Gugup Berlebihan Bisa Sebabkan Tremor

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
Tremor, gugup bisa sebabkan tremor

Halodoc, Jakarta - Pernah merasakan tangan gemetar tanpa sebab? Pada beberapa pengidapnya, tremor tidak memerlukan penanganan khusus. Namun, jika tremor terjadi dengan sangat parah sampai tidak dapat dikontrol, kemungkinan operasi otak adalah satu-satunya jalan keluar guna menangani tremor yang dialami.

Baca juga: Tangan Terus-menerus Gemetar? Mungkin Tremor Penyebabnya

Tremor, Gemetar pada Daerah Tubuh Tertentu secara Tanpa Disengaja

Tremor merupakan kondisi saat salah satu anggota tubuh kamu gemetar dan terjadi secara berulang tanpa disengaja. Salah satu bagian tubuh yang biasanya mengalami tremor adalah tangan, kaki, perut dan kepala. 

Ini Gejala yang Muncul pada Pengidap Tremor

Selain sensasi rasa gemetar pada tangan, lengan, kepala, atau kaki pada saat tidak melakukan aktivitas apapun. Secara umum, tremor dapat ditandai dengan gejala:

  • Suara bergetar.

  • Kesulitan saat memegang suatu benda.

  • Kepala tampak sering mengangguk atau menggeleng.

  • Ataksia, yaitu gangguan gerakan tubuh yang disebabkan adanya masalah pada otak. Orang dengan ataksia akan mudah goyang atau tidak stabil saat sedang berjalan.

Tremor yang terjadi secara terus-menerus akan mengganggu aktivitas sehari-hari, seperti menulis, berjalan, menggenggam barang, dan kegiatan ringan lainnya. Alangkah baiknya, jika kamu salah satu gejala tremor, segera diskusikan dengan dokter terdekat untuk mendapatkan penanganan segera, ya!

Baca juga: Tubuh Sering Gemetar, Mungkin Pertanda Penyakit Serius

Gugup Berlebihan Bisa Sebabkan Tremor, Benarkah?

Tremor dapat terjadi pada seseorang di usia berapa pun, apalagi jika seseorang mengalami gugup yang berlebihan. Meski begitu, kamu enggak perlu khawatir, karena tremor yang disebabkan oleh rasa gugup biasanya akan cenderung mudah disembuhkan. Beberapa masalah kesehatan yang dapat memicu terjadinya tremor, antara lain:

  • Trauma pada otak, yaitu kondisi yang terjadi pada otak karena berbagai macam hal, termasuk perdarahan dan syok hebat pada otak.

  • Gangguan hati, yaitu gangguan fungsi organ hati yang menyebabkan berbagai gangguan pada tubuh.

  • Hipertiroidisme, yaitu kondisi ketika kadar hormon tiroksin di dalam tubuh sangat tinggi.

  • Penyakit parkinson, yaitu gangguan atau kelainan yang terjadi pada sistem saraf.

Baca juga: Jangan Anggap Remeh Tangan Sering Gemetar, Hati-Hati Gejala Penyakit Parkinson

Selain masalah medis terkait, tremor dapat disebabkan oleh kadar stres yang berlebihan, emosi yang tidak stabil, depresi, penuaan secara alami, dan kesadaran yang sedang di bawah pengaruh alkohol. Stres menjadi salah satu penyebab tremor semakin parah. Untuk itu, kelola stres dengan baik agar tremor tidak mengganggu aktivitas harian kamu. Beberapa hal yang dapat kamu lakukan, yaitu:

  • Yoga, yaitu gerakan yang dilakukan untuk relaksasi pikiran dan tubuh dengan melibatkan gerakan gerakan halus guna peregangan saraf-saraf kepala.

  • Meditasi, yaitu metode relaksasi guna membersihkan diri dari segala macam pikiran atau kelelahan tubuh akibat aktivitas sehari hari.

  • Kurangi konsumsi minuman beralkohol, karena alkohol dapat meracuni jaringan otak, sehingga seseorang menjadi mudah cemas dan gugup.

  • Tidur dan beristirahat dengan cukup guna melancarkan aliran darah, menstabilkan metabolisme tubuh dan membuat seseorang dapat mudah berkonsentrasi.

Jika kamu menemukan kendala dalam melakukan pencegahan di atas, Halodoc bisa jadi solusinya! Kamu bisa diskusi langsung dengan dokter ahli melalui Chat atau Voice/Video Call. Enggak hanya itu, kamu juga bisa membeli obat yang sedang kamu butuhkan. Tanpa perlu repot, pesanan kamu akan diantar ke tempat tujuan dalam waktu satu jam. Yuk, download aplikasinya di Google Play atau App Store!