Ini 5 Hal yang perlu Diketahui tentang Introvert

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
 Introvert

Halodoc, Jakarta - Siapa yang tidak mengenal istilah introvert? Istilah yang satu ini merujuk pada kepribadian seseorang yang suka menutup diri dari lingkungan sekitar. Seseorang dengan jenis kepribadian ini akan berdiam diri jika dihadapkan dengan keramaian. Berikut ini hal-hal yang perlu diketahui tentang kepribadian introvert:

  1. Akan menyimpan apa yang dirasakannya seorang diri.

  2. Akan menarik diri dan pendiam jika mereka berada di lingkungan yang tidak mereka kenal baik.

  3. Akan memikirkan segala hal sebelum bertindak. Seseorang dengan tipe ini akan sangat sadar diri. 

  4. Menjadi pengamat yang baik dengan mempelajari situasi sekitar.

  5. Mudah bersosialisasi dan menunjukkan diri yang sebenarnya jika bersama dengan orang-orang yang sudah dikenalnya dengan baik.

Baca juga: Salahkah Menjadi Introvert? Ini 4 Hal Positifnya

Selain beberapa hal tersebut, berikut ini beberapa ciri lain yang masuk dalam kategori introvert, yaitu:

Akan Menghindari Kontak Mata dengan Orang Lain

Orang dengan jenis kepribadian introvert akan cenderung menghindari kontak mata, terutama dengan orang-orang yang belum dikenal baik oleh mereka. Hal tersebut dilakukan karena introvert cenderung akan terlihat pemalu jika harus berhadapan dengan orang baru, sehingga akan terkesan menghindari orang tersebut. Padahal, cara tersebut merupakan cara introvert untuk melindungi diri.

Sering Berbicara dengan Diri Sendiri

Introvert akan takut merasa dihakimi, sehingga mereka akan mengekspresikan perasaannya pada diri sendiri, atau kepada benda mati, seperti buku diary. Inilah uniknya orang dengan kepribadian introvert. 

Baca juga: Benarkah Orang Introvert Rentan Mengalami Skizofrenia?

Bagaimana Cara Menghadapi Orang Introvert?

Introvert sering diartikan pemalu. Padahal, pemalu dengan introvert memiliki arti yang berbeda. Berikut ini hal yang perlu diketahui dalam menghadapi orang dengan kepribadian introvert:

  • Kenali Apa Itu Introvert

Orang dengan jenis kepribadian ini akan lebih suka mengurung diri di dalam kamar. Hal ini sering diartikan sebagai tanda-tanda depresi. Padahal, introvert dan depresi merupakan kedua hal yang sangat berbeda. Hal yang perlu diketahui adalah introversion bukanlah respons terhadap rangsangan yang terjadi dari luar, tetapi merupakan suatu tipe kepribadian.

  • Pahami Kebiasan Orang Introvert

Orang dengan jenis kepribadian ini biasanya akan memiliki satu atau dua teman dekat saja. Mereka akan lebih nyaman dengan lingkungan pertemanan yang kecil. Perlu diingat pula bahwa jumlah teman yang sedikit pada orang introvert bukan tanda jika seorang introvert mengalami masalah bersosialisasi.

  • Jangan Paksa Mengubah Kepribadiannya

Orang introvert sering dianggap bermasalah karena sering menyendiri. Padahal, ketika menyendiri mereka menemukan keasyikan dan kenyamanan dengan hal yang mereka lakukan. Hal ini yang membuat mereka lebih nyaman dengan diri sendiri.

Baca juga: Kenali Perbedaan Introvert dan Gangguan Antisosial

Orang introvert akan membutuhkan waktu lebih banyak untuk sendiri untuk mencerna kejadian-kejadian yang baru dialaminya. Jangan memaksa mereka untuk bersosialisasi, terlebih ketika mereka berada di lingkungan baru. Berilah kesempatan untuk mereka untuk mengamati lingkungan sekitar sebelum bergabung dengan lingkungan barunya.

Kamu ingin lebih mengetahui tentang jenis kepribadian yang satu ini? Silahkan klik link download ini untuk mengunduh aplikasi Halodoc, ya. Dengan begitu, kamu dapat lebih banyak mengetahui seputar kepribadian introvert, dan hal-hal apa saja yang dapat kamu lakukan dengan kepribadian ini. Yuk, download sekarang juga!

Referensi:
Health. Diakses pada 2019. 15 Ways Being an Introvert Can Affect Your Health.
Psych2Go. Diakses pada 2019. 10 Interesting Facts About Introverts.