• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ibu Hamil Berenang Perlu Tahu 5 Syarat Ini

Ibu Hamil Berenang Perlu Tahu 5 Syarat Ini

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc

Halodoc, Jakarta – Renang adalah salah satu olahraga yang bisa dilakukan oleh semua orang, termasuk untuk ibu hamil. Olahraga renang sangat baik untuk menguatkan otot-otot rahim dan seni panggul, sehingga disarankan untuk ibu hamil. Selain itu, berenang adalah salah satu olahraga yang membuat semua sendi pada tubuh bergerak, sehingga sangat baik untuk mengurangi rasa pegal-pegal yang dirasakan ibu hamil pada masa kehamilan.

Baca juga: Manfaat Tersembunyi dari Olahraga Renang bagi Ibu Hamil

Olahraga dalam air ini juga nyatanya sangat baik dilakukan ibu hamil, karena memiliki risiko yang sangat kecil untuk kesehatan. Tentunya olahraga ini juga aman dilakukan ibu hamil pada setiap usia kehamilan, karena dapat membuat otot tubuh ibu hamil menjadi lentur, napas menjadi teratur, dan tubuh ibu hamil juga akan menjadi lebih kuat untuk menopang beban kehamilan yang semakin hari akan semakin membesar. Namun, tentu ada beberapa hal yang perlu ibu perhatikan saat akan berenang, termasuk tepian kolam yang licin. Sebaiknya ibu berhati-hati saat akan memasuki kolam renang.

1. Jangan Melompat saat Masuk Dalam Kolam

Saat akan memasuki kolam, hindari memasuki kolam renang dengan cara melompat. Sebaiknya ibu memasuki kolam renang secara perlahan. Jika air kolam terasa cukup dingin, sebaiknya ibu bermain-main terlebih dahulu dengan air kolam di pinggir kolam agar suhu tubuh menyesuaikan dengan suhu air.

Jangan melompat ke dalam kolam, karena dapat menyebabkan benturan antara rahim dan air. Terjadinya benturan dapat menyebabkan rahim terguncang. Sebaiknya gunakan tangga atau masuk kolam dari tingkat yang paling rendah agar rahim terhindar dari guncangan.

2. Lakukan Renang pada Waktu yang Cocok

Pastikan waktu yang ibu pilih untuk berenang adalah waktu yang paling baik digunakan untuk olahraga. Lakukan olahraga renang pada pagi hari sebelum jam 10.00 hingga 11.00. Sebaiknya ibu hamil tidak berenang pada siang hari untuk menghindari sinar ultraviolet yang tidak baik untuk kesehatan ibu dan janin. Saat sore hari setelah pukul 15.00 hingga 17.00 juga baik untuk ibu hamil melakukan olahraga renang, karena udara yang sudah cukup sejuk. Ibu perlu mengingat juga untuk tidak berenang terlalu malam. Hal tersebut dilakukan untuk menghindari angin malam atau penyakit lainnya.

3. Lakukan Renang Selama 30 Menit Saja

Sebaiknya jangan terlalu lama berada di dalam kolam renang. Ibu bisa melakukannya selama 30 menit setiap melakukan olahraga renang ini. Berenang lebih dari 30 menit akan meningkatkan suhu dalam kandungan. Jika ibu tidak bisa melakukan gerakan renang, ibu bisa berjalan-jalan di dalam kolam untuk menguatkan tubuh.

4. Minum Cukup Air Putih

Saat berenang jangan lupa siapkan air putih. Pastikan kebutuhan cairan tubuh untuk ibu hamil tetap tercukupi agar tidak dehidrasi. Biasanya dengan melakukan olahraga renang, ibu hamil akan lebih mudah merasa lelah. Sebaiknya saat merasa lelah, segera keluar dari kolam dan beristirahat. Jangan lupa untuk mengonsumsi air putih untuk mengembalikan tubuh menjadi segar.

5. Konsultasi pada Dokter

Jika ibu pernah mengalami keguguran lebih dari 3 kali, mengalami kelahiran secara prematur, atau serviks dinilai lemah, ada baiknya melakukan konsultasi pada dokter terlebih dahulu untuk melakukan olahraga renang agar kesehatan ibu dan janin tetap terjaga.

Baca juga: Berbagai Macam Gaya Renang dan Manfaatnya

Selain berenang, ibu bisa melakukan berbagai olahraga ringan saat ibu hamil untuk mempersiapkan kelahiran dan menguatkan tubuh. Jika ibu memiliki keluhan mengenai kehamilan, bisa gunakan aplikasi Halodoc untuk bertanya pada dokter. Yuk, download aplikasi Halodoc melalui App Store atau Google Play sekarang juga!