• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ibu, Ini Hal yang Perlu Dilakukan saat Si Kecil Alami Sinusitis
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ibu, Ini Hal yang Perlu Dilakukan saat Si Kecil Alami Sinusitis

Ibu, Ini Hal yang Perlu Dilakukan saat Si Kecil Alami Sinusitis

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 16 Februari 2022

“Sinusitis pada anak dapat diobati tergantung apa yang jadi penyebab, tingkat keparahan, dan faktor lainnya. Selain menjalani pengobatan dari dokter, perawatan rumahan juga bisa membantu meredakan gejala.”

Ibu, Ini Hal yang Perlu Dilakukan saat Si Kecil Alami SinusitisIbu, Ini Hal yang Perlu Dilakukan saat Si Kecil Alami Sinusitis

Halodoc, Jakarta – Sinus adalah ruang udara lembap di dalam tulang wajah, atau tepatnya di sekitar hidung. Ketika sinus terinfeksi dan membengkak atau teriritasi, ini disebut sinusitis (atau infeksi sinus).

Terkadang, infeksi sinus terjadi setelah infeksi saluran pernapasan atas (ISPA) atau flu biasa. Alergi juga dapat menyebabkan infeksi sinus karena pembengkakan jaringan hidung dan peningkatan produksi lendir. 

Pengobatan Sinusitis pada Anak

Pengobatan untuk sinusitis pada anak akan tergantung pada berbagai faktor. Termasuk usia, kondisi kesehatan secara keseluruhan, jenis infeksi sinus yang dialami, dan lain-lain.

Berikut ini pengobatan sinusitis berdasarkan jenisnya, yaitu akut maupun kronis:

1. Pengobatan Sinusitis Akut

Apabila yang dialami adalah sinusitis bakteri, kebanyakan anak merespon dengan sangat baik terhadap terapi antibiotik. Semprotan steroid hidung atau cuci hidung juga dapat diresepkan untuk meredakan hidung tersumbat di rumah.

Dekongestan dan antihistamin yang dijual bebas umumnya tidak efektif untuk infeksi virus saluran pernapasan atas pada anak-anak, dan tidak boleh diberikan kepada anak-anak di bawah usia dua tahun.

Dokter juga mungkin memutuskan untuk merawat anak dengan obat-obatan tambahan jika ia memiliki alergi atau kondisi lain yang memperburuk infeksi sinus.

Sinusitis yang disebabkan oleh virus biasanya dapat sembuh tanpa perawatan medis khusus. Cukup melakukan perawatan rumahan dan istirahat yang cukup.

2. Pengobatan Sinusitis Kronis

Jika anak mengalami gejala infeksi sinus selama setidaknya 12 minggu, ia mungkin mengidap sinusitis kronis. Sinusitis kronis menunjukkan bahwa anak harus dibawa ke dokter spesialis THT, yang dapat merekomendasikan perawatan medis atau bedah yang tepat.

Pembedahan dapat dipertimbangkan untuk sebagian kecil anak-anak dengan gejala infeksi sinus yang parah atau persisten meskipun ada terapi medis. Pada anak di bawah 13 tahun, dokter mungkin menyarankan untuk membuang jaringan adenoid dari belakang hidung sebagai bagian dari pengobatan infeksi sinus.

Meskipun jaringan adenoid tidak secara langsung menyumbat sinus, infeksi jaringan adenoid, yang disebut adenoiditis (infeksi pada bagian belakang hidung yang dapat menyebabkan penyumbatan), dapat menyebabkan banyak gejala yang mirip dengan sinusitis. Termasuk hidung meler, hidung tersumbat, post-nasal menetes, bau mulut, batuk, dan sakit kepala.

Pada anak-anak yang lebih tua dan mereka yang terapi medisnya tidak berhasil, adenoidektomi atau pilihan bedah lainnya mungkin direkomendasikan.

Dokter spesialis THT juga dapat membuka jalur drainase alami dari sinus anak dan membuat saluran yang sempit menjadi lebih lebar. Ini juga memungkinkan untuk memberi antibiotik langsung pada sinus.

Apa yang Bisa Dilakukan di Rumah?

Ada banyak perawatan rumahan yang dapat dilakukan ketika anak mengalami sinusitis, yaitu:

1. Pasang Humidifier

Saat infeksi sinus terjadi, cobalah pasang pelembap udara atau humidifier di kamar tidur anak. Ini dapat membuat anak bisa bernapas lebih lega.

2. Semprotan Hidung Saline

Semprotan hidung saline membantu mengencerkan lendir dan membuka saluran hidung. Ini dapat dilakukan saat mengalami hidup tersumbat akibat infeksi sinus di rumah.

3. Terapi Uap

Untuk mengurangi hidung tersumbat, uap bisa digunakan untuk mengencerkan lendir. Cobalah ajak anak mandi air hangat agar ia bisa sekaligus menghirup uap hangatnya.

4. Minum Air Putih yang Cukup

Beri anak air dan jus segar sepanjang hari untuk menjaga tubuhnya tetap terhidrasi. Ini akan membantu melonggarkan lendir dan membersihkan sinus dengan cara yang paling alami.

5. Kompres Hangat

Celupkan waslap bersih atau handuk tangan lembut ke dalam semangkuk air hangat. Pastikan handuk hangat dan tidak panas saat mengompreskannya ke wajah anak. Ini bisa membantu meredakan hidung tersumbat.

Nah, itulah pembahasan mengenai pengobatan sinusitis dan apa yang bisa dilakukan di rumah. Jika tak kunjung membaik dengan perawatan rumahan, download aplikasi Halodoc saja untuk bicara pada dokter.

Referensi:
Kids Health. Diakses pada 2022. Sinusitis.
ENT Health. Diakses pada 2022. Pediatric Sinusitis.
John Hopkins Medicine. Diakses pada 2022. Sinusitis in Children.
Firstcry Parenting. Diakses pada 2022. Sinusitis in Children – Causes, Symptoms and Treatment.