• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ibu, Kenali Penyebab Bayi Berkeringat saat Menyusu
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ibu, Kenali Penyebab Bayi Berkeringat saat Menyusu

Ibu, Kenali Penyebab Bayi Berkeringat saat Menyusu

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 23 November 2021
Ibu, Kenali Penyebab Bayi Berkeringat saat Menyusu

“Bayi berkeringat adalah hal yang biasa terjadi saat menyusu. Namun, bagaimana jika masalah ini terjadi terlalu sering dan bahkan saat suhu ruangan tidak panas? Ibu perlu tahu lebih lengkap terkait hal ini.”

Halodoc, Jakarta – Sama seperti orang dewasa, bayi juga dapat berkeringat yang biasanya terjadi saat menyusu. Hal ini terbilang normal terjadi karena bayi berusaha untuk mendapatkan ASI agar kenyang. Namun, jika keringat yang keluar terlalu banyak, ibu perlu berhati-hati terhadap beberapa gangguan berbahaya yang mungkin terjadi. Untuk lebih lengkapnya, baca ulasan berikut ini!

Berbagai Penyebab Bayi Berkeringat saat Menyusu

Bayi sama seperti semua orang lainnya, yaitu berkeringat guna membantu suhu tubuhnya menurun agar lebih dingin. Saat bayi kepanasan sesekali, tentu orangtuanya tidak khawatir akan suatu masalah medis yang mungkin terjadi. Namun, jika Si Kecil terlalu sering berkeringat dan suhu tubuhnya sangat panas, mungkin ibu perlu melakukan pemeriksaan medis agar penyebabnya diketahui.

Namun, apa saja sih berbagai penyebab bayi berkeringat saat menyusu yang normal? Berikut di antaranya:

1. Kamarnya Terlalu Panas

Bayi dapat mengeluarkan keringat saat lingkungannya panas atau lembap. Maka dari itu, pastikan jika suhu kamarnya dalam indikator normal, tidak terlalu dingin atau terlalu panas. Ibu bisa memastikan kamarnya memiliki ventilasi yang baik agar udara di dalam ruangan tidak pengap.

2. Menggunakan Pakaian Berlebihan

Pastikan ibu tidak mengenakan Si Kecil pakaian yang berlebihan yang membuatnya banyak berkeringat. Kenakan pakaian sesuai kebutuhan dengan menyesuaikan iklim yang ada. Jangan berikan penutup kepala saat menyusui agar tubuhnya tetap dingin.

3. Mengisap Merupakan Bentuk Olahraga pada Bayi

Kegiatan mengisap pada bayi merupakan latihan untuk rahang bayi. Tentu saja, hal ini dapat membuat bayi menjadi berkeringat dan tentunya merupakan indikator baik. Namun, jika dirasa keringat yang keluar terlalu banyak, cobalah untuk menghentikan sementara agar keringatnya menghilang atau membersihkan keringatnya dahulu.

Gangguan Kesehatan yang Ditandai dengan Keringat Berlebih

Lalu, apa saja sih masalah medis yang gejalanya berupa bayi berkeringat berlebih? Ibu perlu tahu beberapa kondisi penyebab ini:

1. Atresia Pulmonal

Salah satu masalah medis yang dapat menjadi penyebab bayi berkeringat adalah atresia pulmonal. Kondisi ini berhubungan dengan katup pulmonal yang membantu untuk mengatur aliran darah ke paru-paru akibat tidak terbentuk dengan baik. Akhirnya, darah tidak dapat mencapai paru-paru yang menyebabkan tubuh kekurangan oksigen.

2. Hipertiroidisme

Keringat berlebih yang keluar dari tubuh bayi juga dapat mengindikasikan kondisi yang berhubungan dengan kelenjar tiroid, atau disebut juga hipertiroidisme. Beberapa bayi yang mengidap gangguan ini dapat mengalami sianosis atau kondisi yang membuat kulitnya berwarna kebiruan.

3. Tongue Tie

Kondisi bawaan saat lahir pada bayi yang disebut tongue tie, atau ankyloglossia, dipercaya juga dapat membuat bayi berkeringat berlebih saat menyusu. Masalah pada jaringan di bawah lidah ini dapat membuat bayi kesulitan untuk mengisap, menelan, dan bernapas. Saat bayi banyak berkeringat, tubuhnya merasa lelah saat menyusu.

Nah, itulah beberapa penyebab bayi berkeringat saat dalam kondisi normal atau disebabkan oleh kondisi medis tertentu. Maka dari itu, sangat penting untuk melakukan pemeriksaan medis jika ibu merasa Si Kecil mudah berkeringat saat menyusu meski suhu ruangan normal. Semakin cepat kondisi medis ini didiagnosis, semakin baik juga untuk kesehatan sang bayi.

Pemeriksaan kesehatan untuk bayi di rumah sakit juga bisa dipesan melalui aplikasi Halodoc. Cukup dengan download aplikasi Halodoc, ibu bisa menentukan sendiri rumah sakit yang diinginkan dan jam pemeriksaan ini dilakukan. Maka dari itu, jangan ragu lagi untuk mengunduh aplikasi Halodoc guna mendapatkan kemudahan dalam akses kesehatan tanpa batas!

This image has an empty alt attribute; its file name is Banner_Web_Artikel-01.jpeg
Referensi:
Parentlane. Diakses pada 2021. Why Does Your Baby Sweat While Breastfeeding?
Mother & Baby India. Diakses pada 2021. Why does your baby sweat while breastfeeding?