02 November 2017

Ikuti Cara Ini Agar Cepat Hamil

Ikuti Cara Ini Agar Cepat Hamil

Halodoc, Jakarta – Setelah menikah, banyak pasangan yang langsung merencanakan untuk memiliki buah hati. Berbagai hal pun dilakukan, salah satu diantaranya adalah memperbaiki pola makan sehat. Menjaga asupan makan yang bernutrisi untuk persiapan kehamilan bagi wanita. Sedangkan bagi pria, untuk meningkatkan produksi sperma yang terbaik, maka juga diperlukan asupan makanan tertentu yang kaya nutrisi dan menyehatkan.

Namun selain dari segi makanan, ada beberapa hal lain yang bisa membantu agar cepat hamil. Yuk, cek poin-poin berikut ini agar segera diberi momongan:

1.  Cek HSG (Hysterosalpingogram)
HSG atau hysterosalpingogram merupakan tes X-Ray untuk mengetahui apakah ada penyumbatan di dalam saluran tuba falopi. Jika diketahui bahwa tidak ada penyumbatan maka artinya seorang wanita bisa mendapatkan kehamilan.

2.  Hindari stres
Ketika stres, produksi hormon kortisol dalam tubuh meningkat. Padahal hormon kortisol tidak baik bagi wanita yang sedang merencanakan kehamilan atau pun wanita yang sedang hamil muda. Jadi sebaiknya hindari stres dan lakukan hal-hal menyenangkan agar pikiran dan tubuh menjadi lebih rileks.

3.  Atur Berat Badan
Orang dengan berat badan berlebih menjadi lebih sulit untuk hamil, pasalnya lemak pada tubuh bisa jadi menutupi rahim sehingga membuat sulit hamil. Namun ini juga berlaku pada pria, obesitas bisa membuat pria mengalami masalah pada sperma. Oleh karena itu bagi pasangan yang sedang merencanakan kehamilan sebaiknya atur pola makan secara sehat agar berat badan tidak berlebihan.

4.  Cek sperma
Diketahui bahwa pengecekan sperma sangat penting karena 40 persen masalah ketidaksuburan disebabkan oleh pria. Jadi pastikan kualitas sperma dalam kondisi baik sehingga dapat membuahi sel telur sehingga dapat terjadi kehamilan. Kriteria sperma yang baik adalah sperman dengan jumlah yang cukup yaitu 39 juta per ejakulasi (minimal 15 juta per milliliter).

5.  Vitamin
Bicarakan dengan dokter mengenai jenis vitamin yang tepat. Baik untuk pria maupun wanita, tak ada salahnya menambah asupan vitamin untuk kesuburan. Setelah memeriksakan diri ke dokter, mintalah resep vitamin atau suplemen untuk konsumsi harian agar dapat segera hamil. Selain dari resep dokter, vitamin juga bisa didapat dari konsumsi buah-buahan seperti vitamin C pada jeruk dan jambu, lalu vitamin A pada wortel. Vitamin C dapat meningkatkan kualitas sperma dan Vitamin E dan E bisa meningkatkan kesuburan pada pria dan wanita.

6.  Ketahui Masa Subur
Agar mengetahui masa ovulasi yang tepat, ketahui dulu masa subur kamu setiap bulannya. Pembuahan di masa subur berpotensi besar terjadi kehamilan. Jika kamu memiliki jadwal datang bulan yang tidak teratur kamu bisa meminta saran dari dokter agar dapat mengetahui masa ovulasi yang tepat.

7.  Gaya Hidup Sehat
Jika suami adalah seorang perokok atau bahkan istri juga merokok sebaiknya mulai perbaiki kebiasaan ini. Demikian juga dengan kebiasaan minum alkohol, sebaiknya kurangi kebiasaan ini. Konsumsi alkohol bisa menurunkan peluang kehamilan hingga 50 persen. Sebaiknya, hindari kebiasaan-kebiasaan ini dan mulai beralih pada gaya hidup yang lebih sehat. Misalnya dengan berolahraga dan juga menjaga asupan makanan dan kalori setiap hari.


Selalu bicarakan masalah kesehatan keluarga dengan dokter yang tepat. Jika belum sempat ke rumah sakit, gunakan aplikasi Halodoc untuk bicara dengan dokter secara langsung. Dengan Halodoc, dokter bisa dihubungi melalui Voice/Video Call dan Chat. Selain itu, membeli kebutuhan medis pun jadi lebih mudah dengan Halodoc, pesanan akan diantarkan dalam satu jam. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang di App Store dan Google Play.