20 April 2018

Ingin Berat Badan Cepat Turun? Coba Skipping

Ingin Berat Badan Cepat Turun? Coba Skipping

Halodoc, JakartaUntuk kamu lagi berusaha diet, menurunkan berat badan dengan skipping dapat menjadi alternatif agar berat badan kamu cepat turun. Skipping atau lompat tali adalah olahraga sederhana yang dapat dilakukan siapa pun, dimana pun, dan kapan pun. Kamu tidak memerlukan banyak biaya untuk melakukan olahraga ini. Cukup dengan tali saja, kamu sudah bisa mengurangi berat badan.

Apabila dilakukan dengan cara yang benar, olahraga ini mampu membakar 80 kalori selama 10 menit. Selain itu jika dibandingkan dengan lari, skipping menimbulkan dampak yang lebih kecil terhadap bagian persendianmu. Kamu dapat melakukan olahraga ini di permukaan yang datar dan lembut agar lebih aman dan terhindar dari cedera. Meski tergolong aman, olahraga ini sangat tidak dianjurkan untuk kamu yang memiliki masalah pada jantung, paru-paru, dan masalah seputar persendian.

Sebelum memulai melakukan skipping, kamu harus mempersiapkan perlengkapannya terlebih dahulu. Pertama-tama kamu dianjurkan untuk memiliki tali khusus skipping, kamu dapat memperoleh tali ini di toko-toko olahraga sebab biasanya tali ini tidak terlalu berat dan tidak terlalu ringan sehingga nyaman untuk digunakan. Selanjutnya, kamu dapat memakai sepatu atletik yang dikenakan dengan benar seperti misal sepatu cross training. Pilih juga baju olahraga yang nyaman dan ringan agar tidak mengganggu pergerakanmu.

Skipping ini dapat dilakukan di ruang tertutup atau terbuka, namun pastikan agar disekitar tempatmu melompat tidak ada benda yang menghalangi. Lakukanlah sedikit pemasanan dan peregangan agar otot-otot pada tubuhmu tidak kaget, kemudian kamu dapat mengikuti beberapa tata cara berikut untuk melakukan skipping dengan benar:

  • Berdirilah dengan tegak sambil kedua tangan memegang bagian ujung tali. Pastikan panjang tali sudah disesuaikan dengan tinggi badanmu.
  • Untuk memulai posisi awal, tempatkan tali tersebut di belakang tubuhmu
  • Ayunkan tali ke arah depan dan mulailah melompat setinggi 2–5 cm
  • Melompatlah tanpa menyentuh tali tersebut dan lakukan sebanyak yang kamu mampu
  • Berhentilah melompat jika kamu sudah merasa kelelahan, dan istirahatlah sejenak sebelum melanjutkan lompatan berikutnya

Skipping bisa menjadi alternatif olahraga yang meski hanya dilakukan sebentar, namun memberikan efek yang signifinkan. Kamu bisa melakukannya selama 20 hingga 30 menit setiap harinya, entah itu pagi atau sore hari. Pacu diri kamu untuk dapat melakukannya lebih lama dengan lebih banyak lompatan juga.

Untuk memaksimalkan proses penurunan berat badan dengan skipping, kamu dapat mengombinasikan pelbagai gerakan dengan menggunakan timer di atas matras agar lebih aman. Berikut adalah kombinasi gerakan yang dapat kamu lakukan:

  • Lompat dengan kedua kaki selama 1 menit
  • Lakukan 20 lunge, 10 kali untuk tiap sisi
  • Lompat tali selama 1 menit
  • Lakukan 10 kali pushup
  • Lompat tali selama 1 menit
  • Lakukan plank selama 1 menit
  • Lompat tali selama 1 menit
  • Istirahat 10 detik
  • Ulangi rangkaian ini sekali lagi, dengan jeda istirahat 1 menit

 

Dengan tekad yang kuat, apabila kamu rutin melakukan ini semua, bukan tidak mungkin kamu akan mendapatkan berat badan yang ideal. Selamat mencoba tips di atas ya! Kalau butuh saran berolahraga ringan lainnya dari dokter, gunakan saja aplikasi Halodoc. Beli suplemen atau produk kesehatan juga tidak perlu repot-repot. Tinggal order saja di Halodoc dan pesanan kamu akan diantar dalam waktu satu jam. Tunggu apa lagi? Yuk, download Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.

(BACA JUGA: 5 Olahraga Sesuai Bentuk Tubuh)