26 June 2018

Ibu bekerja, Bagaimana Quality Time dengan Anak?

quality time dengan anak

Halodoc, Jakarta – Baik ayah maupun ibu perlu berusaha untuk selalu menjaga hubungan tetap dekat dengan anak. Nah, salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan meluangkan waktu yang berkualitas atau quality time dengan Si Kecil.

Bagi ibu yang full time di rumah, hal ini mungkin tidak terlalu jadi masalah. Namun, bagi ibu yang masih harus bekerja, mempunyai waktu berkualitas dengan anak seperti impian yang sulit digapai. Pasalnya, pagi-pagi saja ibu sudah harus berangkat ke kantor, belum lagi selama di kantor ibu disibukkan dengan banyak pekerjaan dan meeting. Tiba di rumah sudah malam dan ibu sudah terlalu lelah untuk bermain dengan anak. Ibu pun seringkali dihadapkan pada pilihan antara mementingkan keluarga atau pekerjaan.

Baca juga: 5 Masalah yang Biasa Ditemui pada Anak dengan Ibu Bekerja

Hanya dengan meluangkan quality time dengan anak saja, ibu dapat mengetahui setiap tumbuh kembang anak dan anak pun akan merasa dicintai, sehingga hal ini dapat memberi dampak baik untuk kondisi mentalnya. Berikut ada beberapa tips agar ibu bisa menjaga quality time dengan anak walau sibuk bekerja.

1. Ingatlah Kualitas Lebih Penting Daripada Kuantitas

Tidak perlu muluk-muluk untuk menargetkan waktu yang banyak untuk Si Kecil, karena hal ini akan membuat ibu merasa sangat bersalah bila tidak bisa mewujudkannya. Ingatlah bahwa yang terpenting adalah kualitas bukan kuantitas. Jadi, gunakanlah sedikit waktu yang ibu punya di tengah-tengah kesibukan untuk ngobrol dengan Si Kecil dan melakukan kegiatan positif lainnya.

2. Pintar Mencuri Waktu

Mencuri waktu di sini maksudnya adalah mengambil setiap kesempatan yang ada untuk berkomunikasi dengan anak. Misalnya, ibu bisa mengantarkan anak setiap pagi ke sekolah agar bisa mengobrol dengannya selama perjalanan. Selalu usahakan juga untuk sarapan bersama dengan anak karena momen tersebut bisa menjadi salah satu quality time ibu dengannya.

Baca juga: Yuk, Lakukan 5 Aktivitas Ini untuk Bonding dengan Si Kecil

3. Tinggalkan Gadget Saat Bersama Anak

Setelah ibu pulang bekerja di malam hari, berikanlah waktu ibu sepenuhnya untuk anak. Matikan gadget, tinggalkan komputer atau laptop ibu dan nikmatilah malam hari bersama Si Kecil. Ibu bisa bermain bersama anak, membacakan buku cerita untuknya, atau memeluk sambil bermanja-manjaan dengannya.

Baca juga: 6 Manfaat Membacakan Buku Cerita untuk Anak

4. Buatlah Sebuah Tradisi Keluarga

Menciptakan quality time dengan anak  tidak perlu dengan selalu mengajak mereka liburan ke suatu tempat atau pergi ke restoran kekinian untuk makan besar, dan sebagainya. Namun, ibu bisa melakukan kegiatan-kegiatan yang sederhana seperti mengajak Si Kecil berbelanja ke pasar setiap hari Minggu pagi, jalan-jalan bersama Si Kecil mengitari komplek atau ke taman di dekat rumah setiap hari Sabtu pagi, dan sebagainya. Jadikanlah hal-hal tersebut sebagai tradisi yang rutin dijalankan agar hubungan ibu dan anak tetap intim.

5. Gunakan Bantuan untuk Mengurus Pekerjaan Rumah Tangga

Setelah pulang bekerja, masih harus mengerjakan pekerjaan rumah seperti mencuci piring, memasak dan lain-lain tidak hanya bisa bikin ibu stres dan kelelahan, waktu bersama anak pun jadi berkurang. Jadi, enggak ada salahnya untuk mempekerjakan seorang asisten rumah tangga untuk membantu meringankan tugas-tugas rumah, sehingga ibu bisa mempunyai tambahan waktu untuk quality time dengan anak.  

Semoga tips-tips di atas bermanfaat ya. Kalau anak sakit, jangan panik, tanyakan saja pada dokter lewat aplikasi Halodoc. Kamu bisa menghubungi dokter melalui Video/Voice Call dan Chat kapan saja dan di mana saja. Yuk, download Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.