• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Hindari Makanan Ini Agar Tidak Sembelit saat Puasa
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Hindari Makanan Ini Agar Tidak Sembelit saat Puasa

Hindari Makanan Ini Agar Tidak Sembelit saat Puasa

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 20 April 2022

“Sembelit disebut lebih rentan terjadi saat puasa. Kondisi ini bisa muncul karena tubuh mendapatkan asupan cairan dan makanan yang lebih sedikit dari biasanya. Selain itu, beberapa jenis makanan tertentu ternyata juga bisa memicu sembelit saat puasa, seperti gorengan dan daging merah.”

Hindari Makanan Ini Agar Tidak Sembelit saat Puasa

Halodoc, Jakarta – Sembelit adalah kondisi yang menyebabkan seseorang mengalami kesulitan buang air besar. Pada bulan puasa, sembelit disebut sebagai salah satu keluhan atau gangguan kesehatan yang sering muncul. Salah satu penyebabnya adalah asupan makanan yang sembarangan. Lantas, apa saja jenis makanan yang bisa menyebabkan sembelit saat puasa? 

Faktanya, ada beberapa jenis makanan yang “kurang ramah” bagi pencernaan. Jika dikonsumsi secara berlebihan, terutama setelah berpuasa, jenis makanan ini bisa meningkatkan risiko sembelit. Maka dari itu, penting untuk mengetahui daftar makanan penyebab sembelit sehingga bisa dihindari dan puasa bisa berjalan dengan lancar serta sehat. 

Jenis Makanan Penyebab Sembelit saat Puasa 

Sembelit alias konstipasi bisa disebabkan oleh beberapa faktor, salah satunya konsumsi makanan tertentu. Risiko penyakit ini juga disebut meningkat pada saat puasa, biasanya terjadi karena tubuh kurang mendapatkan asupan cairan dan serat. Selain itu, konstipasi juga bisa terjadi karena kebiasaan mengonsumsi makanan tertentu saat sahur atau berbuka puasa. 

Ada beberapa jenis makanan penyebab sembenyebab sembelit saat puasa yang harus dihindari, antara lain: 

  1. Susu dan Produk Olahan Susu 

Kamu mungkin berpikir mengonsumsi susu saat sahur akan membuat tubuh lebih kuat saat menjalani puasa. Namun hati-hati, terlalu banyak mengonsumsi susu ternyata bisa meningkatkan risiko sembelit. Hal ini diduga disebabkan oleh kandungan protein dan laktosa yang tinggi di dalam susu. Hindari juga berlebihan dalam mengonsumsi produk olahan susu, contohnya keju.

  1. Daging Merah 

Jenis makanan ini juga banyak mengandung protein dan lemak, yang bisa memicu konstipasi. Sebab, kedua jenis nutrisi ini lebih sulit untuk dicerna oleh sistem pencernaan. Karena itu, terlalu banyak mengonsumsi daging merah sering dikaitkan dengan peningkatan risiko sembelit. 

  1. Makanan Manis 

Makanan manis disarankan dikonsumsi saat berbuka puasa untuk mengembalikan energi tubuh. Namun, jangan berlebihan dalam mengonsumsinya. Faktanya, kandungan pemanis atau gula yang terlalu banyak bisa menjadi penyebab sembelit. 

  1. Gorengan 

Gorengan serta jenis makanan lain yang digoreng seolah sudah menjadi “menu wajib” berbuka puasa. Akan tetapi, jenis makanan ini ternyata merupakan salah satu penyebab terjadinya gangguan pencernaan. Kandungan lemak yang tinggi pada gorengan bisa mengganggu sistem pencernaan karena lebih sulit untuk dicerna. 

  1. Makanan Olahan 

Jenis makanan penyebab sembelit saat puasa selanjutnya adalah produk makanan olahan. Saat sahur atau berbuka puasa, hindari mengonsumsi sosis atau makanan kaleng agar tidak mengalami sembelit. Jenis makanan ini banyak mengandung lemak dan garam, sehingga bisa mengganggu sistem pencernaan. 

  1. Kafein 

Makanan dan minuman yang banyak mengandung kafein juga sebaiknya dihindari. Faktanya, kandungan kafein dalam makanan bisa meningkatkan risiko susah buang air besar. Selain itu, terlalu banyak mengonsumsi kafein juga dikhawatirkan akan meningkatkan risiko gangguan pencernaan lain yang bisa membuat tidak nyaman, serta mengganggu ibadah puasa. 

Maka dari itu, penting untuk memperhatikan jenis makanan yang dikonsumsi agar terhindar dari risiko sembelit atau gangguan pencernaan lain. Biar ibadah puasa lancar, kamu juga bisa terhubung dengan dokter melalui aplikasi Halodoc. Bicarakan seputar asupan gizi selama puasa melalui Video/Voice Call atau Chat. Kamu juga bisa menyampaikan masalah kesehatan yang dialami pada ahlinya. Ayo, download aplikasi Halodoc sekarang di App Store atau Google Play! 

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2022. 7 Foods That Can Cause Constipation. 
Medicinet. Diakses pada 2022. 15 Foods That Cause Constipation. 
Verywell. Diakses pada 2022. Foods You Should Never Eat When You’re Constipated.