• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ini 3 Alasan Kebersihan Handuk Perlu Diperhatikan
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ini 3 Alasan Kebersihan Handuk Perlu Diperhatikan

Ini 3 Alasan Kebersihan Handuk Perlu Diperhatikan

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 27 Mei 2022

“Tidak banyak orang yang memperhatikan kebersihan handuk, padahal terbilang penting untuk menjaga kesehatan tubuh. Jika dibiarkan handuk bisa menjadi sarang kuman atau bakteri yang mampu mengganggu kesehatan.”

Ini 3 Alasan Kebersihan Handuk Perlu Diperhatikan

Halodoc, Jakarta – Handuk adalah salah satu alat yang perlu ada setiap mandi. Perlengkapan ini penting untuk mengeringkan tubuh yang basah. Namun, tahukah kamu jika handuk dapat menimbulkan dampak negatif jika tidak rutin dibersihkan? Ketahui beberapa alasan kebersihan handuk perlu dijaga di sini!

Beberapa Alasan untuk Memperhatikan Kebersihan Handuk

Memang tidak sedikit orang yang malas mencuci handuk karena merasa hanya berguna untuk mengeringkan tubuh saja. Padahal, saat mengeringkan tubuh, berbagai kuman dan kotoran yang menempel di handuk bisa pindah ke tubuh. Bayangkan jika semua hal tersebut berada di tubuh atau bahkan wajah, tentu masalah yang lebih besar bisa terjadi.

Nah, bisa dibayangkan bukan jika kamu tidak mencuci handuk dalam waktu yang lama terhadap dampaknya pada tubuh? Maka dari itu, perlu tahu beberapa alasan penting menjaga kebersihan handuk dengan mencucinya secara rutin, yaitu:

1. Agar Handuk Tidak Lembap dan Bau

Salah satu alasan perlu menjaga kebersihan handuk adalah agar perlengkapan mandi tersebut tidak lembap dan tentunya bau. Handuk lebih mudah lembap jika diletakkan di kamar mandi dan jarang dijemur. Hal ini dapat menimbulkan bau tidak sedap jika dibiarkan.

Jika sudah mencium bau pada handuk, segera cuci alat mandi tersebut. Namun alangkah lebih baiknya dicuci secara rutin sebelum handuk tersebut bau.

2. Menghilangkan Kuman dan Bakteri

Kamu juga perlu tahu jika handuk yang lembap dapat menjadi tempat kuman dan bakteri untuk bersarang dan bahkan berkembang biak. Pada hakikatnya, kamu mandi untuk membersihkan tubuh. Namun, jika handuk yang digunakan kotor, tentu bakteri dan kuman tersebut dapat menempel di tubuh.

3. Mencegah Penyakit

Dengan menjaga kebersihan, tentu tubuh terjaga kesehatannya. Tujuan utama dari mandi adalah membersihkan tubuh dari kotoran yang menempel. Namun, jika handuk yang digunakan kotor, tentu dapat menjadi masalah tersendiri. Memastikan handuk yang digunakan bersih adalah hal yang penting.

Jika kuman atau kotoran yang ada pada handuk menempel di wajah, maka dapat menyebabkan masalah kulit karena infeksi. Maka dari itu, ada baiknya untuk rutin membersihkan handuk sebelum kuman dan bakteri berkembang biak dan menempel di tubuh.

Tips Agar Kebersihan Handuk Terjaga

Selain mengetahui alasan kebersihan handuk perlu dijaga, kamu juga perlu mengetahui cara menjaga kebersihan handuk agar tidak mudah kotor, yaitu:

  • Setiap orang dianjurkan untuk mencuci handuk setelah empat kali pemakaian. Jikalau mandi dua kali sehari, maka ganti handuk setiap dua kali sehari dengan yang baru dan cuci handuk yang kotor.
  • Penting juga untuk rutin menjemur handuk di bawah sinar matahari. Hal ini bermanfaat agar handuk tidak lembap ketika digunakan dan mengurangi kesempatan bakteri untuk berkembang biak di handuk.
  • Lebarkan handuk saat dijemur dan harus terkena sinar matahari. Pastikan juga menggantungnya di tempat terbuka agar cepat kering.

Itulah beberapa alasan perlu menjaga kebersihan handuk. Hal ini bukan hanya berhubungan dengan kebersihan tetapi juga kesehatan. Jangan biarkan bakteri atau kuman mudah berkembang biak pada handuk yang digunakan. Dengan begitu, kebersihan dan kesehatan tubuh setelah mandi tetap terjaga dengan baik.

Bagi kamu yang memiliki masalah kulit akibat pengunaan handuk yang kotor, bisa bertanya pada dokter melalui Halodoc. Yuk, segera download aplikasi Halodoc sekarang juga!

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2022. Is It Sanitary to Reuse Bath Towels? What You Need to Know.
Cleveland Clinic. Diakses pada 2022. How Often Should You Wash Your (Germ Magnet of a) Bath Towel?