke atas, satukan di atas dada sambil memegang dumbbells. Setelah itu, buka sedikit tangan tahan selama 15 detik dan kembalikan ke posisi semula. Setelah itu, buka tangan lebih lebar dan tahan 15 detik lalu kembalikan ke posisi semula. Lanjutkan dengan buka tangan lebih lebar dan tahan 15 detik lalu kembalikan ke posisi semula. Buka tangan lebih lebar hingga tangan hampir sejajar di samping dan tahan selama 15 detik lalu kembalikan ke posisi semula. Ulangi gerakan ini dari awal sebanyak 12 kali.

2. Assisted Pull-Ups (Punggung)

Untuk melakukan gerakan ini, kamu bisa memanfaatkan pull bar. Untuk memudahkan gerakan kamu saat mengangkat tubuh ke atas, kamu bisa mengikatkan resistance band. Tempatkan kaki di resistance band dan letakkan tangan pada pegangan pull bar. Setelah itu, angkat tubuh ke atas dan turunkan dengan menggunakan resistance band sebagai pijakan agar lebih mudah bergerak naik dan turun. Lakukan gerakan ini selama detik detik saat berganti posisi dan satu detik untuk mengangkat dagu ketika tubuh terangkat ke atas.

3. Front Shoulder Raise (Lengan)

Berdiri tegak dengan sambil memegang dumbbells, lalu hadapkan tubuh ke kanan dengan tangan lurus terangkat setinggi pinggul. Setelah itu, angkat tangan perlahan-lahan lebih tinggi dari pinggul lalu kembalikan ke posisi semula. Lalu angkat tangan setinggi dada dan kembali seperti semula. Selanjutnya angkat tangan setinggi bahu dan lembali seperti semula. Ulangi gerakan ini sambil menghadap ke kiri. Setiap gerakan dilakukan dengan ditahan empat detik dan kembali ke posisi semula selama satu detik.

Agar latihan otot lengan ini bisa memberikan hasil yang diinginkan, sebaiknya lakukan secara rutin setidaknya dua hingga tiga kali seminggu. Selain itu, lakukan dulu pemanasan terlebih sebelum melakukan gerakan ini, ya. Kamu juga bisa meminta saran dari personal trainer agar latihan membentuk otot lengan menjadi lebih efektif.

 

Setiap latihan fisik yang dilakukan sebaiknya dilakukan dalam pengawasan ahli. Jika kamu perlu saran dari dokter mengenai kondisi kesehatan, kamu juga bisa langsung menanyakannya pada dokter. Kini kamu bisa menggunakan aplikasi Halodoc, dan bicara dengan dokter melalui Video/Voice Call dan Chat. Kamu juga bisa melakukan pemeriksaan laboratorium sesuai dengan anjuran dokter jika diperlukan. Setelahnya, kamu bisa membeli produk kesehatan seperti suplemen atau vitamin melalui Halodoc, pesanan kamu akan diantar dalam satu jam. Yuk, download Halodoc di App Store dan Google Play.