• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Hari Kidal Internasional: Ini 5 Mitos Tentang Si Tangan Kidal
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Hari Kidal Internasional: Ini 5 Mitos Tentang Si Tangan Kidal

Hari Kidal Internasional: Ini 5 Mitos Tentang Si Tangan Kidal

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 12 Agustus 2022

“Ada berbagai mitos mengenai si tangan kidal yang beredar di masyarakat. Mulai dari tingkat kreativitas hingga kemampuan memimpin yang dinilai lebih baik. ”

Hari Kidal Internasional: Ini 5 Mitos Tentang Si Tangan KidalHari Kidal Internasional: Ini 5 Mitos Tentang Si Tangan Kidal

Halodoc, Jakarta – Kidal adalah kondisi ketika seseorang memiliki kecenderungan untuk menggunakan tangan kiri dalam aktivitas yang dijalani. Bukan aneh, orang yang kidal terkadang malah menjadi unik. Hanya sekitar 10 persen populasi di dunia mengalami kidal dalam kegiatannya sehari-hari.

Belum diketahui secara pasti apa yang menyebabkan seseorang mengalami kidal. Namun, adanya faktor genetik dan lingkungan menjadi faktor terbesar seseorang mengalami kidal. Yuk, simak lebih banyak mengenai mitos tentang si tangan kidal agar tahu lebih banyak informasi mengenai kondisi ini!

Mitos Tentang Si Tangan Kidal

Bukan hanya menulis, biasanya orang yang memiliki kecenderungan menggunakan tangan kiri atau kidal juga banyak melakukan aktivitas lainnya dengan tangan kiri. Seperti misalnya, bermain gadget, memetik gitar, hingga mengambil barang.

Banyak mitos yang mengatakan orang kidal tidak memiliki imun tubuh yang kuat karena banyak menggunakan tangan yang “kotor” untuk melakukan berbagai kegiatan. Nah, untuk meluruskan informasi ini, tidak ada salahnya ketahui berbagai mitos yang sebaiknya tidak perlu lagi dipercaya seputar si tangan kidal. 

Berikut beberapa mitos terkait si tangan kidal:

1. Tangan Kidal Memiliki Kreativitas yang Lebih Baik

Banyak yang mengatakan orang kidal memiliki kemampuan kreativitas yang lebih baik dibandingkan orang yang menggunakan tangan kanan saat berkegiatan. Padahal, kreativitas tidak ada hubungannya sama sekali dengan tangan kidal. 

Sebuah penelitian pada tahun 1995, mengatakan pria yang kidal cenderung memiliki pemikiran yang kreatif dibandingkan dengan orang yang bukan kidal. Namun, hasil penelitian menyatakan tidak ada perbedaan tingkat kreativitas antara pria yang kidal dengan wanita yang tidak kidal.

Menurut Ronald Yeo, PhD, profesor psikologi di University of Texas-Austin, ketika kamu melihat pencapaian atau tingkat kreatif seseorang, hal ini tidak ada hubungannya dengan kondisi kidal.

2. Tangan Kidal Memiliki Kemampuan Memimpin yang Baik

Menurut Elizabeth Ochoa, PhD, kepala psikolog di Mount Sinai-Beth, Israel, mitos ini berkembang karena banyak pemimpin atau tokoh sejarah yang mengalami kondisi kidal. Ini membuat banyak orang berpikir bahwa orang kidal bisa menjadi pemimpin yang baik. Padahal, kemampuan memimpin dan tangan kidal tidak ada kaitannya sama sekali. 

3. Tangan Kidal Memiliki Kepribadian yang Sangat Tertutup

Mitos ini juga sebaiknya tidak perlu dipercaya lagi oleh masyarakat. Sebuah penelitian mengatakan bahwa kondisi kidal tidak dapat memengaruhi kepribadian seseorang. 

Pengalaman hidup, pendidikan, lingkungan, dan pola asuh orangtua menjadi beberapa faktor yang penting dalam membentuk kepribadian. Jadi, kepribadian bukan ditentukan dari kidal atau tidaknya seseorang.

4. Tangan Kidal Berisiko Mengalami Gangguan Kesehatan Mental

Bukan hanya yang mengalami kondisi kidal, gangguan kesehatan mental berisiko dialami siapa saja. Jadi, tentunya ini mitos yang sebaiknya tidak diteruskan dalam masyarakat.

Namun, sebuah penelitian di University of Yale, mengatakan ada jenis gangguan kesehatan mental yang lebih rentan dialami oleh si tangan kidal, yaitu skizofrenia.

5. Seseorang yang Kidal Tidak Akan Dapat Menggunakan Tangan Kanannya

Ini merupakan mitos yang sebaiknya tidak dipercaya. Semakin bertambahnya usia, maka si tangan kidal akan mampu untuk melakukan beberapa hal menggunakan tangan kanan.

Tangan kidal bukanlah sesuatu hal yang aneh. Kemampuan dan kondisi kesehatan akan serupa dengan orang yang menggunakan tangan kanan. 

Jadi, jika kamu mengalami keluhan kesehatan, sebaiknya segera lakukan pemeriksaan pada rumah sakit. Kamu bisa cari tahu rumah sakit terdekat melalui App Store atau Google Play agar pemeriksaan bisa segera dilakukan. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga melalui App Store atau Google Play!

Referensi:

Reader’s Digest. Diakses pada 2022. 5 Myths About Left-Handed People We All Need to Stop Believing (and 2 Surprising Truths).
All About Psychology. Diakses pada 2022. Three Myths and Three Facts About Left-Handers.
Web MD. Diakses pada 2022. What Affects Your Personality?