30 May 2018

Hindari Kebiasaan Ini Demi Jantung Sehat!

Hindari Kebiasaan Ini Demi Jantung Sehat!

Halodoc, Jakarta – Penyakit jantung adalah penyumbang tertinggi terhadap angka kematian yang mencapai sekitar 17,3 juta orang setiap tahunnya. Penyakit ini disebabkan oleh penumpukan lemak, kolesterol, atau zat lainnya pada pembuluh darah di jantung, sehingga mengganggu aktivitas jantung. Meskipun penyakit jantung ada yang merupakan penyakit jantung turunan, ternyata beberapa kebiasaan sehari-hari menjadi faktor risiko yang berdampak buruk bagi kesehatan jantung.

  1. Terlalu Lama Menonton Televisi

Duduk berlama-lama di depan televisi dapat meningkatkan risiko penyakit jantung. Saat duduk terlalu lama di depan televisi, tubuh mengalami sedikit sekali pergerakan. Akibatnya kadar gula dan lemak di dalam tubuh terus menumpuk. Apalagi, saat menonton televisi sebagian orang sangat suka ditemani berbagai makanan ringan.

  1. Makan Terlalu Banyak

Makan terlalu banyak bisa menyebabkan kelebihan berat badan atau obesitas. Kondisi ini bisa menjadi faktor risiko utama terjadinya penyakit jantung. Menurut sebuah penelitian yang dipresentasikan pada American Heart Association Scientific Sessions tahun 2000, terlalu banyak makan dapat meningkatkan risiko terjadinya serangan jantung empat kali lipat, dalam waktu dua jam setelah makan. 

  1. Merokok

Bukan hanya untuk kesehatan jantung, merokok juga dapat menyebabkan gangguan kesehatan lainnya. Merokok dapat meningkatkan pembekuan darah, yang dapat menghambat aliran darah ke jantung, sehingga menyebabkan penumpulan plak di arteri. Menghirup asap rokok ternyata juga dapat menghasilkan beberapa efek yang merusak sistem serebrovaskular. 

  1. Jarang Makan Buah dan Sayuran

Orang yang makan lebih dari lima porsi buah dan sayuran sehari memiliki risiko sekitar 20 persen lebih rendah mengalami penyakit jantung. Itu karena buah dan sayuran mengandung vitamin, mineral, dan serat rendah kalori yang dapat membantu kamu mengendalikan berat badan dan tekanan darah.

  1. Sering Makan Camilan Asin

Camilan dan makanan dengan rasa asin memang enak dan selalu menggugah selera. Namun tahukah kamu, ternyata konsumsi makanan seperti ini secara berlebih dapat meningkatkan tekanan darah, yang merupakan faktor risiko utama terjadinya serangan jantung?

Nah, agar kesehatan jantung kamu terjaga, yuk kurangi kebiasaan buruk di atas. Jika kamu ingin mengetahui informasi tentang penyakit jantung dan informasi lain tentang penyakit jantung turunan, kamu bisa menghubungi para dokter di aplikasi Halodoc melalui layanan video/voice call atau chat. Di aplikasi Halodoc kamu bisa membeli obat melalui layanan Apotek Antar. Kamu juga bisa melakukan cek lab tanpa harus keluar rumah, lho. Mudah dan prkatis, kan? Download aplikasi Halodoc di App Store dan Google Play sekarang ya.