Harus Tahu, Flu Juga Bisa Menyebabkan Mematikan

Ditinjau oleh: dr. Fitrina Aprilia
Harus Tahu, Flu Juga Bisa Menyebabkan Mematikan

Halodoc, Jakarta – Flu alias influenza merupakan jenis penyakit yang terjadi karena adanya infeksi virus. Kondisi ini memicu gejala berupa demam, sakit kepala, pilek, batuk, serta hidung tersumbat. Virus penyebab penyakit flu umumnya menyerang hidung, tenggorokan, dan paru-paru. Pada kondisi yang ringan, flu seringnya tidak berbahaya dan bisa sembuh dengan pengobatan. 

Namun belakangan, virus dan jenis penyakit flu semakin beragam, bahkan ada yang bisa mematikan. Flu merupakan jenis penyakit yang bisa dengan mudah menular, baik dari manusia ke manusia lain maupun dari hewan ke manusia. Waspadai jenis penyakit flu yang bisa mengancam jiwa dan berujung pada kematian. Apa itu? 

Jenis Penyakit Flu yang Bisa Mengancam Nyawa

Ada banyak jenis penyakit flu yang bisa menyerang seseorang, mulai dari yang bersifat ringan, berat, hingga mengancam nyawa atau mematikan. Influenza sendiri sebenarnya merupakan jenis penyakit yang ringan, tetapi tingkat kematiannya disebut meningkat setiap tahunnya. Penyakit flu yang tidak ditangani dengan tepat bisa membuat pengidapnya mengalami komplikasi dan berujung pada kondisi yang membahayakan tubuh. 

Komplikasi dari penyakit flu adalah radang paru-paru, infeksi telinga, serta infeksi sinus. Selain itu, infeksi virus flu juga bisa memperparah kondisi orang yang memiliki masalah medis tertentu, seperti gagal jantung, asma, atau diabetes. Flu yang memiliki gejala berat dan tidak kunjung hilang dalam jangka waktu lama sebaiknya tidak dianggap sepele sama sekali dan harus segera diobati. Sebab, bisa jadi flu terjadi karena infeksi virus yang bisa mengancam jiwa. 

Baru-baru ini, organisasi kesehatan dunia alias World Health Organization (WHO) mengumumkan adanya kemungkinan dunia akan kembali menghadapi wabah penyakit flu. Kali ini, jenis penyakit flu yang menyebar harus diwaspadai karena bisa berdampak serius pada tubuh. Virus penyebab flu yang akan dihadapi ini disebut berasal dari hewan dan kemudian menular ke manusia. Virus tersebut kemudian akan bermutasi hingga akhirnya mulai menginfeksi secara masal. Virus penyebab penyakit flu bisa berlipat ganda dan terus berubah. 

Pada dasarnya, penyakit flu dibedakan menjadi dua jenis, yaitu flu tahunan dan flu pandemik. Influenza tahunan adalah jenis flu yang rutin muncul setiap tahun, yaitu saat musim penghujan atau musim dingin. Ada juga flu pandemik yang muncul karena ada mutasi virus, misalnya virus flu burung. Jenis flu inilah yang bisa berbahaya dan bersifat mematikan. 

Salah satu cara paling ampuh untuk mencegah penularan penyakit ini adalah dengan vaksinasi. Orang yang menerima vaksin flu akan memiliki kekebalan tubuh dari serangan virus, dan hal ini bisa bertahan hingga satu tahun. Maka dari itu, pemberian vaksin influenza dianjurkan untuk dilakukan rutin setiap tahun. Orang yang sudah pernah mendapat vaksin influenza umumnya akan lebih terlindungi dan tidak akan mengalami influenza selama periode satu tahun. 

Namun belakangan, jenis virus penyebab penyakit ini semakin beragam dan berbahaya. Selain pemberian vaksin, disarankan untuk selalu menerapkan pola hidup sehat dan memperhatikan jenis makanan yang dikonsumsi agar tubuh senantiasa bugar dan terhindar dari serangan virus flu mematikan. 

Cari tahu lebih lanjut seputar jenis flu yang mematikan dengan bertanya kapan saja kepada dokter di aplikasi Halodoc. Kamu bisa dengan mudah menghubungi dokter melalui Video/Voice Call dan Chat. Dapatkan informasi seputar kesehatan dan tips hidup sehat dari dokter terpercaya. Yuk, download sekarang di App Store dan Google Play! 

Referensi: 
ABC. Diakses pada 2019. Deadly flu season has researchers racing to find out why this year has been 'exceptional'.
Healthline. Diakses pada 2019. Everything You Need to Know About the Flu.
WHO. Diakses pada 2019. Influenza.