• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Harus Tahu, Ini 7 Tips Aman Menonton Pertandingan Olahraga
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Harus Tahu, Ini 7 Tips Aman Menonton Pertandingan Olahraga

Harus Tahu, Ini 7 Tips Aman Menonton Pertandingan Olahraga

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 22 November 2022

“Sebaiknya ketahui tips aman untuk menyaksikan pertandingan olahraga. Seperti misalnya memastikan kondisi kesehatan yang optimal hingga memperbanyak asupan air putih.”

Harus Tahu, Ini 7 Tips Aman Menonton Pertandingan OlahragaHarus Tahu, Ini 7 Tips Aman Menonton Pertandingan Olahraga

Halodoc, Jakarta – Menyaksikan olahraga secara langsung memang mengasyikkan. Selain mendapatkan suasana yang meriah, kamu juga bisa langsung mengamati penampilan atlet kesayangan yang sedang sedang berlaga saat melakukan pertandingan olahraga. 

Namun sebelum menyaksikan olahraga secara langsung, sebaiknya ketahui berbagai tips aman menonton pertandingan olahraga. Dengan begitu, hal ini akan menjadi pengalaman yang menyenangkan. Yuk, simak ulasannya mengenai tips aman menyaksikan olahraga berikut ini.

Tips Aman Menyaksikan Olahraga

Menyaksikan pertandingan olahraga secara langsung tentunya akan berkaitan dengan kondisi keramaian. Sebaiknya pastikan kamu mengetahui berbagai tips aman saat menyaksikan olahraga agar kamu bisa menikmati pertandingan olahraga dan terhindar dari berbagai gangguan kesehatan yang bisa terjadi.

Berikut ini tips aman menonton pertandingan olahraga, yaitu:

1. Pastikan Kesehatan dalam Kondisi Baik

Sebelum berangkat menyaksikan olahraga, pastikan kamu dalam kondisi yang sehat. Kondisi yang sehat membuat kamu bisa menikmati pertandingan dengan lebih baik. 

Namun, jika kamu memiliki keluhan kesehatan, sebaiknya tunda dulu menyaksikan olahraga secara langsung. Tidak ada salahnya menyaksikan pertandingan olahraga dari rumah untuk sementara melalui televisi maupun gadget. Kondisi ini dilakukan untuk mencegah keluhan kesehatan semakin memburuk.

Selain itu, jangan lupa untuk melakukan vaksinasi COVID-19 secara lengkap untuk mencegah penularan dan penyebaran penyakit di tengah pandemi.

2. Konsumsi Makanan Sehat

Kamu juga perlu mengonsumsi berbagai makanan sehat agar kamu memiliki energi yang optimal saat menyaksikan pertandingan olahraga. Kurang mengonsumsi makanan bisa membuat kamu menjadi kurang fokus dan merasa pusing saat pertandingan berlangsung. Hal ini membuat pengalaman kamu menjadi kurang optimal.

3. Perbanyak Asupan Air Putih

Terlalu asyik menyaksikan pertandingan tim kesayangan kerap membuat kamu lupa untuk mengonsumsi air putih. Sebaiknya jangan lupa untuk membawa air minum saat menyaksikan pertandingan agar kamu tidak kekurangan asupan cairan atau dehidrasi. 

4. Menjaga Kebersihan Tangan

Jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan tangan ketika kamu menyaksikan pertandingan olahraga. Jika sulit untuk menemukan air yang mengalir, kamu bisa membawa hand sanitizer untuk menjaga kebersihan tangan. 

5. Lakukan Peregangan

Saat menyaksikan pertandingan olahraga secara langsung, kamu akan lebih banyak berada dalam posisi duduk. Sebaiknya jangan lupa untuk melakukan peregangan sederhana yang bisa kamu lakukan saat menyaksikan pertandingan. Kamu bisa melakukan peregangan dengan menggerakan bahu, jari tangan, hingga kaki.

6. Gunakan Masker

Jangan lupa untuk tetap menggunakan masker selama menyaksikan pertandingan olahraga. Selain bisa mencegah penyebaran penyakit, kebiasaan ini juga bisa dilakukan untuk menghindari penularan penyakit dari orang lain. 

7. Waspada Terhadap Kondisi Sekitar

Meskipun pertandingan terasa menyenangkan, sebaiknya tetap waspada terhadap kondisi sekitar. Jika terjadi kerusuhan antar pendukung tim olahraga, sebaiknya segera menjauh dari lokasi untuk mengurangi bahaya yang berisiko kamu alami.

Itulah berbagai tips aman untuk menyaksikan pertandingan olahraga secara langsung. Jangan lupa untuk datang lebih awal atau tepat waktu sebelum pertandingan dimulai agar kamu tidak terburu-buru memasuki lokasi pertandingan.

Jika saat menyaksikan pertandingan kamu mengalami keluhan kesehatan, seperti pusing, sakit kepala, atau sesak napas, sebaiknya segera menjauh dari lokasi pertandingan dan segera lakukan pemeriksaan.

Kamu bisa buat janji medis pada rumah sakit pilihan yang terdekat dengan lokasi pertandingan menggunakan Halodoc. Caranya download aplikasi Halodoc sekarang juga melalui App Store atau Google Play.

Banner download aplikasi Halodoc
Referensi:
St. Luke’s Health. Diakses pada 2022. Game Watching Party Safety Tips.
Market Watch. Diakses pada 2022. Want to Go to a Live Sporting Event? Here Are Some COVID-19 Safety Tips.