• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ini 4 Cara Ampuh Mengatasi Kolitis pada Orang Dewasa
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ini 4 Cara Ampuh Mengatasi Kolitis pada Orang Dewasa

Ini 4 Cara Ampuh Mengatasi Kolitis pada Orang Dewasa

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 09 Desember 2022

“Peradangan usus besar atau kolitis dapat menyebabkan diare, feses berdarah, hingga nyeri atau kram perut. Kabar baiknya, kondisi ini dapat diatasi dengan pengobatan hingga menjaga kebersihan tubuh.”

Ini 4 Cara Ampuh Mengatasi Kolitis pada Orang DewasaIni 4 Cara Ampuh Mengatasi Kolitis pada Orang Dewasa

Halodoc, Jakarta – Kolitis adalah kondisi peradangan pada usus besar, yang merupakan bagian utama dari sistem pencernaan. Bisa dibilang, usus besar adalah tempat terakhir dari perjalanan makanan yang kamu konsumsi. 

Jika terjadi kolitis atau peradangan pada usus besar, proses perjalanan makanan tersebut dapat terganggu. Bahkan dapat mengakibatkan sakit perut, diare, dan adanya darah pada feses.  

Peradangan merupakan bentuk respon tubuh terhadap infeksi atau cedera pada usus besar. Kondisi tersebut dapat menyebabkan pembengkakan dan nyeri pada jaringan usus. Kolitis bisa menjadi kondisi yang serius jika tidak kunjung sembuh. Bahkan, bisa mengakibatkan kerusakan serius di usus besar yang akan mempengaruhi kualitas hidup.

Nah, pertanyaannya bagaimana cara mengatasi kolitis pada orang dewasa?

Baca juga:  6 Pemeriksaan untuk Mendiagnosis Kolitis Ulseratif

Pengobatan untuk Mengatasi Kolitis

Ada berbagai tipe kolitis yang dibedakan oleh penyebabnya. Salah satu penyebab kolitis yang paling umum adalah infeksi virus, parasit, atau bakteri. Misalnya seperti bakteri Salmonella dan E. coli. Sebagian besar orang yang mengalami kolitis disebabkan oleh konsumsi makan atau minum yang terkontaminasi virus atau bakteri. 

Nah, pengobatan kolitis pada orang dewasa didasari pada kondisi yang menyebabkannya. Berikut ini adalah beberapa cara untuk mengatasi kolitis yang umumnya direkomendasikan dokter:

  1. Antibiotik

Cara mengatasi kolitis yang pertama yaitu dengan obat-obatan. Dokter mungkin meresepkan antibiotik untuk mengatasi infeksi bakteri, sedangkan kortikosteroid untuk mengobati peradangan. 

  1. Perubahan pola makan

Selanjutnya, dokter mungkin juga akan menyarankan untuk melakukan perubahan pola makan. Terutama jika pengidapnya mengalami kolitis akut yang bersifat sementara. Pola makan yang direkomendasikan yaitu diet rendah serat dan mudah dicerna.

Namun, untuk kasus kolitis kronis, mungkin pengidapnya perlu membuat rencana diet khusus bersama dokter. Di samping itu,  pengidapnya perlu menghindari konsumsi makanan yang memicu radang usus besar. 

  1. Obat anti diare dan antinyeri

Cara mengatasi kolitis selanjutnya yaitu dengan obat anti diare dan antinyeri. Namun, jika gejala tidak kunjung membaik atau berisiko munculnya komplikasi, maka dokter dapat merekomendasikan operasi. 

  1. Operasi

Pengidap jenis kolitis tertentu, seperti enterokolitis nekrotikans atau kolitis iskemik, mungkin memerlukan perawatan dengan pembedahan yang bertujuan untuk mengobati komplikasi. Meskipun operasi tidak selalu menyembuhkan kolitis, tapi mungkin diperlukan untuk menghentikan pendarahan, memperbaiki perforasi, atau menghilangkan sumbatan di usus besar. 

Namun, operasi jarang dilakukan mengingat gejala kolitis cenderung dapat diatasi dengan obat-obatan dan perubahan gaya hidup. Salah satu gaya hidup yang penting diterapkan untuk mencegah berbagai penyakit, termasuk kolitis, yaitu menjaga kebersihan diri dengan cara yang benar. 

Pentingnya Menjaga Kebersihan Diri

Beraktivitas seharian di luar rumah membuatmu berisiko terpapar oleh berbagai polutan dan kuman yang tidak terlihat. Mereka dapat menempel di tubuh sehingga menimbulkan penyakit, apalagi jika kondisi tubuh sedang kurang fit. 

Baca juga: Waspada 7 Tanda Kolitis Ulseratif yang Sering Diabaikan

Itulah pentingnya menjaga kebersihan diri untuk melindungi tubuh dari kuman berbahaya. Nah, salah satunya cara dengan rutin membersihkan tangan dan tubuh setelah beraktivitas dengan Lifebuoy Anti Bacterial Body Wash Total 10. Sabun Lifebuoy ini memberikan perlindungan 10 kali lebih kuat untuk melawan kuman penyebab penyakit. 

Sabun mengandung Activ Silver+ formula yang efektif melawan 99.9% kuman berbahaya. Lifebuoy Anti Bacterial Body Wash Total 10 bantu melindungi kamu dari dari kuman penyebab penyakit. Dengan begitu, kamu dan keluarga bebas beraktivitas tanpa perlu khawatir.

Dengan busa yang lembut dan kaya manfaat, sabun bisa menyerap hingga ke pori-pori, membersihkan secara mendalam, dan menghilangkan kuman penyebab penyakit. 

Nah, kini kamu bisa mendapatkan konsultasi dengan dokter gratis secara online dengan Lifebuoy x Halodoc. Pastikan temukan QR code pada bagian belakang kemasan Lifebuoy, pilih dokter, dan masukan kode promo LIFEBUOYHALODOC di halaman pembayaran untuk mendapatkan potongan harga yang diberikan. 

Dapatkan juga discount voucher up to 50k untuk fitur tanya dokter. Download Halodoc sekarang juga dan dapatkan promo menarik lainnya!

Yuk, berikan perlindungan menyeluruh bagi keluarga tercinta dengan mandi menggunakan Lifebuoy Antibacterial Body Wash Total 10!

Referensi:
Cleveland Clinic. Diakses pada 2022. Colitis
Cleveland Clinic. Diakses pada 2022. Ulcerative Colitis
Mayo Clinic. Diakses pada 2022. Ulcerative colitis
WebMD. Diakses pada 2022. Managing Ulcerative Colitis