• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Hal yang Terjadi pada Tubuh saat Keracunan Karbon Monoksida
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Hal yang Terjadi pada Tubuh saat Keracunan Karbon Monoksida

Hal yang Terjadi pada Tubuh saat Keracunan Karbon Monoksida

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 07 Oktober 2020
Hal yang Terjadi pada Tubuh saat Keracunan Karbon Monoksida

Halodoc, Jakarta - Udara yang dihasilkan oleh beberapa kendaraan, terutama di Ibu Kota, mengeluarkan kandungan yang dapat membahayakan seseorang yang menghirupnya. Salah satu kandungan yang merupakan hasil dari gas buang kendaraan adalah karbon monoksida. Padahal, jika kandungan gas tersebut terhirup terlalu banyak, bahaya mungkin saja terjadi. Maka dari itu, kamu harus tahu apa yang terjadi pada tubuh dan dampaknya jika keracunan karbon monoksida!

Tubuh yang Mengalami Keracunan Karbon Monoksida

Karbon monoksida adalah gas yang tidak berasa, tidak berwarna, dan tidak berbau yang biasanya ditemukan pada asap bahan bakar, seperti bensin dan solar. Bukan hanya kendaraan, beberapa alat untuk memasak, seperti kompor, tungku, pemanggang, kompor gas, hingga pemanas air juga dapat menghasilkan kandungan gas tersebut. Seseorang yang menghirup kandungan gas tersebut terlalu banyak dapat mengalami keracunan.

Baca juga: 10 Faktor yang Menjadi Risiko Keracunan Karbon Monoksida

Risiko dari keracunan karbon monoksida sangat tinggi terutama pada peralatan yang digunakan di ruangan tertutup dan memiliki ventilasi yang buruk. Selain itu, keracunan gas karbon ini juga dapat terjadi pada seseorang yang harus menghirup asap saat terjadi kebakaran. Lebih dari sepertiga kematian terkait karbon monoksida terjadi saat seseorang sedang tidur. Maka dari itu, dampak dari keracunan ini tidak main-main.

Namun, apa yang terjadi pada tubuh saat keracunan karbon monoksida?

Saat terhirup, gas karbon monoksida tersebut mengalir dari paru-paru ke aliran darah, yang dapat menempel pada molekul hemoglobin yang biasanya membawa oksigen. Kandungan oksigen tersebut tidak dapat berfungsi di hemoglobin ketika darah memiliki gas beracun tersebut. Ketika paparan terus terjadi, semakin banyak kandungan karbon tersebut di dalam darah, sehingga darah kehilangan kemampuannya untuk membawa oksigen yang cukup.

Saat tubuh kekurangan oksigen, beberapa fungsi tubuh menjadi terganggu. Selain itu, sel-sel individu dapat menjadi mati lemas, terutama pada organ-organ vital, seperti otak dan jantung. Gas karbon monoksida tersebut juga dapat bertindak langsung menjadi racun yang mengganggu reaksi kimia internal sel. Dengan beberapa gangguan tersebut, mungkin saja pengidapnya mengalami kematian.

Keracunan gas karbon monoksida memang dapat menimbulkan dampak buruk bagi tubuh. Maka dari itu, jika kamu masih memiliki pertanyaan terkait hal ini, dokter dari Halodoc dapat memberikan penjelasan secara lengkap. Cukup dengan download aplikasi Halodoc di smartphone kamu dan nikmati segala kemudahan layanan kesehatan!

Baca juga: Keracunan Karbon Monoksida, Ini Penyebab Utamanya

Cara Mencegah Keracunan Karbon Monoksida

Setelah mengetahui jika keracunan karbon monoksida dapat menimbulkan banyak dampak buruk bahkan kematian, kamu harus tahu cara yang ampuh untuk mencegah hal tersebut terjadi. Berikut ini beberapa cara pencegahan yang efektif untuk dilakukan:

  • Pasang Detektor Karbon Monoksida

Cara pertama yang dapat kamu lakukan untuk mencegah keracunan tersebut adalah dengan memasang detektor karbon dioksida di tiap lorong dekat area tidur di rumah. Pastikan untuk memeriksa baterai dari detektor tersebut paling tidak dua kali setahun. Saat alarm berbunyi, cobalah untuk secepatnya meninggalkan rumah dan hubungi pemadam kebakaran jika melihat adanya api. Dengan begitu, kamu lebih cepat menyadari jika terjadi sesuatu yang tidak benar.

  • Buka Garasi Sebelum Menyalakan Mobil

Pastikan untuk tidak meninggalkan mobil yang masih menyala di garasi. Cobalah untuk selalu berhati-hati saat memanaskan mobil ketika garasi masih tertutup karena dapat membuat udara dipenuhi oleh kandungan karbon monoksida. Selain itu, membiarkan mobil menyala di ruang yang berdekatan dengan bagian rumah juga tidak baik. Maka dari itu, pastikan untuk membuka pintu garasi saat melakukannya.

Baca juga: Penanganan Pertama Keracunan Karbon Monoksida

Itulah hal yang terjadi pada tubuh saat seseorang mengalami keracunan karbon monoksida. Maka dari itu, pastikan untuk selalu memperhatikan udara yang ada di sekitar kamu untuk mencegah dampak buruk agar tidak terjadi. Cobalah untuk selalu melakukan segala langkah untuk mencegah gangguan ini agar tidak terjadi sejak awal.

Referensi:
Harvard Health Publishing. Diakses pada 2020. Carbon Monoxide Poisoning.
Mayo Clinic. Diakses pada 2020. Carbon monoxide poisoning.