• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Hal yang Terjadi pada Tubuh saat Mengalami Adenoma Bronkus

Hal yang Terjadi pada Tubuh saat Mengalami Adenoma Bronkus

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
undefined

Halodoc, Jakarta – Pernahkah kamu mendengar penyakit adenoma bronkus? Penyakit ini merupakan salah satu jenis kanker yang terbilang cukup jarang terjadi. Biasanya, sel kanker akan muncul pada kelenjar mukosa, saluran udara pada paru-paru atau bronkus, tenggorokan, hingga kelenjar ludah. 

Baca juga: Inilah Penyebab dan Faktor Risiko yang Sebabkan Adenoma Bronkus

Sama dengan jenis kanker lainnya, kondisi yang tidak segera diatasi dapat menyebabkan sel kanker menyebar pada bagian tubuh yang lain. Meskipun memiliki perkembangan gejala yang cukup lambat, tetapi tidak ada salahnya mengetahui kondisi yang terjadi pada tubuh ketika mengalami adenoma bronkus. Pendeteksian lebih dini tentunya akan memudahkan pengobatan.

Kenali Jenis Adenoma Bronkus

Hingga saat ini penyebab adenoma bronkus belum diketahui secara pasti. Namun, adanya faktor genetik dan riwayat keturunan menjadi faktor pemicu seseorang alami adenoma bronkus. Selain itu, riwayat terkena paparan radiasi pada bagian leher dan kepala menyebabkan kondisi ini juga rentan dialami seseorang.

Ada beberapa jenis adenoma bronkus yang perlu kamu ketahui, seperti:

1.Tumor Karsinoid

Kondisi ini akan memengaruhi sel penghasil hormon dan saraf. Tumor karsinoid dapat muncul pada paru-paru, perut, atau bahkan usus.

2.Karsinoma Kistik

Biasanya, karsinoma kistik akan muncul pada kelenjar air liur pada mulut dan juga tenggorokan. 

3.Karsinoma Mukoepidermoid

Kondisi ini banyak dialami pada bagian kelenjar air liur. Karsinoma mukoepidermoid juga dapat memengaruhi kelenjar parotis yang berada di area telinga.

Baca juga: Inilah Penanganan Medis untuk Pengidap Adenoma Bronkus

Inilah yang Terjadi Pada Tubuh saat Alami Adenoma Bronkus

Kondisi yang terjadi pada tubuh nyatanya akan berbeda pada tiap pengidapnya. Hal ini disebabkan penyakit ini memiliki jenis yang berbeda. Tidak hanya itu, pada awal perkembangan, adenoma bronkus tidak akan terlihat gejala akibat perkembangannya yang cukup lambat.

Tidak ada salahnya mengetahui beberapa kondisi yang akan terjadi pada tubuh ketika mengalami salah satu jenis adenoma bronkus. Tumor karsinoid yang muncul pada tubuh biasanya akan menyebabkan pengidap mengalami batuk yang disertai dengan darah. Tidak hanya itu, pengidap tumor karsinoid juga akan lebih rentan mengalami sesak napas, nyeri dada, serta infeksi paru-paru.

Karsinoma kistik akan menyebabkan kondisi yang berbeda pada tubuh. Kondisi ini akan menyebabkan gejala, seperti munculnya benjolan pada langit-langit mulut, di bawah lidah, hingga pada dasar mulut. Kondisi yang semakin memburuk akan menyebabkan pengidap mengalami kesulitan makan, perubahan suara menjadi serak, dan juga mati rasa pada bagian rahang. 

Sedangkan pengidap karsinoma mukoepidermoid, akan mengalami pembengkakan pada kelenjar yang berada di dekat telinga serta rahang bawah. Terkadang kondisi ini juga dapat menyebabkan nyeri pada wajah, hingga mati rasa pada salah satu area wajah.

Itulah beberapa kondisi yang akan terjadi pada tubuh ketika alami adenoma bronkus. Tidak ada salahnya segera tanyakan pada dokter secara langsung melalui aplikasi Halodoc, jika kamu menemukan keluhan kesehatan yang terkait dengan kondisi adenoma bronkus. Download aplikasi Halodoc sekarang juga melalui App Store dan Google Play!

Baca juga: Begini Cara Mendiagnosis Penyakit Adenoma Bronkus

Untuk mendeteksi adanya adenoma bronkus, dokter perlu melakukan beberapa pemeriksaan, seperti biopsi, penggunaan x-ray, dan juga MRI. Pengobatan yang dilakukan juga akan disesuaikan dengan jenis adenoma bronkus, tingkat keparahan, usia pengidap, hingga riwayat kesehatan.

Setelah dipastikan, kamu dapat melakukan beberapa jenis pengobatan untuk mengatasi adenoma bronkus dengan tindakan operasi, terapi radiasi, kemoterapi, imunoterapi, hingga targeted therapy. Jangan lupa untuk selalu meminta dukungan dari keluarga atau kerabat terdekat saat akan melakukan pengobatan adenoma bronkus agar kamu dapat segera pulih.

Referensi:
Web MD. Diakses pada 2020. What is Bronchial Adenoma?
Emedicine Health. Diakses pada 2020. Bronchial Adenoma.