• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ini 4 Manfaat Ikan yang Didapat Jika Mengonsumsinya

Ini 4 Manfaat Ikan yang Didapat Jika Mengonsumsinya

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
undefined

Halodoc, Jakarta - Indonesia memiliki banyak wilayah lautan karena terdiri dari 75% lautan dan 25% daratan sehingga berpotensi untuk pengembangan usaha budi daya ikan. Sayangnya konsumsi ikan di Indonesia lebih rendah bila dibandingkan dengan negara lain seperti Malaysia dan Jepang. Padahal sebenarnya, ikan sendiri memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.

Salah satu manfaat ikan adalah mampu menekan risiko stroke dan serangan jantung. Sebagai hewan, ikan mengandung asam lemak omega-3 yang sangat penting untuk otak. Manfaat mengonsumsi ikan secara rutin dan teratur setiap minggu bisa membantu menekan risiko penyakit jantung pada pria maupun wanita. Untuk lebih lengkapnya berikut 4 manfaat ikan untuk tubuh:

Ikan Bisa Menjadi Obat Anti Stres
Manfaat ikan yang bisa dirasakan yakni bisa mengurangi risiko depresi. Selain depresi, dengan mengonsumsi ikan bisa juga mengurangi kemungkinan terkena serangan jantung, beberapa jenis penyakit kanker, stroke, dan memperbaiki mood. Semua manfaat ikan tersebut bisa kamu peroleh, bila kamu sering makan ikan secara teratur.

Kaya Akan Omega-3
Ikan memiliki banyak kandungan akan asam lemak omega-3. Fungsi dari asam lemak ini untuk membantu sel-sel di dalam tubuh. Selain itu, menurut American Health Association, menyarankan sebaiknya mengonsumsi ikan setidaknya 2 porsi setiap minggunya untuk ikan dengan kandungan omega-3 yang tinggi karena ikan sangat baik untuk kesehatan jantung dan bisa mengurangi risiko peradangan dan sakit persendian. Beberapa Ikan yang memiliki banyak kandungan omega-3 antara lain, sarden, makarel, dan salmon.

Ikan Sebagai Nutrisi Otak Bagus untuk Cegah Kepikunan di Hari Tua
Sebagian besar bagian solid pada otak tersusun dari asam lemak omega-3 yakni sebanyak kurang lebih 60%, maka ikan bisa dijadikan makanan untuk memenuhi kebutuhan asam lemak pada sel-sel otak. Terdapat penelitian yang menunjukkan jika manfaat  mengonsumsi ikan bisa membantu mengurangi risiko penyakit Alzheimer (demensia/pikun di hari tua) dan penurunan mental bila memakan ikan dengan cara dipanggang atau direbus. Makanlah ikan dengan kedua cara tersebut minimal sekali seminggu untuk jangka waktu yang lama.

Ikan & Seafood Dianjurkan untuk Ibu Hamil
Manfaat ikan juga bagus untuk ibu hamil. Sebaiknya ibu hamil mengonsumsi ikan  sebanyak 12 ons tiap minggunya. Hal ini karena ikan memiliki kandungan nutrisi yang penting untuk perkembangan otak bayi. Ada penelitian yang menunjukkan jika ibu hamil yang mengonsumsi ikan secara teratur bisa memiliki anak dengan skor IQ yang lebih tinggi. Di dalam ikan juga terdapat DHA (kandungan minyak dari ikan) yang  sangat bermanfaat bagi perkembangan otak bayi. Ikan seperti tuna, makarel, dan sarden bisa menjadi pilihan yang bagus untuk ibu hamil dan menyusui. Kamu bisa memilih  ikan yang rendah merkuri seperti tuna, salmon, makarel, dan sarden.

Dalam menyajikan ikan sebagai hidangan sehari-hari lebih baik menghindari memasak ikan dengan cara digoreng. Dengan menggoreng ikan berarti kamu telah menghilangkan semua manfaat yang terkandung di dalamnya. Sebaiknya masak ikan dengan cara dipanggang atau direbus. Dengan mengetahui 4 manfaat dari ikan di atas, mulailah kebiasaan makan ikan secara teratur setiap minggunya. 

Untuk mengetahui makanan lain yang juga baik untuk kesehatan, kamu bisa menanyakan langsung dengan dokter kapanpun kamu mau melalui aplikasi HalodocHalodoc merupakan aplikasi yang memberikan kamu kemudahan dalam berkomunikasi  mengenai segala hal tentang kesehatan dengan dokter 24/7 setiap harinya, hingga memungkinkan kamu untuk membeli obat-obatan melalui smartphone. Ayo download aplikasi Halodoc di App Store dan Google Play sekarang juga.

BACA JUGA: 8 Makanan Ini Sehatkan Jantung Kamu