12 January 2018

Ingin Bentuk Tubuh Indah? Ikuti Swing Yoga

Ingin Bentuk Tubuh Indah? Ikuti Swing Yoga

Halodoc, Jakarta – Yoga sudah dikenal luas sebagai olahraga yang memiliki segudang manfaat untuk kesehatan tubuh. Salah satu jenis yoga yang menarik untuk dilakukan adalah swing yoga. Menggunakan sehelai selendang khusus, kamu dapat menggerakan pose-pose yoga di udara sehingga terasa seperti terbang! Selain seru, ternyata swing yoga juga dapat memberi manfaat yang besar dalam membentuk tubuh menjadi ideal dan indah. Tertarik untuk mencoba?

Jenis yoga yang satu ini berbeda dari yoga pada umumnya yang dilakukan di atas matras. Swing yoga menggunakan properti berupa selendang yang biasa disebut juga hammock atau swing untuk membantumu melakukan sejumlah gerakan-gerakan yoga di udara, sehingga sering disebut juga aerial yoga. Swing yoga sering disebut juga dengan anti-gravity yoga, karena kamu akan belajar melatih keseimbangan dan melawan gravitasi ketika mengikuti kelas yoga ini. Menggabungkan gerakan-gerakan dasar yoga dengan gerakan gimnastik, pilates, dan akrobatik, membuat swing yoga tidak hanya seru untuk dilakukan tapi juga dapat membakar banyak kalori, mengencangkan, serta membentuk tubuh. Berikut manfaat lain dari olahraga swing yoga:

  • Melancarkan Sirkulasi Darah

Salah satu pose yang dilakukan di swing yoga adalah floating inversion atau sirsasana, dimana posisi kepala berada di bawah tapi tidak sampai menyentuh lantai dan berat badan  sepenuhnya ditopang oleh hammock. Pose ini bermanfaat untuk melancarkan aliran oksigen menuju ke otak, sehingga sirkulasi darah dalam tubuh seluruhnya juga akan lancar dan pikiran pun menjadi lebih segar.

  • Meningkatkan Fleksibilitas

Selain melatih keseimbangan, karena kamu akan bergelantungan dan melakukan sejumlah gerakan di atas selendang, swing yoga juga dapat meningkatkan fleksibilitasmu. Gerakan-gerakan swing yoga yang memiliki unsur gimnastik akan melatih tubuhmu untuk lebih lentur saat badan bergerak dengan ditopang hammock. Dijamin, tingkat fleksibilitas tubuhmu akan meningkat setelah beberapa kali latihan.

  • Membakar Kalori

Ada beberapa pose swing yoga yang membuatmu harus menahan berat tubuh dengan tenaga yang sangat kuat, sehingga pada saat itulah banyak kalori dalam tubuhmu yang terbakar. Gerakan-gerakan swing yoga juga dapat mengencangkan otot paha, perut, lengan, bokong dan kaki, sehingga bentuk tubuh indah dan ideal pun bisa kamu dapatkan.

  • Menghilangkan Nyeri Tubuh

Ketika melakukan pose sirsasana, tarikan dari swing akan memberi peregangan di antara ruas punggung, sehingga baik untuk mengobati sakit punggung, meredakan nyeri bahu, saraf terjepit, dan skoliosis.

  • Mencegah Penuaan Dini

Gerakan melawan grafitasi pada swing yoga tidak hanya menguatkan otot perut dan kaki, tapi juga dapat mengencangkan kulit wajah, sehingga memperlambat proses penuaan dini.

Kalau kamu tertarik untuk mencoba olahraga ini, perhatikan dulu tips-tips aman ber-swing yoga berikut:

  • Ingat untuk selalu melakukan pemanasan dan pendinginan sebelum dan setelah melakukan swing yoga. Biasanya pemanasan dan pendinginan akan dipimpin oleh instruktur swing yoga.
  • Walaupun swing yoga bisa dilakukan di rumah, namun bagi kamu yang masih pemula, sebaiknya ikuti kelas swing yoga yang dipandu oleh instruktur yang berpengalaman.
  • Jika kamu kesulitan melakukan pose sederhana, seperti downward dog, kamu hanya perlu menyesuaikan tinggi dari suspension dan biarkan tubuh tetap menggantung pada hammock.
  • Bagi para pemula yang belum terlalu bisa menggerakkan pose yoga yang terlalu rumit, biasanya instruktur akan memberitahu alternatif gerakan yang lebih sederhana. Misalnya, jika kamu masih takut melakukan floating inversion (pose headstand dengan kepala tidak menyentuh lantai), kamu bisa melakukan pose half inversion, yaitu bahu masih menempel di lantai dengan ketinggian hammock lebih rendah.

Kamu juga bisa meminta saran kepada dokter sebelum memutuskan untuk mencoba suatu jenis olahraga tertentu melalui aplikasi Halodoc. Hubungi dokter untuk meminta saran-saran kesehatan melalui Video/Voice Call dan Chat. Jika kamu ingin melakukan cek kesehatan, seperti kadar kolesterol, kadar gula dalam darah, dan lain-lain, tidak usah keluar rumah. Kamu bisa melakukannya melalui aplikasi Halodoc. Caranya sangat praktis, kamu tinggal pilih Lab Home Service yang terdapat pada aplikasi Halodoc, kemudian tentukan tanggal dan tempat pemeriksaan, lalu petugas lab akan datang menemuimu pada waktu yang sudah ditentukan. Kamu juga bisa membeli vitamin atau produk kesehatan yang dibutuhkan tanpa perlu repot-repot keluar rumah. Tinggal order melalui Halodoc dan pesananmu akan diantar dalam satu jam. Yuk, download Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.